Kiat Mudah Mencegah Lensa Mikroskop Berjamur dengan Silica Gel

Bagaimana caranya mencegah jamur tumbuh pada lensa mikroskop? Ada beberapa cara yang bisa Anda andalkan, salah satunya adalah mencegah lensa mikroskop berjamur dengan silica gel.

Apa itu Silica Gel?

silica-gel-natural

Istilah silica gel tidak spesifik mengacu pada suatu produk. Silica gel sama seperti cat terdiri dari berbagai jenis dan varian. Tiap produk dan varian tentu memiliki perbedaan satu sama lain. Namun bahan ini memiliki satu kesamaan, yakni sifatnya yang sangat aktif menyerap molekul air. Peletakkan silica gel pada suatu tempat yang lembab akan membuat tempat tersebut lebih kering.

Meskipun bahan ini awam dikenal orang, namun silica sebenarnya sudah sangat lama dan umum dimanfaatkan. Anda bisa melihat fungsi silica yang umum diletakkan dalam kemasan sepatu, dompet tas, makanan, hingga benda-benda elektronik. Bahan ini pada umumnya dibungkus dalam kemasan kotak dengan wujud butiran-butiran bulat kecil berwarna keputihan hingga transparan.

Dua Faktor Tumbuhnya Jamur

Bagaimana silica gel bisa mencegah lensa berjamur tak lepas dari sifatnya yang aktif menyerap air. Jamur sepertihalnya organisme lain membutuhkan banyak faktor untuk hidup. Dua di antaranya adalah air dan sumber energi.

Pada lensa mikroskop, sumber energy jamur biasanya berupa kotoran yang menempel pada lensa. Sehingga untuk mencegahnya kita hanya tinggal membersihkan secara berkala mikroskop tersebut beserta tempat penyimpanannya. Sedangkan untuk mencegah adanya air, kita perlu menghindarkan lensa dari paparan zat tersebut serta menurunkan level kelembaban.

Mencegah Lensa Mikroskop Berjamur dengan Silica Gel

jamur-pada-lensa-mikroskop

Penurunan level kelembaban tersebut bisa diupayakan dengan menggunakan silica gel. Kita bisa meletakkan bahan ini di tempat silica di simpan dengan jumlah yang cukup agar fungsinya bisa benar-benar efektif. Usaha ini terutama sangat penting untuk lensa atau mikroskop yang disimpan dalam waktu lama di sebuah tempat penyimpanan. Tanpa penjagaan kelembaban dari silica, jangan kaget apabila alat tersebut ditemukan rusak saat kita mengeluarkannya.

Iklan Biothane utama

Silica Gel Bisa Tidak Aktif

Saat Anda hendak mencegah lensa mikroskop berjamur dengan silica gel, ada satu hal yang harus Anda perhatikan selain kualitasnya. Aspek tersebut adalah keaktivan silica gel.

Bila terlalu jenuh mengikat air, bahan tersebut akan menjadi tidak aktif (deactive). Bila ini terjadi, tentu silica tak bisa diandalkan lagi. Anda bisa memilih opsi membeli silica baru atau mengaktifkan ulang silica gel yang lama. Cara pengaktivan ulangnya adalah dengan memanaskan bahan tersebut. Akan tetapi membeli silica gel baru pun bukan persoalan besar sebab bahan ini sangat terjangkau. Pastikan saja Anda membeli silica gel berkualitas seperti silica gel Bio Industries.

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn