Ternyata Seperti Ini Cara Ampuh Mencegah Jamur pada Lemari Kayu

Terapkan cara ampuh mencegah jamur pada lemari kayu Anda. Sebab, lemari kayu Anda adalah media yang baik untuk tumbuh dan berkembangnya jamur.

Berbagai perabot telah digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Kita menggunakan kursi untuk duduk, meja untuk makan hingga belajar, dan ranjang untuk tidur. Tiap perabot memiliki fungsi sendiri-sendiri. Almari pun termasuk salah satu di antaranya. Sayangnya, furniture ini rentan mengalami kerusakan akibat serangan hama.

Potensi Serangan Jamur pada Almari Kayu

Aplikasikan cara ampuh mencegah jamur pada lemari kayu

Aplikasikan cara ampuh mencegah jamur pada lemari kayu

Lemari kayu adalah salah satu furniture kayu yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Sayangnya, produk ini rentan terhadap serangan berbagai organisme terutama jamur. Keberadaan jamur pada lemari kayu jelas akan merugikan Anda sebagai pemiliknya. Jamur bukan hanya akan merusak estetika lemari kayu, namun juga akan mengganggu fungsinya hingga tak bisa digunakan dengan semestinya Kerusakan yang diakibatkan jamur memang terbilang kompleks. Sebab, serangan jamur biasanya disertai juga dengan kemunculan organisme lain seperti serangga dan bakteri. Oleh karenanya, langkah pencegahan sangat penting untuk dilakukan.

Kiat Cara Ampuh Mencegah Jamur pada Lemari Kayu

Untuk aplikasi cara ampuh mencegah jamur pada lemari kayu, terapkan langkah-langkah di bawah ini:

1. Pembersihan secara berkala

Lakukan pembersihan secara berkala pada lemari kayu. Usahakan melakukan pembersihan secara keseluruhan. Cermati bagian-bagian lemari yang rentan terkena jamur seperti bagian belakang lemari dan bagian dalam lemari. Sebab kotoran yang menumpuk ditambah dengan kelembaban yang tinggi, bisa menyebabkan lemari kayu berjamur.

Selain itu, usahakanlah untuk hanya menempaltkan benda yang bersih ke dalam almari. Bila itu merupakan almari baju, letakkan baju yang bersih. Pun demikian bila itu almari untuk perlengkapan sekolah Anda, letakkanlah buku-buku dan perlengkapan lainnya yang juga bersih.

2. Inspeksi

Bila ditemukan tanda-tanda jamur, segera gosok dengan kain dan cari tahu apa penyebab jamur bisa tumbuh. Coba perhatikan apa yang sekiranya menyebabkan jamur tersebut tumbuh. Apakah karena lingkungan sekitar mebel yang humiditasnya tinggi, atau karena Anda suka memasukkan benda yang kotor.

Iklan Biothane utama

3. Tempatkan lemari kayu pada area yang tidak lembab.

Area yang lembab bisa membuat almari berjamur. Biasanya jamur akan tumbuh di bagian belakang furniture tersebut dulu. Tapi bila dibiarkan terus-menerus, maka pertumbuhan jamur akan memasuki area bagian dalam almari.

4. Lap

Segera lap lemari bila terkena paparan air. Paparan air yang meresap dapat menyebabkan jamur tumbuh bila faktor lainnya mendukung. Kenapa demikian? Sebab jamur sebagaimana organisme lainnya pasti membutuhkan air untuk tumbuh. Eksposi air menyediakan kebutuhan jamur tersebut.

5. Sirkulasi Udara

Salah satu usaha yang penting dilakukan untuk mencegah jamur pada lemari kayu adalah memastikan sirkulasi udara yang baik. Usahakan udara ruangan tidak lembab dengan memastikan sirkulasi udara berfungsi dengan ideal.

