4 Cara Merawat Meja Kantor Kayu, Dijamin Ampuh dan Anti Ribet!

Cara merawat meja kantor kayu memang penting untuk diketahui. Mengingat kegiatan yang dilakukan pada meja tersebut setiap hari saat bekerja tentu dapat menyebabkan berbagai kerusakan fatal jika tidak dirawat dengan baik.

Berbicara mengenai cara merawat meja kantor kayu, tentu ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Bagaimana saja cara tersebut? Simak selengkapnya di artikel ini.

Baca Juga : Simak 5 Tips Merawat Furniture Kayu Sengon Agar Lebih Awet dan Bebas Jamur

Kondisi Meja Kantor Dapat Mempengaruhi Semangat Kerja

Sumber: YouTube Bio Paint

Percaya tidak kalau kualitas dari meja kantor juga akan berpengaruh terhadap kinerja atau semangat kerja kita?

Tentu saja hal ini benar adanya. Bayangkan jika kamu harus bekerja dengan kondisi meja yang tidak nyaman. Misalnya kayu pada meja tersebut sudah keropos, atau ada bagian yang rusak karena benturan dan sebagainya.

Tentunya banyak penyebab kerusakan meja kayu, termasuk meja yang digunakan di kantor untuk bekerja. Maka, sebenarnya menjaga kondisi meja agar tetap aman dan berkualitas adalah hal yang lumrah dan termasuk suatu kewajiban.

Baca Juga : Beragam Kerajinan dari Rotan yang Unik dan Menarik

Karena jika kondisi meja bersih dan kualitasnya terjaga dengan baik, tentu bisa membuat kita lebih nyaman saat bekerja.

Namun, berbicara mengenai kebersihan meja, nyatanya tidak semua jenis meja bisa dibersihkan dengan cara yang sama. Khususnya, jenis meja kantor yang menggunakan bahan dasar kayu.

Penggunaan meja kerja kayu menjadi pilihan favorit banyak orang. Salah satunya karena alasan penggunaannya yang terkesan solid dan tahan lama.

Baca Juga : Mengenal Jenis Rotan di Indonesia

Selain itu, desain dari meja kayu alami juga akan lebih mudah untuk dipadukan dengan berbagai jenis perabot kantor lainnya, sehingga ruang kerja akan tetap terlihat minimalis.

Yang sering menjadi bahan pertimbangan dan akhirnya jadi hal yang dianggap cukup merepotkan adalah proses pembersihannya. Katanya, merawat mebel kayu memang lebih sulit dibandingkan dengan merawat jenis perabot dari bahan lain.

Tapi, apakah faktanya demikian? Yuk cari tahu beberapa tips ampuh merawat meja kantor kayu yang anti ribet.

Baca Juga : Mengenal Teknik Pengawetan Kayu dan Rekomendasi Produk Pengawet Kayu

4 Cara Merawat Meja Kantor Kayu

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat meja kantor kayu, di antaranya adalah 4 cara ini:

1. Rawa Meja Kayu dengan Lap Kain Lembab

bersihkan dengan lap kain lembab

Apakah kamu sering mengelap meja kantor di rumah? Jika jarang, sekarang saatnya untuk mulai mengubah kebiasaan tersebut.

Baca Juga : 5 Model Meja Kayu Unik untuk Percantik Hunian Anda

Sebaiknya, bersihkan meja kayu dengan rutin untuk setidaknya membersihkan permukaan meja minimal seminggu sekali.

Hal tersebut bisa membantu meja kayu terbebas dari jamur sehingga dapat lebih menjaga kualitas meja dengan lebih baik.

Untuk lap kain yang digunakan, kamu bisa menggunakan kain dari bahan microfiber. Karena bahan tersebut dapat digunakan untuk membersihkan berbagai jenis furniture.

Baca Juga : Langkah Mudah Refinishing Meja Kursi Kayu dan Besi dengan Cat Water Based

Karena bahan microfiber akan menghasilkan kain yang lembut, sehingga saat digunakan tidak akan mudah merusak permukaan meja.

Tapi, pastikan juga untuk melembabkan kain terlebih dahulu agar mampu mengangkat semua kotoran di permukaannya.

2. Pakai Sedikit Sabun untuk Mengatasi Noda Lengket

Sabun dan peralatan kebersihan lainnya. Sumber: Freepik

Jika meja kantor sudah tampak kusam dan penuh dengan noda khususnya noda yang lengket, sudah saatnya kamu menggunakan sedikit sabun untuk membersihkannya.

Baca Juga : 5 Tips Menjaga dan Mencegah Peralatan Rumah Berkarat, Jangan Sampai Kecolongan!

Noda lengket pada permukaan meja biasanya muncul karena bekas bagian bawah gelas yang isinya minuman panas ataupun minuman dingin.

Tapi sebaiknya, gunakan cairan semir khusus untuk furniture atau sabun cuci piring yang berasal dari material organik sehingga tidak memiliki kangandungan senyawa kimia.

Lalu, campurkan sedikit sabun cair dengan air kemudian celupkan kain microfiber serta bersihkan meja dengan perlahan. Perlu diingat, usahakan langsung keringkan permukaan meja setelah dibersihkan agar tidak ada bekas sabun yang tertinggal.

Baca Juga : Tips Memilih Kursi Cafe yang Tepat dan Berkualitas

3. Jangan Menyimpan Benda Tajam pada Permukaan Meja

Ilustrasi meja kerja kantor aman. Sumber: Pexels Jess Bailey

Supaya meja kantor tetap dalam kondisi rapi dan bersih, hindari meletakkan benda-benda tajam di permukaan meja. Karena, benda-benda tersebut tentu sangat berpotensi untuk merusak permukaan meja.

Kemudian, pakai rangkaian alat pembersih yang lembut supaya meja tetap aman dan tidak tergores. Tapi, jika memang sebelumnya sudah ada goresan pada meja, gunakan semir atau krayon untuk membersihkannya.

4. Bersihkan dengan Kemoceng Secara Rutin

Ilustrasi meja kerja yang bersih. Sumber: Pexels

Merawat meja kantor tentu harus menjaga kebersihannya pula. Salah satu cara yang paling mudah sekaligus wajib dilakukan adalah menghilangkan debu dari permukaan meja.

Baca Juga : Cara Mengetahui Jenis Jamur Beracun di Rumah

Untuk melakukan hal ini, kamu bisa menggunakan kemoceng secara rutin untuk membersihkannya. Sebaiknya, pilih kemoceng yang menggunakan bulu lembut.

Contohnya kemoceng dengan bahan microfiber yang lembut. Sehingga saat digunakan tidak akan meninggalkan goresan pada permukaan meja kerja.

Demikian informasi mengenai beberapa cara merawat meja kantor kayu paling ampuh dan anti ribet. Kamu bisa melakukannya sehari-hari sesaat sebelum ataupun setelah bekerja.

Baca Juga : Begini Cara Merawat Kayu Meranti

Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya