mengeringkan bunga

Sederhana dan Mudah, Ini Cara Mengeringkan Bunga Paling Tepat!

Bagaimana cara mengeringkan bunga? Jangan khawatir, dengan cara sederhana berikut ini, Anda pasti bisa melakukannya dengan hasil luar biasa.

bunga kering

promo produk white agent wa-250

 

“Layu” adalah kata yang pasti tak disukai pencinta bunga. Keindahan bunga setelah mekar tak bisa dinikmati lama-lama karena masalah layu tersebut. Kita memang bisa menundanya. Misalnya dengan merendam tangkai bunga tersebut pada air sehingga ia lebih segar. Tapi cara tersebut pun masih kurang lama membuat bunga bertahan.

Untungnya, dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dicapai sekarang, persoalan ini semakin mudah diatasi. Untuk mempertahankan bunga dalam kondisinya, kita bisa melakukan pengeringan. Setidaknya ada 4 cara untuk melakukan proses ini mulai dari yang paling tradisional sampai yang paling modern.

promo produk biocide insecticide

Baca Juga : Warna Oak Ternyata Berbeda beda, Berikut Karakteristiknya

4 Cara Mengeringkan Bunga

Menggantung Bunga Terbalik

menggantung bunga

Ikat tangkai bunga dan gantung terbalik di tempat yang minim sinar matahari. Namun pastikan udara tidak lembab yang bisa memicu pertumbuhan jamur. Tunggulah hingga warna mahkota bunga berubah dan beberapa bagiannya jatuh. Kondisi tersebut menandakan bunga sudah kering.

Baca Juga : kenali lebih jauh kayu yang beraroma wangi ini

Mengepress Bunga

cara mengeringkan bunga

Pengepresan juga bisa dilakukan untuk membuat bunga kering. Taruh bunga Anda pada buku yang datar. Letakkan di tempat kering. Lalu tindih dengan beban yang merata. Sehingga tekanan yang diberikan pun merata. Metode ini sangat cocok bagi yang ingin mengeringkan bunga untuk difigura. Bukan untuk dimasukkan vas seperti biasanya.

Menggunakan Microwave

Pemanfaatkan microwave bisa dibilang adalah metode paling modern. Dalam hitungan menit, Anda bisa mendapatkan bunga-bunga yang sudah kering. Caranya, tempatkan bunga lalu taburi dengan sekitar 4 cangkir cup litter. Setting microwave tinggi dalam waktu 4 menit, lalu keluarkan. Simpel sekali bukan? Namun cara ini memiliki kelemahan dengan timbulnya perubahan warna pada bunga.

Baca Juga : cara mengeringkan daun yang sederhana

Menggunakan Silica Gel

mengeringkan bunga dengan silica gel

Dibanding ketiga metode yang lain, cara mengeringkan bunga dengan silica gel adalah yang paling menjanjikan. Memang, metode ini tidak secepat pengeringan menggunakan microwave. Namun warna bunga bisa lebih dipertahankan serupa aslinya.

Dari segi harga pun silica gel unggul. Bahan ini lebih murah dan bisa digunakan berkali-kali. Sedangkan bila dibandingkan cara penggantungan, penggunaan silica gel juga lebih disarankan. Silica gel mampu meminimalisir perubahan warnadengan tidak meningkatkan potensi tumbuhnya jamur.

Menarik sekali bukan? Jadi, kelak ketika Anda mendapat bunga yang sangat penting, aplikasikanlah salah satu dari keempat cara di atas. Jadi Anda bisa terus menjaga benda yang punya kenangan indah tersebut.

Selamat mengeringkan bunga!