Tips Memilih Obat Anti Jamur untuk Rotan dan Rekomendasi Produk untuk Mengatasinya

Penggunaan produk anti jamur untuk rotan memang sangat dianjurkan. Mengingat masalah dari penggunaan material rotan seringkali terjadi karena kemunculan jamur.

Namun belum semua orang memahami seperti apa produk anti jamur untuk rotan yang bagus? Apa saja rekomendasi produk yang bisa digunakan? Untuk menjawabnya, simak pembahasan pada artikel ini.

Pentingnya Memilih Obat Anti Jamur untuk Rotan yang Berkualitas

pentingnya bahan anti jamur untuk proses pengawetan rotan

Baca Juga : apa fungsi rotan dalam kehidupan?

Dari 4 cara untuk mengantisipasi jamur pada rotan yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, kita telah sampai pada kesimpulan mengenai pentingnya penggunaan obat anti jamur atau fungisida.

Kini yang jadi masalah adalah pemilihan obat tersebut. Apa obat anti jamur rotan yang bisa diandalkan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentunya banyak kriteria yang tentunya harus kita perhatikan. Yang pertama adalah kita harus memperhatikan tujuan dari formulasi obat tersebut.

Gunakanlah obat anti jamur yang memang diformulasikan untuk kebutuhan industri pengolahan rotan. Aspek ini penting kita perhatikan sebab tiap obat diformulasikan untuk fungsi spesifiknya sendiri-sendiri meski sama-sama tergolong sebagai fungisida.

Obat jamur untuk tanaman padi, misalnya, jelas dikhususkan untuk mencegah dan membasmi serangan jamur pada tanaman tersebut.

Oleh karena itu, penggunaannya pada tanaman non padi seperti pada rotan merupakan kesalahan mendasar yang harus kita hindari.

Dari aspek ini saja, kita bisa berangkat untuk mencermati berbagai aspek lainnya dari pemilihan produk yang seharusnya digunakan.

Aspek yang Mempengaruhi Penggunaan Produk Fungisida

Aspek-aspek tersebut hendaknya disusun dengan memperhatikan berbagai keperluan mulai dari keperluan treatment yang efektif sampai keperluan penghematan biaya.

Perhatikan dengan baik apa-apa saja yang bisa mempengaruhi penggunaan sebuah produk fungisida. Setidaknya, gunakanlah beberapa pertimbangan di bawah ini:

  1. Obat tersebut mampu bertahan lama
  2. Memiliki spektrum organisme luas sehingga mampu mencegah banyak jamur dan organisme terkait
  3. Aplikasi fleksibel
  4. Lebih aman bagi pekerja dibanding obat lainnya
  5. Tidak menyebabkan kegagalan proses pengolahan rotan selanjutnya seperti proses finishing material tersebut
  6. Bisa digunakan untuk banyak rotan
  7. Ongkos penggunaan murah

Dari ketujuh aspek yang telah disebutkan, tentu menemukan produk memang tidak semudah yang dibayangkan. Tapi tenang saja, kami punya rekomendasi produk yang tepat untuk Anda dan tentunya sesuai dengan 7 kriteria yang telah disebutkan.

Apa saja rekomendasi produk tersebut? Berikut ini pembahasannya.

Rekomendasi Obat Anti Jamur Rotan yang Berkualitas

Dari ketujuh kriteria di atas, obat fungisida untuk rotan yang kami sarankan pada Anda ialah BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative.

BioCide Wood Fungicide

apa itu biocide wood fungicide

Pada industri pengolahan rotan kadangkala kita mendapati bagian rotan yang berubah warna, baik itu menjadi kehitaman, keputihan, hingga kebiruan.

Warna tersebut seolah meresap ke dalam substrat rotan sehingga sama sekali tidak bisa dihilangkan dengan dilap saja.

Bila Anda mengalami masalah seperti itu, kemungkinan besar rotan Anda sedang terserang jamur stain atau noda.

BioCide Wood Fungicide sendiri kami sarankan karena memang diformulasikan untuk kebutuhan pada skala industri pengolahan, termasuk rotan.

Memiliki kandungan bahan aktif berupa Methylene Bis Thiocyanate (MBT) dan 2-(Thiocyanomethylthio)benzothiazole (TCMTB).

Kombinasi bahan aktif ini mampu menjaga, mencegah dan mengatasi serangan jamur perusak substrat kayu. Jamur-jamur yang menyerang substrat dan merusak warna alami kayu adalah sasaran utama dari penggunaan produk ini.

Bukan hanya pada kayu tentunya, produk ini juga bisa digunakan untuk mengatasi serangan jamur pada media sejenis kayu. Termasuk rotan, bambu, eceng gondok, dan berbagai material serat alam lainnya.

Produk Biocide Wood Fungicide untuk perawatan kayu, bambu, dan sejenisnya

Produk ini juga dapat mudah untuk diaplikasikan dan sangat hemat. Karena tersedia dalam kemasan kecil yaitu 100 gram seharga Rp. 98.000,-.

Anti Jamur BioCide Surface Film Preservative

Biocide SFP

BioCide Surface Film Preservative kami sarankan untuk mencegah tumbuhnya jamur di atas permukaan coating rotan. Jenis jamur tersebut memiliki sifat yang berbeda dengan jamur stain.

Jamur yang tumbuh di atas permukaan rotan atau coating rotan umumnya bisa dilap seperti jamur biasa yang kita kenal.

Meski awalnya mudah dihilangkan, tetapi bila jamur ini dibiarkan tumbuh terus, efek kerusakan yang diakibatkannya tidak main-main.

Aplikasi BioCide Surface Film Preservative sendiri ialah dengan dicampur pada lapisan cat. Obat anti jamur untuk rotan ini juga bisa digunakan untuk membasmi jamur yang tumbuh pada berbagai furniture.

Di Manakah Anda Bisa Mendapat Produk Anti Jamur yang Berkualitas untuk Rotan?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau mengenai pemesanan produk anti jamur ini, silahkan hubungi kami melalui Whatsapp di sini. Atau melaui e-mail diĀ [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industri Omnipresen secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya