Macam-macam Obat Pengawet Kayu Mahoni

kayu mahoni

Dalam proses pengawetan kayu mahoni, obat yang diguanakan atau obat pengawet kayu mahoni berperan besar pada perlindungan yang diberikan. Obat pengawet untuk mahoni sendiri beragam. Bahan-bahan tersebut dipilih berdasarkan ancaman yang dapat menyerang kayu mahogani.

Macam Obat Pengawet Kayu Mahoni

  1. Obat Pengawet untuk Mencegah Jamur

obat pengawet kayu mahoni antijamur

Mahoni tergolong kayu yang mudah terserang jamur. MC (Moisture Content) atau kelembaban kayu yang tinggi membuat kayu ini menjadi sasaran empuk ketika baru ditebang. Bila tidak segera dikeringkan, serangan jamur bisa terjadi dengan cepat. Karenanya, selama menunggu proses pengeringan, sangat disarankan menggunakan obat antijamur Microcide 100/100 EC. Antijamur ini didesain khusus untuk mencegah blue stain fungus yang menjadi momok kayu-kayu log basah seperti mahoni. Sedangkan untuk mencegah jamur pada mahoni yang sudah difinishing, Anda dapat menggunakan Film Preservative FPR36 yang dicampurkan pada finishing water based.

  1. Obat Pengawet untuk Mencegah Serangga

Kayu mahoni juga rentan terserang serangga. Sebut saja hama-hama dari golongan insekta seperti kumbang bubuk, rayap kayu mahoni, pinhole, teter/totor, dll. Karena itu, penggunaan obat pengawet yang fungsinya mencegah serangga sangat diperlukan. Dalam alur woodworking, gunakan obat pengawet antiserangga Insecticide 100 EC pada fase kayu log atau sawn timber.

Cara Mengaplikasikan Obat Pengawet Kayu Mahoni

  1. Vakum Tekan

Merupakan metode paling efektif untuk mengawetkan kayu mahoni dan berbagai jenis kayu lainnya. Caranya, kayu dimasukkan ke dalam ruang pada mesin vakum tekan. Udara dikeluarkan, lalu larutan obat pengawet dimasukkan. Selanjutnya, tekanan di atur agar larutan pengawet merasuk ke dalam substrat kayu.

  1. Perendaman

Teknik perendaman dilakukan dengan cara melarutkan obat pengawet kayu untuk digunakan sebagai bahan perendam kayu-kayu seperti mahoni. Efektivitas cara ini tergantung konsentrasi pengawet dan lama perendaman. Dibanding cara lainnya, metode ini adalah yang paling efektif setelah vakum tekan.

  1. Pencelupan

Teknik pencelupan hampir tak ada bedanya dengan perendaman. Akan tetapi, proses yang dilakukan jauh lebih cepat.

  1. Pengkuasan

Teknik pengkuasan adalah teknik yang efektivitasnya paling rendah di antara cara lainnya. Tapi cara ini juga menjadi cara yang paling mudah dan murah dilakukan untuk mengaplikasikan obat kayu agar awet. Untuk meningkatkan daya serapnya, lakukan pengkuasan lebih dari satu kali.

Demikian macam-macam dan cara mengaplikasikan obat pengawet kayu mahoni. Semoga bermanfaat.

alterntif text
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!