3 Fungsi Anyaman Rotan dan Faktor Perusaknya

Siapa yang tak kenal anyaman rotan? Benda ini bukan saja bisa dimanfaatkan secara meluas oleh masyarakat, tapi juga sudah melalang buana ke berbagai negara membanggakan Indonesia.

kursi-rotan

Sudahkan Anda tahu bahwa Indonesia merupakan penghasil rotan terbesar di dunia? Indonesia dengan tanahnya yang subur dan iklimnya yang tropis merupakan surge tersendiri bagi banyak flora tak terkecuali tanaman rotan.

Tak mengherankan apabila produk-produk rotan sudah sangat jamak dibuat di negara ini. Bahkan produksi rotan menjadi berbagai macam benda sudah dimulai sejak zamah dahulu kala. Rotan umumnya dianyam untuk kemudian dijadikan komponen suatu benda atau bagian utama benda itu sendiri. Anyaman rotan ini bisa kita temukan pada:

3 Fungsi Anyaman Rotan

Furniture

tas-rotan

Pada furniture, anyaman dari bahan ini bisa digunakan sebagai salah satu komponen atau bahan keseluruhan komponen. Sebagai salah satu komponen, kita bisa menemukannya pada sandaran atau dudukan kursi. Tapi tak jarang juga rotan digunakan utuh dalam sebuah produk mebel.

Craft atau Kerajinan

Kerajinan rotan sudah sangat banyak digunakan masyarakat Indonesia. Kita mengenalnya dalam bentuk tas rotan, dompet, kipas, boneka, hingga topi.

Konstruksi

Jangan salah, meski bukan menjadi bagian utama, namun anyaman rotan juga bisa menjadi salah satu bagian konstruksi bangunan. Tentu saja fungsinya lebih untuk mempercantik konstruksi tersebut.

Iklan Biothane utama

Awas Ancaman Jamur

nyaman-rotan

Waspadalah pada ancaman jamur yang bisa merusak rotan. Meskipun rotan terbukti kuat dan sangat menawan saat digunakan pada 3 keperluan di atas, namun bukan berarti bahan ini tidak memiliki kekurangan. Setidaknya rotan sudah sangat sering terjadi kasus di mana serangan jamur pada rotan terjadi hingga menyebabkan bangkrut.

Ada dua varian jamur yang harus Anda waspadai:

Jamur Stain

Jamur ini menyebabkan noda yang seolah muncul dari dalam anyaman rotan. Noda warna tersebut tidak bisa hilang meski sudah digosok-gosok. Warna nodanya sendiri sangat beragam mulai dari hitam hingga kebiruan.

Jamur Permukaan

Jamur ini awalnya hanya tumbuh di atas permukaan rotan. Terdapat hifa menyerupai jamur tempe. Bila dibiarkan, jamur akan tumbuh merasuk ke dalam material tersebut sehingga menyebabkan kerusakan hebat.

Solusi untuk menghadapi kedua jenis jamur ini adalah melakukan treatment sejak dini. Treatment pengawetan rotan bisa Anda upayakan menggunakan obat antijamur BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative.

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn