Lakukan 8 Cara Ini untuk Hilangkan Lumut Membandel di Rumah, Dijamin Ampuh!

Berusaha hilangkan lumut membandel yang muncul di rumah tentu harus dilakukan. Kondisi rumah dengan kelembaban udara yang tinggi akan sangat mempengaruhi kualitas kesehatan.

Pertumbuhan lumut pun sulit dikendalikan jika kondisi udara terlalu lembab. Itulah sebabnya sebagai pemilik rumah, Anda harus mampu mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk hilangkan lumut membandel di rumah.

Cara untuk Hilangkan Lumut Membandel di Rumah

Lumut membandel. Sumber: Pexels

Lumut yang tumbuh membandel di rumah jika dibiarkan saja dapat menyebar hingga membuat lantai dan dinding jadi licin serta kotor.

Baca juga : 4 Cara Merawat Meja Kantor Kayu, Dijamin Ampuh dan Anti Ribet!

Terlebih untuk area sudut yang memang cukup sulit dihilangkan. Namun, tentu ada hal yang bisa dilakukan dan akan memberikan hasil optimal jika dilakukan dengan benar.

Jika rumah Anda berhasil bebas dari lumut, tentu akan membuat nilai estetika terutama tampilannya menjadi semakin menarik. Rumah kesayangan Anda akan lebih terlihat asri dan bersih.

Lantas bagaimana cara efektif hilangkan lumut membandel di rumah? Yuk simak 8 cara ini agar lumut membandel di rumah bisa segera diatasi.

1.      Siram dengan Larutan Garam

Garam. Sumber: Pexels

Jika Anda ingin menyikat lantai atau dinding yang telah ditumbuhi lumut membandel, jangan lupa gunakan larutan garam agar hasilnya dapat lebih bersih.

Siapkan 3 sendok makan garam dapur kemudian campur dengan 2 liter air bersih. Aduk atau kocok hingga merata lalu siramkan larutan garam tersebut ke bagian rumah yang akan dibersihkan dari lumut.

Walaupun memerlukan tenaga yang besar, larutan garam bisa bekerja dengan optimal untuk hilangkan lumut membandel di rumah bahkan dapat mencegahnya untuk tumbuh kembali.

Baca juga : Simak 5 Tips Merawat Furniture Kayu Sengon Agar Lebih Awet dan Bebas Jamur

2.      Cuka Masak

Ilustrasi cuka. Sumber: Freepik

Cuka masak yang memiliki kandungan asam juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan lumut.

Caranya mudah, cukup siramkan sedikit cuka masak pada lantai atau dinding yang sudah menjadi sarang lumut membandel kemudian sikat secara perlahan sampai lumut rontok.

Setelah selesai, seperti biasa jangan lupa untuk membilasnya. Karena jika tidak, sisa  cuka yang digunakan dapat rentan merusak lapisan lantai dan dinding.

Baca juga : Beragam Kerajinan dari Rotan yang Unik dan Menarik

3.      Hilangkan Lumut Membandel di Rumah dengan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring. Sumber: Freepik

Mungkin terdengar sederhana dan kurang meyakinkan, tapi sebenarnya sabun cuci piring memang dapat menjadi cara ampuh untuk hilangkan lumut membandel di rumah.

Larutkan sabun cuci piring menggunakan sedikit air lalu pakai busa yang terbentuk untuk diusapkan pada area yang berlumut.

Jika semua lumut sudah bersih, jangan lupa untuk membilasnya supaya tidak licin setelah dilapisi dengan busa sabun cuci piring.

Baca juga : Mengenal Teknik Pengawetan Kayu dan Rekomendasi Produk Pengawet Kayu

4.      Menggunakan Baking Soda

Baking Soda. Sumber: My Nordic Recipes

Sama halnya dengan cuka masak, baking soda juga mempunyai kandungan asam yang tinggi. Hal ini juga membuatnya bisa dimanfaatkan untuk membasmi lumut membandel.

Caranya, buatlah larutan baking soda dari campuran air dan baking soda, aduk rata. Lalu, oleskan larutan tersebut pada area permukaan lantai dan dinding yang berlumut.

Jangan lupa untuk menggosoknya secara perlahan. Tapi, ada himbauan khusus untuk menggunakan larutan ini.

Sebaiknya larutan baking soda tidak dipakai untuk membersihkan area dengan bahan granit, keramik, dan kayu. Karena bahan ini berisiko dapat menimbulkan keropos dan pengelupasan.

Baca juga : 5 Bahan Alami untuk Membasmi Rayap pada Lantai Kayu, Mudah dan Aman!

5.      Air Kapur

Kapur. Sumber Hello Sehat

Selain asam, kandungan basa juga dapat menjadi bahan yang ampuh untuk membasmi lumut membandel.

Kapur sebagai bahan yang mengandung basa juga mempunyai sifat serupa. Jadi, bahan ini juga bisa membuat larutan air kapur untuk menghilangkan lumut membandel di rumah.

Gunakan larutan air kapur dengan bagian rumah ditumbuhi lumut membandel kemudian tunggu semalaman sebelum membersihkannya.

Larutan air kapur akan membuat tekstur lumut yang tebal menjadi melunak kemudian lebih mudah untuk dibersihkan.

Baca juga : Mengenal Tujuan Pengawetan Kayu dan Tindakan Pencegahan yang Perlu Dilakukan

6.      Air Aki

Pada kondisi darurat, persediaan air aki di rumah juga dapat diandalkan untuk mengatasi lumut membandel.

Caranya, Anda hanya perlu menyiramkan air aki pada bagian rumah yang ditumbuhi lumut membandel kemudian tunggu beberapa jam. Setelah itu, sikat sampai bersih.

Setelahnya, tentu saja harus dibilas agar tidak ada air aki yang tersisa pada area yang dibersihkan. Mengingat bahan kimia dari air aki juga bersifat korosif.

Baca juga : Jenis-jenis Material Pintu dan Bagian Mekanik yang Umum Digunakan

7.      Gunakan Produk Pemutih Baju

Pemutih baju. Sumber: Freepik

Produk pemutih baju juga dapat dipakai untuk mengatasi lumut tebal di rumah. Caranya, campurkan air bersih dengan produk pemutih baju. Gunakan perbandingan 4:1 lalu aduk hingga jadi larutan homogen.

Kemudian, siram larutan tersebut pada bagian rumah yang ditumbuhi lumut sambil disikat sampai bersih.

Adanya bahan kimia yang terkandung pada produk pemutih baju dapat membantu mencegah kemuculan lumut yang tumbuh kembali.

Baca juga : 15 Karakter Pintu Baja, Apakah Lebih Unggul Jika Dibandingkan Pintu Kayu?

8.      Hilangkan Lumut Membandel di Rumah dengan Batu Bata

Batu bata merah. Sumber: Blibli

Batu bata juga bisa dipakai untuk mengatasi lumut membandel di rumah. Caranya, siapkan batu bata seukuran dengan genggaman tangan kemudian gosok pada permukaan yang berlumut.

Meskipun kesannya tidak praktis, pemakaian batu bata sebenarnya cukup efektif. Cara ini juga tidak menyebabkan efek kerusakan pada lantai dan dinding.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya