Cara Menghilangkan Jamur Pada Kayu Olympic

Saat ini di pasaran banyak furniture dari partikel board atau orang biasanya menyebutnya Olympic (meski sebetulnya tidak berasal dari merk terkait). Pada dasarnya jenis kayu particle tidak tahan air dan mudah ditumbuhi jamur bila dibandingkan kayu solid. Sehingga, butuh cara menghilangkan jamur pada kayu olympic.

Sebelumnya, mari sekilas kita membandingkan antara mebel yang terbuat dari kayu pres/particle board dengan mebel yang terbuat dari kayu/papan asli yang diambi dari potongan pohon. Artikel ini muncul dari beberapa pengalaman orang yang sering bercerita mengenai sifat-sifat bahan kayu yang ternyata berbeda satu sama lain. Dan mungkin pengalaman tersebut pernah dialami juga oleh para pembaca.

Tulisan ini bukan dimaksudkan untuk menurunkan merek tertentu atau hasil karya orang lain tetapi hanya sekedar ulasan sederhana. Sebab, yang dimaksud kayu Olympic pun seringkali bukan kayu dari mebel merk Olympic, melainkan kayu non solid saja.

Toh, apapun merek atau berapapun harga barang mebel yang kita gunakan, ternyata semua memiliki kelemahan atau kelebihan masing-masing. Di bawah ini akan dipaparkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari kedua bahan tersebut.

Kami berharap, penjelasan di bawah ini bisa menjadi bekal informasi bagi anda yang masih bingung untuk memilih kayu yang hendak digunakan. Selain itu, harapannya penjelasan di bawah ini juga bisa dipakai sebagai antisipasi gejala-gejala hama kayu. Karena jenis apapun kayunya, jika kondisinya memungkinkan, dapat ditumbuhi jamur.

Kayu Solid

Biasanya furniture yang baik dalam pandangan umum atau masyarakat kebanyakan adalah terbuat dari kayu solid. Kayu solid adalah kayu hasil potongan langsung dari batangan pohon, seperti jati, merbau, mahoni dan lain sebagainya. Memang kayu solid mempunyai banyak keuntungan untuk dijadikan furniture, tetapi juga ada sisi lemahnya.

Kayu solid tidak diproses terlebih dahulu dalam suatu tahapan. Kayu hanya digergaji lalu diterapkan dengan beberapa treatment sebelum akhirnya dibentuk dan dijadikan komponen produk. Solid wood dengan demikian masih memiliki sifat yang khas. Beberapa kandungan kayu solid seperti zat antihama juga masih bisa ditemukan. Sehingga, beberapa kayu solid seperti jati mempunyai ketahanan terhadap berbagai jenis hama yang sangat baik.

Dari segi tampilan, kayu solid juga masih memiliki warna dan pola serat yang khas. Warna dan pola serat ini jelas tidak seragam, namun menunjukkan suatu keidentikan apabila memang berasal dari spesies yang sama. Beberapa solid wood juga sangat terkenal karena tampilannya ini. Misalnya saja kayu mangga, rosewood, hingga ebony.

alterntif text

Kayu Solid atau Papan yang Diambil Langsung dari Potongan Kayu

Mebel solid adalah yang terbuat dari potongan atau bilah-bilah kayu atau papan yang diambil dari pohon langsung. Kelebihannya furniture seperti ini adalah sebagai berikut:

  1. Kayu dilapis oleh cat, plitur, atau pernis sehingga mudah untuk diperbarui bila warna cat sudah kusam.
  2. Tahan terhadap beban berat dari benda yang diletakkan di atasnya.
  3. lebih tahan terhadap terpaan air dan kelembaban karena terdiri dari serat kayu yang terkait kuat secara alami.
  4. mudah dalam perawatan
  5. Memiliki tampilan estetika asli yang natural dan sangat menarik

Selain memiliki berbagai kelebihan tersebut, kayu solid juga memiliki kekurangan yang harus Anda tahu. Kekurangan:

  1. Perlu tenaga dan ruang lebih bila akan dipindahkan karena pada umumnya setiap bagian dari jenis mebel ini disatukan dengan paku, sekrup, atau pasak kayu yang tertanam secara permanen, jadi bila akan dipindahkan memerlukan tenaga lebih untuk dapat pindah ke tempat lain.
  2. Pada umumnya memiliki bobot yang berat sehingga agak menyulitkan saat akan dipindahkan.
  3. Harga yang relatip lebih mahal bila dibandingkan mebel yang terbuat dari bahan particle board, hal ini wajar karena semakin hari bahan kayu akan sulit didapatkan karena semakin sempitnya lahan yang dipakai untuk menanam pohon.

Particle Board yang Banyak Digunakan Furniture Masa Kini

Partikel board adalah suatu bahan tiruan kayu yang dibuat dari serbuk bekas penggergajian kayu yang dipadatkan/dipress dan diberi perekat agar menjadi bentuk seperti kayu, umumnya seluruh permukaannya dilapisi dengan bahan sejenis kertas agar terlihat lebih indah. Partikel board biasanya digunakan untuk lemari olympic.

Particle board yang biasa disebut kayu Olympic ini tergolong dalam engineered wood. Dinamakan demikian karena material tersebut dihasilkan dari suatu proses tertentu. Selain particle board, jenis engineered wood yang lain adalah MDF, HDF, dan teakblock.

Menghilangkan Jamur Pada Kayu Olympic

Karena tidak didapatkan dari potongan batang pohon, engineered wood sudah tak memiliki kekhasan kayu spesiesnya. Kayu-kayu ini kehilangan warna alami dan pola serat yang khusus. Selain itu, dari segi ketahanannya, material seperti ini juga lebih lemah dari kayu solid. Sebab terbuat dari serbuk atau serpihan dan tak memiliki zat atau resin alami yang bisa memberikan proteksi terhadap hama.
Berikut ini kelebihan dan kekurangan furniture dari particle board atau kayu Olympic.

Kelebihan:

  1. Memiliki bentuk yang bermacam-macam dan model yang indah-indah.
  2. Mudah dalam bongkar pasang, maksudnya adalah bila kita akan memindahkan mebel yang terbuat dari particle board maka tidak perlu diangkat semuanya tetapi kita dapat melepaskan setiap bagian dari lemari lalu dibawa ke tempat yang dituju lalu semua bagian yang tadi dilepas dapat dipasang kembali dengan menggunakan sekrup.
  1. Harga yang lebih murah dari mebel yang terbuat dari kayu

Kekurangan:

  1. Mudah rapuh, jenis particle board akan mudah hancur bila lembab atau terkena air, kayu pres yang terkena air atau lembab lama -lama akan melengkung lalu patah. Selain itu juga mudah ditumbuhi jamur permukaan atau mold, untuk itulah kita harus mengetahui cara menghilangkan jamur di kayu olympic.
  2. Tidak tahan terhadap beban berat, mebel yang terbuat dari particle board sangat lemah karena tidak memiliki serat-serat kayu yang saling berhubungan tidak seperti kayu yang diambil langsung dari pohon yang memiliki keterikatan serat yang kuat.
  3. Mudah terserang jamur, kebanyakan mebel yang terbuat dari particle board dilapisi oleh sejenis kertas yang ditempelkan dengan lem, oleh karena itu sangat mudah didiami oleh jamur.
  4. Penggunaannya harus lebih hati-hati karena partikle board sangat mudah hancur bila terbentur, selain itu kita juga harus lebih hati-hati pada bagian pintu lemari karena bagian engselnya tidak kuat tertancap pada kayu pres, bila kita kurang hati-hati maka engsel tersebut akan terlepas dari particle board, seperti telah Saya terangkan di atas bahwa particle board kurang memiliki ikatan serat yang kuat sehingga skrup pada engsel mudah sekali terlepas, bila sudah demikian maka akan sulit untuk memasang sekrup.

Kenapa Furniture Kayu Olympic Lebih Rentan Terserang Jamur?

Menghilangkan Jamur Pada Kayu Olympic

Alasan kenapa mebel kayu pres seperti particle board lebih rentan terserang jamur sudah dibahas di atas secara sekilas. Agar lebih jelas, silahkan simak poin-poin di bawah ini.

  1. Kayu olahan sangat mudah menyerap air. Dengan demikian kayu olahan pun lebih mudah menyerap partikel air di udara saat ruangan sedang lembab. Kelembaban sendiri merupakan salah satu faktor pemicu tumbuhnya jamur.
  2. Kayu olahan terbuat dari serbuk atau partikel kecil yang lebih mudah dimakan hama.
  3. Kayu olahan tak mengandung resin antihama lagi sebagaimana kayu solid.
  4. Kayu olahan tidak memiliki kekerasan lagi sebagaimana kayu solid.
  5. Kayu olahan tidak sepadat kebanyakan kayu solid.

Hal-hal di ataslah yang membuat mebel kayu pres lebih rentan terserang jamur. Mahal, sebetulnya bukan hanya jamur saja yang beresiko tinggi merusak. Hama lain seperti lumut dan rayap pun sangat mengancam furniture dari kayu pres.

Cara Menghilangkan Jamur pada Kayu Olympic yang Efektif

Seperti telah disebutkan sebelumnya, kayu Olympic atau lebih tepat disebut partikel board ini rentan terserang jamur. Dan karenanya, banyak pihak yang telah membagikan cara menghilangkan jamur pada furniture seperti itu. Sayangnya, banyak saran yang diberikan sama sekali tidak efektif dan hanya bersifat “gimmick” saja,

Kebanyakan saran tersebut berisi tips penggunaan bahan alami untuk menghilangkan jamur. Misalnya dengan menggunakan cuka, garam, air perasan jeruk nipis, air beras, dan lain sebagainya.

Pada banyak kasus, tips-tips di atas hanya buang-buang waktu saja. Jamur bukannya terbasmi, namun justru semakin banyak tumbuh disertai dengan kehadiran bakteri pembusuk. Itu disebabkan karena bahan alami yang dipakai kadangkala mengandung zat-zat makanan untuk organisme terkait.

Memang, ada kalanya bahan alami seperti itu (misalny aneka bumbu dapur) bisa membasmi jamur tertentu. Tapi, tidak semua jamur bisa dibasmi dengan cara yang sama. Untuk pembasmian jamur yang tepat pada mebel kayu pres, sebaiknya diterapkan langkah-langkah yang sudah terbukti.

Cara Menghilangkan Jamur di Kayu Olympic

Cara menghilangkan jamur pada mebel olympic dapat Anda ikuti sesuai langkah berikut ini:

Pertama, jauhkan furniture olympic Anda dari tembok, buka jendela agar udara kering dan tidak lembab, karena kelembaban sumber utama tumbuhnya jamur permukaan. Atau keluarkan furniture olympic Anda dari ruangan akan lebih baik, biarkan sinar matahari terkena langsung ke furniture olympic.

Kedua, bersihkan dengan lap basah untuk menghilangkan jamur putih atau jamur permukaan yang biasanya tumbuh di seluruh permukaan kayu.

Ketiga, biarkan kering dan terkena sinar matahari beberapa saat.

Keempat, gunakan obat anti jamur kayu yang berkualitas untuk mencegah tumbuhnya jamur dikemudian hari, karena apabila hanya dibersihkan jika dimasukkan lagi ke ruangan sebelumnya jamur akan tumbuh kembali. Obat yang paling laris di pasaran dan ampuh adalah BioCide SFP, sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengusir jamur selamanya.

Demikianlah cara menghilangkan jamur pada kayu olympic yang berbahan partikel board. Sebuah cara efektif dan ampuh, bukan?

Saran Kami untuk Pelaku Usaha Mebel

Penggunaan kayu Olympic atau lebih tepat disebut kayu engineered wood memang pilihan yang menarik. Di tengah harga kayu solid yang mahal, dan kebutuhan akan mebel yang mudah dikirim via online, produk mebel kayu pres bisa menjadi idaman. Namun tentu saja sebaiknya, pembuatan mebel ini harus dilakukan dengan seksama.

Khusus untuk Anda pelaku usaha mebel, usahakanlah agar furniture kayu pres tersebut lebih tahan jamur. Anda bisa mengusahakan hal ini dengan menggunakan BioCide Surface Film Preservative.

BioCide SFP bisa dicampurkan ke dalam bahan finishing yang diterapkan ke mebel. Dengan cara ini, lapisan finishing menjadi sangat tahan terhadap jamur dan bahkan lumut.

Mungkin beberapa dari Anda ada yang bertanya, kenapa tidak membeli cat yang sudah bersifat antijamur saja? Jawabannya, karena cat seperti itu umumnya sangat mahal. Aplikasi BioCide SFP dengan kualitas perlindungan sangat baik bisa didapatkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Kami juga Sedia Penyerap Kelembaban lho!

Nah, selain menyediakan BioCide Surface Film Preservative, kami juga menyediakan penyerap kelembaban ruangan, Be Dry. Be Dry adalah container desiccant pole yang sangat aktif menyerap partikel air di udara sehingga bisa menurunkan humiditas. Produk ini sangat kami sarankan apabila Anda adalah pelaku usaha mebel dengan kayu Olympic, hingga penjual mebel (pemilik toko).

Be Dry bisa menjadi solusi untuk:

  1. Menjaga kelembaban dalam gudang penyimpanan produk perusahaan mebel Anda.
  2. Menjaga kelembaban dalam gudang toko Anda.
  3. Menjaga kelembaban dalam kontainer selama produk dikirimkan

Be Dry sangat mudah digunakan, hemat, dan juga sangat efektif. Kami juga selalu menyediakan produk ini sehingga Anda bisa memesan sebanyak yang Anda perlukan.

Yuk, Beli BioCide dan Be Dry

Dapatkan BioCide SFP dan Be Dry sekarang juga. Dengan kedua produk ini, Anda sebagai pemilik mebel kayu Olympic atau pelaku usaha bisa tenang karena tak perlu takut serangan jamur.

Untuk pembelian BioCide SFP dan Be Dry, ada dua cara yang bisa Anda pilih. Pertama, cara pembelian secara daring. Anda tinggal memesan ke toko online langganan atau langsung beli di antijamur.net. Silahkan hubungi Customer Service kami untuk pembelian di antijamur.net.

Adapun, cara kedua bisa dilakukan secara langsung. Anda bisa membeli produk kami di Bio Service Point atau di agen-agen kami yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Silahkan hubungi CS kami untuk informasi alamat agen yang paling dekat dengan daerah Anda.

Ringkasan

  1. Terdapat berbagai jenis kayu yang digunakan untuk membuat furniture. Menurut jenisnya, bisa dibedakan menjadi kayu solid dan kayu engineered.
  2. Di kalangan masyarakat, kayu engineered yang paling sering dipakai adalah kayu particle board. Dan acap kali, masyarakat menyebut particle board sebagai kayu olypmpic. Padahal, tidak semua mebel particle board adalah mebel dengan merk Olympic.
  3. Pada umumnya, kayu olahan lebih rentan terserang jamur. Namun di sisi lain kayu ini juga memiliki kelebihan sebagai bahan mebel. Misalnya sifatnya yang ringan dan mudah dipindahkan, serta harganya yang lebih murah.
  4. Untuk mencegah serangan hama jamur pada mebel kayu Olympic, kita bisa menggunakan BioCide Surface Film Preservative.
  5. Sementara itu, untuk perawatan anti kelembaban (baik saat disimpan, dipakai, atau dikirim via kontainer), kita bisa menggunakan Be Dry.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn