Biocide Wood Fungicide untuk Cegah Jamur Kayu Perusak Warna

Pernahkah Anda mendengar mengenai jamur kayu perusak warna? Bagi yang bekerja dalam bidang perkayuan, barangkali sudah sering melihat jamur ini. Nah, di kesempatan ini, antijamur.net akan membagikan tips mengatasi jamur tersebut menggunakan BioCide Wood Fungicide.

Salah seorang petani kayu yang tim kami kenal menceritakan kondisi kayunya yang berubah warna. Kayu-kayu itu tampak kebiru-biruan. Beberapa juga terlihat agak kehitaman. Ia pun meminta solusi dari kami dan kami menyarankannya menggunakan Wood Bleaching (WA-250). Pemutih kayu tersebut bisa mencerahkan sekaligus menyamarkan noda kayu.

Meskipun sukses menggunakan WA-250, namun ia dikomplain juga oleh pembelinya. Sebab pembelinya mengharapkan warna kayu serupa warna aslinya.

Hal seperti ini memang patut disayangkan. Namun sebetulnya masalah itu bisa diatasi. Yang pertama-tama harus diasadari adalah penyebab kemunculan warna tersebut yang notabene adalah jamur biru.

Mengenal Blue Stain si Jamur Kayu Perusak Warna Berwarna Biru

Blue stain pada dasarnya merupakan jamur mikroskopis. Anda tidak akan mendapati jamur ini dalam ukuran besar dengan bentuk-bentuk yang unik menyerupai daun telinga ataupun payung. Jamur blue stain hidup di antara substrat kayu yang biasanya lembab.

Efek Jamur Kayu

Mengeringkan kayu bisa saja membasmi blue stain. Namun, nodanya masih akan terus membekas. Satu-satunya yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan noda tersebut adalah menggunakan bleaching kayu. Tanpa itu, Anda harus memotong kayu yang terkena blue stain. Bila Anda adalah seorang petani pohon dan pelaku usaha woodworking, tentu saja opsi pemotongan kayu akan sangat merugikan.

Blue stain sendiri sejatinya tidak menyebabkan pembusukkan. Hanya saja, jamur ini bisa merusak keindahan kayu. Bayangkan saja cantiknya kayu mangga atau jati. Tapi akibat hama ini, Anda tak akan bisa lagi menikmati warna keemasan jati ataupun pola random kayu mangga yang memesona. Dan oleh sebab itulah, blue stain menjadi ancaman besar sebagaimana jamur pembusuk. Apalagi, jamur ini bisa dengan cepat menginfeksi kayu, langsung setelah kayu itu ditebang.

Antisipasi terhadap jamur perusak kayu warna biru ini jelas harus dilakukan. Dan, di antijamur.net, kami menyediakan produk terbaik untuk Anda, yakni BioCide Wood Fungicide.

Apa itu BioCide Wood Fungicide?

BioCide Wood Fungicide adalah bahan pengawet kayu kombinasi bahan anti jamur dan anti bakteri berbahan aktif 2-(thiocyanomethylthio) benzothiazole dan methylene-bis-thiocyanate (TCMBT/MBT) yang memiliki spectrum luas untuk mencegah pertumbuhan jamur kayu yang tumbuh didalam serat kayu seperti jamur biru (blue stain), bakteri pembusuk kayu, serta mikroorganisme perusak lainnya.

Produk ini cocok diaplikasikan pada jenis kayu bergetah seperti ramin, kayu agathis, kayu karet, kayu pinus, kayu mangga dll. BioCide Wood Fungicide juga efektif untuk treatment anti jamur pada media bambu, rotan, serta berbagai jenis bahan serat alam yang rentan terhadap serangan jamur seperti serat enceng gondok, pandan, serat pisang dll.

Singkat kata, produk ini merupakan antijamur yang didesain spesifik pada suatu target tertentu yakni jamur perusak kayu biru dan juga bakteri pembusuk. Namun, ia bisa diaplikasikan pada berbagai produk cellulose based dari kayu hingga serat alam.

BioCide Wood Fungicide sendiri sejatinya adalah satu dari 3 varian produk BioCide antihama. Produk yang dihadirkan Bio Industries ini bisa memberikan perlindungan lengkap dengan varian BioCide lainnya seperti BioCide Insecticide dan BioCide Surface Film Preservative. BioCide Insecticide didesain sebagai antiserangga, sedangkan BioCide Surface Film Preservative didesain sebagai anti jamur pembusuk.

Keunggulan Obat Jamur Kayu Perusak Warna

Dibanding pencegah jenis jamur perusak kayu lainnya, BioCide Wood Fungicide menawarkan banyak keunggulan seperti:

  1. Kombinasi anti jamur dan anti bakteri, sehingga perlindungan yang diberikan oleh produk ini jauh lebih lengkap.
  2. Spektrum organisme target luas. BioCide bisa digunakan untuk mengatasi jamur stain dan bakteri yang berbeda jenis.
  3. Memiliki masa aktif relatif panjang. Dengan sifat ini, perlindungan yang diberikan pun adalah perlindungan jangka panjang. Keindahan dan usia pakai kayu akan bisa dipertahankan dalam waktu yang sangat lama.
  4. Relatif aman dan ramah lingkungan. Meski merupakan produk fungisida sintetis, namun BioCide Wood Fungicide didesain dengan mematuhi regulasi keamanan suatu produk preservasi.
  5. Mudah dilarutkan dengan air maupun minyak. Metode penggunaannya pun beragam dari metode kuas hingga metode perendaman.
  6. Konsentrasi yang tinggi sehingga penggunaannya sangatlah hemat. Harga produk ini pun lebih terjangkau.
  7. Tidak menyebabkan karat dan berbagai efek samping lainnya pada kayu.
Fungisida Biocide Wood Fungicide

Rekomendasi dan Aturan pakai

Terdapat 3 faktor utama yang mempengaruhi resiko serangan jamur pada substrat kayu, bambu, rotan dan bahan serat alam lainnya, yaitu:

  1. Kondisi musim
  2. Kondisi lingkungan gudang penyimpanan (kelembaban udara dan sirkulasi udara)
  3. Kondisi kelembaban atau kadar air kayu (MC)

Semakin tinggi faktor resiko serangan jamur maka dibutuhkan Kadar konsentrasi larutan bahan anti jamur Biocide – TCMBT/MBT (100/100EC) semakin tinggi pula. Berikut ini tabel kadar konsentrsi larutan bahan anti jamur yang direkomendasikan sesuai kondisi 3 faktor resiko tersebut.