Bagaimana bila Anda tak memiliki jendela yang cukup? Rumah-rumah di daerah perkotaan biasanya memiliki masalah ini. Oleh karena itu, Anda perku mengakalinya. Misalnya dengan membuat ventilasi di dinding bagian atas atau di atap. Penggunaan humidity absorbent seperti dijelaskan pada poin 7 juga akan membantu.

6. Humidiy Absorbent

Gunakan humidity absorbent silica gel agar bagian dalam lemari kayu tidak lembab. Kiat ini sangat efektif sebagai cara ampuh mencegah jamur pada lemari kayu. Gel anti lembab lemari ini memiliki sifat hidrofilik sangat tinggi sehingga bisa menyerap kelembaban udara dalam sebuah ruangan atau kemasan dengan sangat efektif.

Di mana silica bisa ditempatkan? Silica bukan penyerap kelembaban besar, karena itu bahan ini direkomendasikan untuk area almari yang kecil. Untuk ruangan yang luas, gunakan penyerap kelembaban yang lebih baik, misalnya container desiccant.

7. Siapkan Pembasmi Jamur yang Bagus

Sebaiknya, Anda menyediakan antijamur di rumah. Di era modern, serangan hama pada konstruksi bangunan terus meningkat. Sebab, habitat hama-hama tersebut telah tergusur oleh pembangunan. Pemangsa hama-hama itupun sudah menurun populasinya. Karena itulah, perlu disediakan antijamur yang bagus di rumah.

8. Rawat dengan Semir Kayu

Lakukan perawatan dengan produk semir kayu yang tepat. Dalam hal ini, sebaiknya pilih semir kayu yang memiliki zat anti jamur. Contohnya saja Biopolish. Semir kayu sebagaimana semir sepatu adalah suatu produk polishing khusus. Produk ini umumnya didesain untuk membuat kayu menjadi lebih halus dan warnanya tampak indah kembali.

9. Lakukan Pengecatan secara Berkala

Lakukan pengecatan secara berkala. Lapisan cat, pada akhirnya akan rusak dan mengelupas. Dan karena itu, kita perlu merawatnya dengan mengaplikasikan cat yang baru. Agar tidak merasa repot, gunakanlah cat yang tingkat keawetannya benar-benar baik. Pilih cat yang bisa bertahan selama bertahun-tahun.

Bagaimana dengan Jamur di Bawah Permukaan Cat?

Anda mungkin mendapati jamur yang tumbuh pada lemari Anda berada di bawah permukaan cat. Bila Anda mendapati problem seperti ini, langkah-langkah cara mencegah jamur pada lemari kayu di atas, jelas tidak bisa diandalkan. Untuk mengatasi kasus seperti ini, Anda harus membuka lapisan cat lalu membersihkan jamur. Aplikasikan anti jamur yang bagus, BioCide Wood Fungicide lalu lakukan pengecatan ulang. Sedangkan untuk mencegah terjadinya masalah ini, lain kali belilah lemari kayu yang menggunakan material kayu berkualitas yang sudah diberi treatment pengawetan anti jamur dengan BioCide. Tanyakanlah pada penjual apakah kayu yang digunakan sudah diberi treatment anti jamur atau belum.

Bagaimana bila noda kayu tak juga hilang? Sayangnya, akan sangat sulit mengatasi hal tersebut. Biasanya, noda jamur yang tak hilang hanya bisa dibersihkan dengan bleaching kayu. Dan aplikasi bleaching atau pemutih kayu untuk masyarakat awam cenderung tricky. Apalagi bila menggunakan bleaching yang mengandung hidrogen peroksida. Produk yang lebih tepat digunakan adalah WA-250.

Atau, bila Anda ingin tips yang lebih mudah diikuti, aplikasikan saja dempul yang bagus yang bisa menutup ndoa bekas jamur tersebut. Tapi ingat, pastikan dulu jamurnya dibasmi mengggunakan obat yang bagus.

Kami Sedia BioCide dan Penyerap Kelembaban

Di antijamur.net kami memiliki produk yang bisa Anda gunakan untuk mencegah jamur pada lemari kayu lho. Keduanya adalah BioCide Surface Film Preservative dan penyerap kelembaban. Untuk BioCide, Anda bisa menggunakannya sebagai pembasmi jamur (bukan hanya dalam treatment preventif). Agar lebih jelas, yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

BioCide Surface Film Preservative

biocide sfp untuk atasi plafon rumah berjamur

Sediakanlah pembasmi jamur yang bagus untuk mencegah jamur pada lemari kayu merusak lebih jauh. Dalam hal ini, BioCide Surface Film Preservative kami rekomendasikan karena memang sangat efektif efeknya. Produk ini juga lebih mudah digunakan. Aspek keamanannya juga menenuhi standar dan regulasi yang berlaku.

BioCide Surface Film Preservative pun bisa dipakai untuk mencegah dan mengatasi serangan lumut. Karenanya, produk ini bisa Anda gunakan sekiranya garden furniture atau pagar Anda terserang lumut.

Sebagai pencegah lumut dan jamur, produk ini juga tinggal dicampurkan ke bahan finishing yang akan diaplikasikan ke lemari kayu lho. Sangat praktis sekaligus mudah digunakan bukan?

Silica Natural dan Container Desiccant, Be Dry

Untuk penyerap kelembaban, kami menyediakan silica dan Be Dry. Silica yang kami sediakan adalah silica natural yang lebih aman untuk digunakan. Anda bisa menggunakannya pada bagian dalam lemari yang berukuran kecil hingga sedang. Silahkan taruh 2 hingga 3 silica di tiap area tersebut.

Adapun, untuk lemari gantung yang luas, gunakanlah penyerap kelembaban Be Dry. Be Dry berbentuk kotak panjang yang berisi zat yang bisa menyerap air. Dus, produk ini akan menurunkan kelembaban sehingga bisa mencegah jamur pada lemari kayu. Be Dry sudah teruji kinerjanya sebab selama ini pun banyak digunakan dalam proses shipping dalam kontainer untuk kebutuhan yang lebih besar.

Kontak dan Pemesanan BioCide dan Penyerap Kelembaban

Untuk mendapatkan produk-produk kamj secara praktis, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected] Anda akan dilayani oleh Customer Service kami yang cepat, ramah, dan profesional.

Selain itu, Anda juga bisa membeli produk kami secara langsung. Caranya, dengan bertandang ke Bio Service Point di Jepara, Yogyakarta, dan juga Cirebon.

Terbiasa belanja secara daring? Bila Anda suka belanja secara daring, Anda juga bisa membeli produk kami lewat online shop yang menjadi langganan Anda. Tinggal cari saja produk kami lewat toko online langganan Anda.

Pilih saja opsi pembelian yang paling sesuai dengan Anda. Kami akan selalu menyediakan produk terbaik dengan pelayanan yang terbaik pula.

Simpulan

Pembaca antijamur.net, kita telah sampai di bagian akhir pembahasan. Berdasarkan penjabaran di atas, ada beberapa hal yang bisa kita simpulkan, antara lain:

  1. Almari, sebagaimana perabotan lainnya memiliki fungsi tersendiri bagi manusia. Lemari digunakan untuk berbagai fungsi dari fungsi penyampaian makanan, fungsi menyimpan buku, dan lain sebagainya.
  2. Namun demikian, lemari, terutama yang dari bahan kayu rentan mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan karena sifatnya yang memang mengandung zat makanan oleh hama jamur.
  3. Sebaiknya sebelum jamur menyerang, kita perlu mencegah jamur pada lemari kayu. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hama tersebut. Misalnya dengan menjaga kelembaban ruangan dan kelembaban dalam almari itu sendiri.
  4. Anda bisa menggunakan penyerap kelembaban kami untuk kebutuhan tersebut. Kami menyediakan silica dan juga Be Dry.
  5. Selain itu, sediakanlah produk pembasmi jamur. Jadi bila ada jamur yang sudah terlanjur menyerang, Anda bisa segera membasminya sebelum terjadi kerusakan yang parah.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn