Lensa Buram akibat Jamur? Apa yang Harus Dilakukan?

Pernah menedapati lensa tampak buram? Awas, bisa jadi jamur telah menyerang lensa-lensa tersebut. Daripada mengatasi persolan yang sulit ini, yuk sejak awal mencegah lensa buram akibat jamur dengan silica gel.

penampakan-lensa-berjamur

Serangan jamur bisa terjadi pada berbagai material. Kita telah banyak mengulas serangan hama ini pada benda-benda seperti kayu dan bambu. Padahal, tak jarang jamur merusak material lain seperti lensa (kaca).

Serangan jamur pada lensa pun tak kalah merugikan dibanding serangan jamur pada kayu dan bambu. Organisme ini bisa merusak berbagai lensa mulai dari lensa mikroskop, teropong, kamera, dan sebagainya. Bila hanya untuk keperluan personal, tentu kerusakan lensa ini tak begitu masalah. Tapi bayangkanlah bila kerusakan yang sama dikalikan hingga beberapa kali dan terjadi pada skala perusahaan! Tentu mengerikan bukan kerugian yang harus diderita?

Penyebabnya Bisa Jadi Jamur

Ada beberapa penyebab munculnya keburaman pada lensa seperti yang dikelaskan di atas. Salah satunya adalah serangan jamur yang terjadi akibat kelembaban udara yang tinggi. Jamur-jamur yang tergolong dalam jamur noda ini pun akan menyerang dengan cepat. Biasanya, serangannya muncul sebagai akibat dari kecerobonan dalam menggunakan alat-alat seperti kamera, teropong, mikroskop, dan sebagainya. Misalnya, kita menyimpan kamera dalam kondisi yang lembab.

Mencegah Lensa Buram akibat Jamur dengan Silica Gel

Yang mengkhawatirkan, adanya keburaman akibat jamur ini beresiko menyebabkan kerusakan lebih jauh. Terlalu lama membiarkannya dapat menyebabkan noda permanen. Sedangkan dalam upaya pembersihannya, potensi kelecetan lensa adalah hal yang umum.

Menyadari hal tersebut, maka kami sangat menyarankan kepada pembaca untuk mencegah daripada menunggu lensa rusak. Pencegah bisa dilakukan dengan sederhana namun dengan hasil luar biasa. Pencegahan bisa dilakukan dengan perawatan produk secara berkala dan pembersihan lensa untuk mencegah noda yang memicu tumbuhnya jamur. Selain itu, kami juga menganjurkan penggunaan silica gel.

Silica gel adalah penyerap kelembaban yang secara efektif akan menarik molekul air di udara. Letakkanlah bahan ini pada kemasan produk berlensa milik Anda. Jadi, ketika kamera atau produk berlensa lainnya sedang disimpan, kondisinya bisa benar-benar dioptimalkan. Yuk, pesan silica untuk cegah lensa buram akibat jamur sekarang juga!

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn