Sekilas Memahami Pengawetan Rotan

Pengawetan Rotan Antijamur

Sebagaimana kayu, pengawetan rotan pun penting dilakukan dalam usaha meningkatkan usia pakai produk tersebut. Sebagai material kerajinan dan furniture sendiri, rotan pada dasarnya memang memerlukan treatment itu. Bahan ini sangat rentan terserang jamur karena kandungan air yang tinggi, densitas rendah, serta tingkat kekerasannya jauh di bawah kayu.

Bukan kasus yang jarang ketika perusahaan yang menggunakan rotan menderita kerugian akibat serangan jamur. Organisme itu pun bukan hanya tumbuh pada rotan yang baru saja dipanen, tapi juga bisa tumbuh pada material rotan yang telah difinishing.

Rincinya, berikut ini dua jenis jamur yang sering menyerang rotan:

  1. Jamur Blue Stain

Adalah jamur noda yang membuat warna rotan biru kehitaman. Ciri jamur ini adalah kesukarannya ketika dihilangkan dengan cara-cara seperti digosok. Umumnya, blus stain terjadi ketika rotan belum dikeringkan dengan baik. Lembabnya substrat rotan memicu jenis jamur ini tumbuh di antara jaringannya.

  1. Jamur Permukaan

Adalah jamur permukaan yang tumbuh akibat kelembaban udara tinggi. Jamur permukaan dapat menyerang pada saat sebelum finishing hingga setelah finishing. Berbeda dengan blue stain, jamur permukaan memang dapat dihilangkan dengan cara digosok. Tapi bila dibiarkan terlalu lama, jamur ini akan masuk ke dalam lapisan cat dan rotan sehingga menimbulkan kerusakan amat parah.

Metode Pengawetan Rotan

Metode pengawetan untuk rotan, sebagaimana kayu dapat dilakukan dengan beberapa cara. Di antara yang paling sering dilakukan adalah pengawetan dengan cara perendaman. Caranya, rotan direndam ke dalam obat pengawet dari golongan antijamur. Dengan demikian, substrat tersebut akan “beracun” pada hama jamur yang menyerang.

Obat Pengawet Rotan yang Bagus

Berikut ini obat pengawetan rotan yang kami sarankan:

  1. Microcide 100/100 EC

Adalah antijamur atau fungisida yang didesain untuk mencegah serangan blue stain. Antijamur ini jauhlebih unggul dari produk lain karena sifatnya yang bisa dilarutkan dengan air maupun solvent, bisa diaplikasikan dengan beragam cara, cost of production murah, dan stabil pada substrat rotan. Namun bila rotan Anda sudah terserang blue stain, gunakanlah pemutih kayu White Agent 250. White Agent akan menyembunyikan noda akibat jamur blue stain yang menyebabkan estetika rotan menurun.

  1. Film Preservative FPR36

Adalah antijamur yang dicampurkan ke dalam cat. Bahan ini didesain dalam sistem water based sehingga lebih ramah lingkungan.

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.