Tabel Rekomendasi Konsentrasi Larutan Biocide.

Musim Kondisi warehouseRoom humidity(RH) Kondisi kayuMoisture content(MC) Konsentrasi larutanBiocide – TCMBT/MBT(%)
Kemarau  < 60% < 15% 0,5%-1%
Hujan > 60% > 15% 1,5% – 2%

Keterangan: sirkulasi udara yang baik (tinggi) dapat menurunkan kadar kelembaban udara (RH) dalam ruang gudang penyimpanan.

Metode Aplikasi Pencegahan Jamur Kayu Perusak Warna

  1. Oles / kuas / semprot. Metode ini disarankan untuk pelaku usaha woodworking yang ingin menerapkan metode pengawetan yang ringkas. Selain itu, metode ini juga recommended untuk petani kayu yang harus segera mengawetkan kayunya dari serangan blue stain. Kayu cukup dipoles dengan BioCide Wood Fungicide saja di area bukaan tebangan.
  2. Rendam (minimum 15 menit, semakin lama semakin baik). Cara ini disarankan untuk hasil yang lebih baik. Setelah kayu digergaji, petani bisa menerapkan cara ini.
  3. Mesin vacum tekan. Untuk hasil pengawetan yang lebih baik, aplikasikan metode ini. Metode vakum tekan membutuhkan alat yang mahal. Akan tetapi, efektivitasnya tak perlu diragukan lagi. Sebab pada mesin vakum tekan, resapan obat pengawet bisa diatur dengan menentukan tekanan udara dan suhu yang tepat.

Bagaimana Bila Jamur Kayu Perusak Warna Sudah Terlanjur Menyerang?

Lantas bagaimana bila jamur stain sudah menyerang? Seperti dijelaskan di atas, bila jamur stain sudah terlanjur menyerang, maka pilihannya adalah Wood Bleaching WA-250. Sebab meski sudah diberi BioCide Wood Fungicide, sel-sel jamur tetap akan tertinggal menyebabkan noda biru. WA-250 sendiri biasa digunakan untuk menyeragamkan warna kayu untuk keperluan industri woodworking.

Di satu sisi, warna kayu memang akan berubah lebih cerah. Namun WA-250 adalah alterantif terbaik untuk Anda apabila kayu sudah terserang jamur blue stain. Lagipula, penggunaan WA-250 tidak akan merusak pola serat kayu. Ketika difinish, pola serat masih akan terlihat indah dan menawan.

White-agent-pemutih-kayu

Kontak dan Pemesanan

Apakah Anda tak sabar ingin segera mengatasi jenis jamur perusak kayu stain dan menggunakan BioCide Wood Fungicide? Bila iya, tak mengherankan sama sekali mengingat kualitas BioCide yang menjanjikan.

Nah, jika Anda tertarik untuk membeli, silahkan saja ke Bio Service Point. Sekarang, Anda bisa mendapatkan berbagai produk kami dari cat, lem kayu, hingga bleaching dan pengawet kayu BioCide di Bio Service Point. Lokasi Bio Service Point telah tersebar di berbagai kota mencakup Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon.

Namun bila Anda ingin membeli secara daring saja, tentu kami juga menyediakan opsi tersebut. Anda tinggal menghubungi kami via kontak yang disediakan. Hubungi kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Customer Service kami akan melayani Anda dengan ramah, cepat, dan profesional. Sangat menarik, kan? Apalagi Anda juga bisa membeli produk ini di berbagai toko daring. Silahkan ke toko daring langganan Anda dan dapatkan BioCide Wood Fungicide.

Simpulan

Berdasarkan pembahasan mengenai jenis jamur perusak kayu warna biru di atas, kita bisa menyimpulkan beberapa hal, antara lain:

  1. Serangan jamur pada kayu bukan hanya terjadi akibat kemunculan jamur pembusuk. Selain jamur pembusuk, kita juga harus mewaspadai jamur stain.
  2. Stain fungus memang tidak membusukkan kayu. Akan tetapi, jamur ini tetap sangat merugikan sebab bisa menyebabkan kayu menjadi rusak keindahannya. Dan parahnya, kerusakan ini hanya bisa diatasi dengan pemotongan kayu atau pemakaian bleaching yang bagus seperti WA-250.
  3. Pencegahan wajib dilakukan. Dan pencegahan dapat dilakukan dengan BioCide Wood Fungicide. BioCide Wood Fungicide adalah anti jamur stain (noda) dan anti bakteri.
  4. BioCide Wood Fungicide memiliki berbagai keunggulan dari sifatnya yang efektif dan tingkat keamanannya yang baik.
  5. BioCide Wood Fungicide juga lebih hemat dan harganya terjangkau dibanding kualitasnya yang unggul.

Semoga informasi mengenai jamur kayu perusak warna biru ini bermanfaat untuk Anda ya. Terus ikuti berbagai informasi menarik lainnya di antijamur.net.

 

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.