Cara Menghilangkan Jamur Pada Kayu Olympic

Saat ini dipasaran banyak furniture dari partikel board atau orang biasanya menyebutnya olympic, jenis kayu tidak tahan air mudah ditumbuhi jamur. Butuh cara menghilangkan jamur pada kayu olympic.

Mari kita membandingkan antara mebel yang terbuat dari kayu pres/particle board dengan mebel yang terbuat dari kayu/papan asli yang diambi dari potongan pohon. Artikel ini muncul dari beberapa pengalaman orang yang sering bercerita mengenai bahan kayu. Menggunakan kedua jenis bahan tersebut, mungkin pengalaman tersebut pernah dialami juga oleh para pembaca.

Tulisan ini bukan untuk menurunkan merek tertentu atau hasil karya orang lain tetapi hanya sekedar ulasan sederhana. Apapun merek atau berapapun harga barang mebel ternyata memiliki kelemahan atau kelebihan masing-masing. Di bawah ini akan dipaparkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari kedua bahan tersebut.

Semoga dapat menjadi informasi bagi anda yang masih bingung untuk memilih dan menangani gejala-gejala pada hama kayu serta cara penanganannya. Karena jenis apapun kayunya, jika kondisinya memungkinkan, dapat ditumbuhi jamur, artikel ini akan membahas cara menghilangkan jamur pada kayu olympic.

Biasanya furniture yang baik dalam pandangan umum atau masyarakat kebanyakan adalah terbuat dari kayu solid. Kayu hasil potongan langsung dari batangan pohon, seperti jati, merbau, mahoni dan lain sebagainya. Memang kayu solid mempunyai banyak keuntungan untuk dijadikan furniture, tetapi juga ada sisi lemahnya.

Kayu Solid Atau Papan Yang Diambil Langsung Dari Potongan Kayu

Mebel yang Saya maksud adalah yang terbuat dari potongan atau bilah-bilah kayu atau papan yang diambil dari pohon langsung. Kelebihannya adalah sebagai berikut:

  1. Kayu dilapis oleh cat, plitur, atau pernis sehingga mudah untuk diperbarui bila warna cat sudah kusam.
  2. Tahan terhadap beban berat dari benda yang diletakkan di atasnya.
  3. lebih tahan terhadap terpaan air dan kelembaban karena terdiri dari serat kayu yang terkait kuat secara alami.
  4. mudah dalam perawatan
alterntif text

Selain memiliki berbagai kelebihan tersebut, kayu solid juga memiliki kekurangan yang harus Anda tahu. Kekurangan:

  1. Perlu tenaga dan ruang lebih bila akan dipindahkan karena pada umumnya setiap bagian dari jenis mebel ini disatukan dengan paku, sekrup, atau pasak kayu yang tertanam secara permanen, jadi bila akan dipindahkan memerlukan tenaga lebih untuk dapat pindah ke tempat lain.
  2. Pada umumnya memiliki bobot yang berat sehingga agak menyulitkan saat akan dipindahkan.
  3. Harga yang relatip lebih mahal bila dibandingkan mebel yang terbuat dari bahan particle board, hal ini wajar karena semakin hari bahan kayu akan sulit didapatkan karena semakin sempitnya lahan yang dipakai untuk menanam pohon.

Particle Board Yang Biasa Digunakan Furniture Olympic

Partikel board adalah suatu bahan tiruan kayu yang dibuat dari serbuk bekas penggergajian kayu yang dipadatkan/dipress dan diberi perekat agar menjadi bentuk seperti kayu, umumnya seluruh permukaannya dilapisi dengan bahan sejenis kertas agar terlihat lebih indah. Partikel board biasanya digunakan untuk lemari olympic.

Kelebihan:

  1. Memiliki bentuk yang bermacam-macam dan model yang indah-indah.
  2. Mudah dalam bongkar pasang, maksudnya adalah bila kita akan memindahkan mebel yang terbuat dari particle board maka tidak perlu diangkat semuanya tetapi kita dapat melepaskan setiap bagian dari lemari lalu dibawa ke tempat yang dituju lalu semua bagian yang tadi dilepas dapat dipasang kembali dengan menggunakan sekrup.
  1. Harga yang lebih murah dari mebel yang terbuat dari kayu

Kekurangan:

  1. Mudah rapuh, jenis particle board akan mudah hancur bila lembab atau terkena air, kayu pres yang terkena air atau lembab lama -lama akan melengkung lalu patah. Selain itu juga mudah ditumbuhi jamur permukaan atau mold, untuk itulah kita harus mengetahui cara menghilangkan jamur di kayu olympic.
  2. Tidak tahan terhadap beban berat, mebel yang terbuat dari particle board sangat lemah karena tidak memiliki serat-serat kayu yang saling berhubungan tidak seperti kayu yang diambil langsung dari pohon yang memiliki keterikatan serat yang kuat.
  3. Mudah terserang jamur, kebanyakan mebel yang terbuat dari particle board dilapisi oleh sejenis kertas yang ditempelkan dengan lem, oleh karena itu sangat mudah didiami oleh jamur.
  4. Penggunaannya harus lebih hati-hati karena partikle board sangat mudah hancur bila terbentur, selain itu kita juga harus lebih hati-hati pada bagian pintu lemari karena bagian engselnya tidak kuat tertancap pada kayu pres, bila kita kurang hati-hati maka engsel tersebut akan terlepas dari particle board, seperti telah Saya terangkan di atas bahwa particle board kurang memiliki ikatan serat yang kuat sehingga skrup pada engsel mudah sekali terlepas, bila sudah demikian maka akan sulit untuk memasang sekrup.

Cara Menghilangkan Jamur pada Kayu Olympic yang Efektif

Seperti telah disebutkan sebelumnya, partikel board yang biasa digunakan atau sebagai bahan dasar olympic ini adalah penyebab kenapa lemari mudah berjamur. Banyak cara yang telah dibagikan di internet tentang cara menghilangkan jamur pada furniture kayu, namun banyak langkah yang kurang efektif dan kemungkinan jamur tumbuh lagi sangatlah besar.

Cara menghilangkan jamur pada kayu olympic dapat Anda ikuti sesuai langkah berikut ini:

Pertama, jauhkan furniture olympic Anda dari tembok, buka jendela agar udara kering dan tidak lembab, karena kelembaban sumber utama tumbuhnya jamur permukaan. Atau keluarkan furniture olympic Anda dari ruangan akan lebih baik, biarkan sinar matahari terkena langsung ke furniture olympic.

Kedua, bersihkan dengan lap basah untuk menghilangkan jamur putih atau jamur permukaan yang biasanya tumbuh di seluruh permukaan kayu.

Ketiga, biarkan kering dan terkena sinar matahari beberapa saat.

Keempat, gunakan obat anti jamur kayu yang berkualitas untuk mencegah tumbuhnya jamur dikemudian hari, karena apabila hanya dibersihkan jika dimasukkan lagi ke ruangan sebelumnya jamur akan tumbuh kembali. Obat yang paling laris di pasaran dan ampuh adalah BioCide SFP, sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengusir jamur selamanya.

Demikianlah cara menghilangkan jamur pada kayu olympic yang berbahan partikel board. Sebuah cara efektif dan ampuh.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!