cara merawat buku agar tidak berjamur

Kiat Mudah dan Murah Merawat Buku yang Disimpan agar Tidak Berjamur

Bagaimana cara merawat buku supaya tidak dirusak jamur hingga serangga? Mari simak kiat mudah, murah, dan efektif berikut ini!

cara merawat buku agar tidak berjamur

Keberadaan buku dan dokumen secara umum adalah hal yang tak terhindarkan dalam kehidupan manusia. Sejak kita kecil hingga dewasa, benda bernama buku hampir selalu digunakan. Tak heran bila semakin tua usia kita, maka semakin banyak pula buku-buku dan kertas dokumen yang terkumpul.

Mudah bagi kita bila ingin membuang yang dianggap tidak berguna. Tapi bagaimana bila buku dan dokumen tersebut sangat penting? Membuangnya jelas bukan pilihan. Maka kita akan menyimpannya pada benda-benda seperti almari dan kardus.

Padahal setelah disimpan dalam waktu yang lama, akan terjadi penurunan kualitas buku. Pada banyak kasus, buku akan menjadi lembab, tumbuh jamur, dan muncul berbagai serangga perusaknya. Apa yang harus dilakukan?

Baca juga : Merawat Bufet Buku Bebas Jamur dan Lumut dengan Biocide SFP

Merawat Buku dengan Menurunkan Kelembabannya

cara merawat buku agar tidak berjamur

Menjaga agar buku tidak rusak adalah hal yang sangat wajar dilakukan. Apalagi bila buku tersebut memiliki guna vital dalam kehidupan kita. Pada berbagai lembaga seperti perpustakaan dan arsip, umumnya dilakukan kiat-kiat khusus untuk menjaga kualitas buku. Misalnya dengan menurunkan level atau kadar udara dalam ruang penyimpanan. Tetapi tentu saja cara ini tidak bisa dilakukan dengan alat-alat yang ada dalam rumah kita.

cara merawat buku dengan silika gel natural
SILICA GEL NATURAL

Upaya yang lebih praktis dan mudah harus dilakukan. Anda bisa menggunakan silica gel sebagai humidity absorber. Silica gel berfungsi menyerap kadari air pada udara dan lokasi di sekitarnya. Penggunaan bahan ini akan membuat kualitas buku lebih terjaga. Jamur tidak tumbuh dan potensi munculnya serangga juga semakin kecil.

Masukkan saja silica gel pada ruang penyimpanan. Tutup rapat-rapat tempat atau kemasan penyimpanan tersebut. Sangat mudah sekali bukan?

Baca juga : Ternyata Seperti Ini Cara Ampuh Mencegah Jamur pada Lemari Kayu

Keunggulan lainnya, merawat buku dengan silica gel sama sekali tidak mahal. Bahan ini bisa Anda peroleh dengan harga sangat murah. Bahkan silica gel yang sudah tidak aktif bisa kita aktifkan secara manual.

Yuk, pesan dan gunakan silica gel sekarang juga dengan menghubungi kami di 082 167 600 693. Semoga bermanfaat.