Sukses Berbisnis dengan Aplikasi Pengawetan Kerajinan Pelepah Pisang

Sepertihalnya cat yang penting untuk memperindah suatu produk, pengawetan kerajinan pelepah pisang penting untuk meningkatkan masa pakai produk terkait. Dua-duanya akan berpengaruh pada kesuksesan Anda berbisnis pada bidang tersebut. Apalagi fungsi dari treatment tersebut bukan sekedar meningkatkan masa pakainya. Berikut ini, kita akan membahas mengenai treatment pengawetan pada kerajinan pelepah pisang dan fungsi lainnya yang tak kalah penting.

Pengawetan Kerajinan Pelepah Pisang

Namun sebelumnya, yuk kita sedikit membahas mengenai kerajinan pelepah pisang, contoh produk, dan juga potensinya.

Mengenai Kerajinan Pelepah Pisang

Pernahkah Anda mengamati bagaimana struktur batang pisang? Pisang, meski kerap disebut dengan nama pohon, sejatinya bukanlah pohon. Sebab, dalam ilmu Biologi, istilah pohon hanya dapat disematkan ke tumbuhan besar yang mampu membentuk kayu.

Pisang jelas bukan tumbuhan yang bisa membentuk kayu. Sehingga dalam ilmu hayati, tanaman ini tidak tepat disebut pohon.

Kerajinan Pelepah Pisang

Bila diperhatikan, batang pisang memiliki struktur yang sangat unik. Batangnya seolah berlapis-lapis hingga ke bagian inti berbentuk silinder panjang putih yang lebih solid.

Selama hidupnya, lapisan batang pisang itu akan “mengelupas” dan berganti terus-menerus. Bagian inilah yang disebut sebagai pelepah pisang. Pelepah pisang merupakan bagian yang sangat berserat. Dan bahan ini sudah banyak digunakan dalam industri kerajinan.

Contoh Produk

Meski belum populer seperti bahan lainnya, pelepah pisang sudah sering diolah menjadi berbagai produk lho. Industri kerajinan pelepah pisang pun sudah menunjukkan taringnya di dunia internasional. Berikut ini beberapa contoh produk yang bisa dibuat menggunakan material ini.
1. Item fashion. Ya, ada banyak sekali fashion item yang bisa dibuat menggunakan pelepah pisang. Misalnya saja ikat pinggang, tas, dompet, hingga gelang.
2. Lukisan dinding
3. Berbagai jenis hiasan dinding misalnya patung mini dan vas bunga yang terbua dari anyaman pelepah pisang.
4. Keset
5. Berbagai jenis wadah seperti keranjang dan nampan
6. Aneka lampu hias
7. Tikar dari pelepah pisang

Apakah Bisnis ini Potensial?

Usaha pengolahan pelepah pisang menjadi kerajinan merupakan usaha yang terbilang prospektif. Sebab, seperti disebut di atas, kesadaran masyarakat akan kelestarian alam semakin besar. Imbasnya, masyarakat akan lebih sering memilih membeli produk yang dianggap aman dibanding yang tidak.

Produk kerajinan pelepah pisang yang aman, jelas potensial dibeli juga. Apalagi untuk pasar Eropa dan Amerika. Di kedua benua tersebut, pelepah pisang adalah material yang eksotis. Jadi, masyarakat bukan hanya menyukainya karena sifatnya yang eco friendly namun juga karena sangat menarik.

Indonesia sendiri telah memiliki beberapa perusahaan yang rajin mengekspor produk kerajinan pelepah pisang ke luar negeri. Tertarik juga untuk melakukannya? Kenapa tidak? Namun, pastikanlah produk Anda awet dan bebas dari hama dengan aplikasi pengawetan yang baik.

Prinsip Pengawetan Kerajinan Pelepah Pisang

Proses pengawetan bisa dilakukan pada semua jenis bahan organik. Dari makanan sampai kayu bisa diawetkan dengan caranya masing-masing. Demikian pula pelepah pisang. Tujuannya jelas agar pelepah tidak mudah terserang hama. Jadi, produk lebih awet, dan ketika diekspor tak ditolak oleh negara tujuan.

Prinsip dasar yang digunakan adalah membuat pelepah pisang beracun bagi organisme yang berpotensi merusaknya. Hal ini tak lepas dari sifat pelepah pisang sebagai bahan organik. Sebagai bahan organik, material tersebut rentan digerogoti hama. Usaha pengawetan dengan membuatnya beracun, diharapkan membuat serangan organisme terminimalisir sehingga usia pakainya pun akan lebih lama.

Dua Jenis Hama: Jamur dan Serangga

Apa saja hama yang berpotensi menyerang pelepah pisang? Jawabannya tentu sangat banyak. Tetapi dilihat secara garis besar, jamur dan serangga merupakan dua golongan hama yang paling sering menyerang, dengan jamur menjadi ancaman paling menakutkan.

Jamur menjadi ancaman yang menakutkan tak lepas dari sifat pelepah pisang yang basah. Proses pengeringan material itu harus dilakukan dengan cepat. Pun dalam masa penyimpanannya, kita harus memperhatikan kelembaban udara di lokasi penyimpanan. Sebab selain sangat basah saat diambil, pelepah pisang juga mudah menyerap air sehingga sewaktu-waktu bisa ditumbuhi jamur.

Ancaman kedua ialah serangga. Meski tak semasif jamur, tetapi ancaman serangga juga harus diwaspadai. Jenis serangga yang menyerang sendiri umumnya berasal dari kelompok kutu atau bugs yang menggunakan pelepah sebagai tempat hidup hingga sumber makanan.

Obat Pengawet Kerajinan Pelepah Pisang

Keindahan produk dari pelepah pisang akan bertahan lebih lama dengan aplikasi pengawetan.

Di atas telah disebutkan bahwa prinsip dasar pengawetan pelepah pisang ialah membuat material tersebut beracun bagi hama. Tentu kita akan bertanya-tanya bagaimana cara melakukannya?

Di era modern ini, cara yang digunakan umumnya melibatkan bahan kimia. Jenis bahan yang digunakan tersebut disesuaikan jenis hama yang menyerang. Dengan demikian, karena hama perusak pelepah pisang umumnya terbagi atas jamur dan serangga, obat yang digunakan pun terdiri dari fungisida dan insektisida.

Produk Fungisida yang Kami Rekomendasikan

Lantas, apakah produk fungisida dan juga insektisida yang bisa dipakai untuk pengawetan kerajinan pelepah pisang? Dapatkah kita menggunakan obat yang dijual di toko pertanian? Dapatkah kita menggunakan obat antihama untuk bangunan?

Jawabannya, secara umum tidak. Sebab, produk-produk tersebut didesain untuk kebutuhan yang spesifik. Misalnya saja anti hama untuk pertanian yang tak jarang diformulasikan sebagai pestisida sistemik. Pestisida sistemik hanya bisa berfungsi ketika bahan yang menyerapnya memiliki jaringan hidup. Pada tumbuhan, pestisida sistemik mengalir bersama jaringan pembuluhnya.

Pelepah pisang yang sudah dipotong sudah pasti tak memiliki pembuluh yang berfungsi. Sebab itulah, pestisidanya pun harus khusus. Dan untuk rekomendasi fungisida agar pengawetan kerajinan pelepah pisang berhasil dengan baik, yang kami sarankan adalah BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative.

Fungisida BioCide

BioCide Surface Film Preservative

Biocide
  1. Fungsi: untuk membasmi dan mencegah jamur permukaan. Misalnya, jamur berwarna putih yang biasanya muncul ketika produk kerajinan diletakkan di tempat yang lembab.
  2. Cara pakai: untuk mencegah jamur permukaan, BioCide SFP bisa dicampurkan ke bahan finishing water based. Sedangkan untuk membasmi jamur, BioCide SFP bisa langsung digosokkan pada area kerajinan yang berjamur (gunakan alat pengaman).

BioCide Wood Fungicide

  1. Fungsi: Untuk mencegah jamur stain atau jamur penyebab noda. Beberapa dari Anda mungkin pernah mendapati pelepah yang berubah warna menjadi kebiruan dan tak bisa hilang dengan digosok. Itulah yang disebut sebagai jamur stain yang harus dicegah sejak dini.
  2. Cara pakai: diaplikasikan dengan cara dioleskan pada pelepah, atau dijadikan larutan perendaman untuk pelepah pisang.
Fungisida Biocide Wood Fungicide

Keterangan: Apabila pelepah sudah terlanjur terserang jamur, sebaiknya Anda mengatasinya dengan wood bleaching yang bagus.

Bagaimana dengan Bakteri dan Lumut?

Selain jamur dan serangga, sebetulnya ancaman kerusakan kerajinan pelepah pisang juga bisa dikarenakan hama yang lain. Misalnya saja bakteri.

Bakteri adalah organisme uniseluler yang tersebar di mana-mana. Bakteri bisa dibedakan ke dalam golongan archaebacteria dan eubacteria. Dari kedua golongan ini, beberapa bakteri tergolong destruktif karena sifatnya yang suka merusak material organik.

Pelepah yang notabene adalah bahan organik pun tak lepas dari serangan hama ini. Dibanding kayu, bahan seperti pelepah juga jauh lebih mudah mengalami kerusakan. Dan dalam banyak kasus, serangan bakteri umum terjadi bersamaan dengan serangan jamur dan serangga.

Untungnya, kedua produk BioCide antijamur juga bisa mencegah serangan bakteri ini. Bahkan, BioCide Wood Fungicide secara khusus juga bisa dipakai untuk mencegah hama lainnya seperti lumut.

BioCide Wood Fungicide mengandung bahan yang bisa mengacaukan proses lumut. Dengan demikian, ancaman serangan lumut yang biasanya dikarenakan kondisi yang lembab bisa diminimalisir.

Fungsi Pengawetan Kerajinan Pelepah Pisang: Sebuah Kunci Kesuksesan

Peningkatakan masa pakai adalah fungsi yang paling mudah dipahami dari usaha treatment preservation kerajinan pelepah pisang. Tetapi selain dapat meningkatkan masa pakai produk terkait, proses ini juga merupakan jaminan proses produksi yang lebih lancar.

Aplikasi obat pengawet pada awal proses produksi akan melindungi pelepah pisang tahan dari jamur maupun serangga perusak. Dengan begitu, hambatan produksi yang terjadi akibat kerusakan hama tak akan perlu dihadapi.

Sangat menarik bukan? Oleh sebab itulah, gunakan pengawet yang bagus yang kami rekomendasikan di atas. Untuk pembeliannya, metodenya ialah sebagai berikut.

  1. Beli BioCide secara online: Anda bisa membeli secara online dengan menghubungi Customer Service kami. Nanti, CS kami akan memandu Anda dalam proses transaksi yang mudah, cepat, dan sangat transparan.
  2. Beli BioCide di toko online: Produk ini juga bisa Anda dapatkan di online shop lho. Anda bisa membeli BioCide di berbagai toko daring mulai dari Bukalapak sampai Shopee.
  3. Beli BioCide secara langsung: Tentu saja pembelian juga bisa dilakukan secara langsung. Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point untuk mendapatkan BioCide SFP dan juga BioCide Wood Fungicide.

Siap Bekerja Sama Lebih Lanjut

BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative telah lama diandalkan oleh berbagai pelaku usaha berorientasi ekspor ataupun nasional. Produk kami menjadi tumpuan untuk pengendalian hama di bidang konstruksi hingga pengawetan di industri furniture dan kerajinan.

Kami pun tak sekadar bisa menyediakan produk berkualitas saja. Tim kami yang profesional bisa menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan perusahaan Anda. Anda tinggal menghubungi Customer Service kami apabila ingin kami mengadakan trial atau demonstrasi produk BioCide di perusahaan Anda. Anda bisa menghubungi kami lewat email ataupun lewat telepon.

Kiranya itulah yang dapat kami sampaikan di kesempatan kali ini. Kerajinan pelepah pisang pada akhirnya merupakan kerajinan yang sangat menarik. Secara definitive, kerajinan ini adalah salah satu kerajinan dengan mengandalkan material alam lunak.

Terdapat sangat banyak produk yang bisa dibuat dari bahan pelepah pisang. Ada yang bisa menghasilkan lampu hias, lukisan, ikat pinggang, tas, dompet, dan masih banyak lagi. Seiring dengan trend kesadaran lingkungan yang tinggi, produk kerajinan ini pun diprediksi akan semakin disukai masyarakat.

Namun, pengolahan kerajinan ini sering terkendala karena masifnya serangan hama, terutama dari kelompok jamur. Untung saja, tersedia BioCide Surface Film Preservative dan BioCide Wood Fungicide yang bisa digunakan. Kedua produk ini adalah obat terbaik untuk aplikasi pengawetan kerajinan pelepah pisang.

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.