5 Cara Mengeringkan Daun Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Dalam proses pengerjaan kerajinan daun kering, tentu ada tahapan pengeringan yang harus dijalankan. Bagaimana cara mengeringkan daun tersebut? Berikut ini kami sajikan beberapa metodenya untuk Anda.

Sekilas mengenai Kerajinan Daun Kering

kerajinan daun kering 2

Handmade craft atau kerajinan tangan dapat dibuat dari berbagai macam material. Daun kering adalah salah satu contohnya disamping bunga kering. Material yang sering dianggap sampah ini rupanya bisa diolah sehingga menghasilkan benda seni bernilai jual tinggi. Kita bisa menghasilkan produk-produk seperti Decoupage, hiasan dekorasi seperti lukisan, dan pembuatan benda-benda fungsional seperti wadah dan tas.

Salah satu tahapan penting dalam membuat kerajinan ini adalah tahap pengeringan. Jangan salah! Pada tahap ini, bukan hanya masalah kering dan tidak kering yang dibicarakan. Faktor lainnya seperti efek pengeringan pada warna daun juga harus jadi pertimbangan.

5 Cara Mengeringkan Daun

Di-Press dalam Buku

mengeringkan daun

Cara ini bisa dibilang adalah cara yang paling dimengerti masyarakat awam. Anda tinggal memasukkan daun pada buku tebal untuk kemudian ditunggu hingga mengering.

Kelebihan: Mudah dan murah dilakukan,menghasilkan daun yang benar-benar rata

Kekurangan: Mengubah warna daun, apalagi untuk warna merah,lama,kadang menyebabkan daun yang terlalu lembut sehingga rentan rusak,rentan terkena jamur

alterntif text

Digantung

menggantung daun

Sebagaimana namanya, Anda bisa menggantung daun-daun yang akan dikeringkan. Namun lakukan cara ini di tempat dengan sistem ventilasi baik. Sebab ventilasi yang buruk bisa menyebabkan daun ditumbuhi jamur.

Kelebihan: Murah

Kelemahan: Kadangkala sulit mencari ruang yang benar-benar gelap, daun bisa rontok dan rusak, lama, rentan ditumbuhi jamur, bentuk daun kurang rata

Dilem PVA

Anda juga bisa langsung mengeringkan daun dengan lem. Caranya langsung saja lem daun yang diinginkan dan biarkan dia mengering dengan sendirinya.

Kelebihan: Lem PVA tidak mahal sehingga biaya yang dikeluarkan tidak banyak, sangat baik untuk daun warna hijau meski pada akhirnya akan berubah menjadi coklat juga, cocok untuk kerajinan daun kering berbentuk kalung.

Kekurangan: Kualitasnya tergantung kualitas lem. Anda harus cermat memilih lem yang baik. Perekat yang kami sarankan adalah Eva Phaeton, agak sulit diterapkan terutama bila daun akan dilem pada kedua sisinya, rentan terkena jamur bila tidak hati-hati

Silica Gel

Penyerap kelembaban berupa silica gel juga dapat digunakan untuk mengeringkan daun. Caranya masukkan daun dan silica dalam wadah yang tertutup rapat. Ingat! Wadah harus tertutup rapat. Sebab, silica adalah bahan yang sangat cepat menyerap air di udara. Bila wadah dibiarkan terbuka, yang ada bahan tersebut cepat jenuh karena terlalu banyak mengikat air di ruangan.

Keunggulan: Relatif lebih cepat, efeknya pada warna daun adalah yang paling baik. murah meski harus membeli silica gel. Bahan ini juga bisa digunakan berulang kali. tidak akan ditumbuhi jamur selama proses pengeringan.

Kelemahan: daun harus diposisikan hati-hati agar bentuknya sesuai yang diinginkan.

Alat Pemanas

Alat pemanas seperti hair dryer sebenarnya juga bisa digunakan sebagai cara mengeringkan daun.

Kelebihan: Cepat

Kekurangan: Efeknya buruk pada daun dan bentuknya kurang baik

Berdasarkan paparan di atas, sudahkah Anda memutuskan mana cara mengeringkan daun yang paling tepat? Ayo, teliti sebelum melakukan!

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!