Apa Itu Silica Gel? Pahami Jenis, Manfaat dan juga Kegunaanya

Pernah Anda mendengar istilah silica gel? Atau anda pernah membeli suatu barang kemudian menemukan sachet kecil di barang tersebut dan anda tidak mengetahui kegunaanya? Mari kita pahami apa bahan tersebut lewat penjelasan di bawah ini.

Mungkin saat membeli sepatu atau barang lainya anda mendapatkan bungkusan kecil yang terselip. Nah bungkusan kecil sachet itulah yang disebut dengan silika gel. Banyak orang yang belum tahu fungsi silika dan jenis jenisnya. Bahkan tak sadar anda juga membuang sachet silika tersebut. Padahal ada banyak sekali manfaat silika yang bisa anda gunakan. Padahal, bahan ini memiliki sangat banyak manfaat lho.

Jenis-jenis Silica Gel Yang Ada Di Pasaran Indonesia

Sebelum membicarakan manfaat silika gel. Ada baiknya kita memahami dulu apa sebetulnya yang dimaksud dengan bahan ini. Gel silica pada dasarnya adalah absorbent chemical yang berjenis gel atau padatan kecil dari mineral alami atau bahan sintetis dan telah diolah sedemikian rupa menjadi manik manik dengan fungsi pengeringan. Umumnya ia memiliki pori-pori antara 2.4 nanometer dan memiliki lingkaran kekerabatan yang kuat dengan molekul air.

Manfaat Silica Gel

Silika gel sendiri merupakan bentuk gel dari sol natrium silikat. Sol ini dapat di dehidrasi sehingga menjadi butiran atau padatan mirip kaca yang tidak elastis namum dapat digunakan sebagai zat penyerap, katalisator, pengering dan mengabsorbsi garam garam kobalt. Manfaat silica gel yang paling utama adalah menyerap kelembaban, menyerap air pada kemasan tertutup.

Secara umum berikut ini poin-poin inti karakteristik gel silika:

  1. Merupakan penyerap kelembaban di mana ia bisa mengikat molekul air dengan sangat baik.
  2. Berbentuk kecil, kadang ada yang berbentuk butiran bening dan biru. Namun kadang berbentuk seperti serbuk mineral berwarna abu-abu.
  3. Bisa mengalami kejenuhan ketika sudah terlalu banyak mengikat air
  4. Di lapangan sering ditemukan dalam sachet kertas dengan tulisan Do Not Eat
  5. Banyak ditemukan oleh masyarakat awam di bungkus produk tas, sepatu, dompet, smartphone, dan lain sebaginya.

Silica telah digunakan selama bertahun-tahun sejak pertama kali ditemukan. Dan karenanya, inovasi produk ini pun telah dikembangkan. Misalnya saja dari jenisnya. Sampai saat ini, ada tiga jenis silica gel yang beredar di pasaran. Masing masing jenis silica memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Nah berikut ini jenis jenis silica gel:

1. Silica gel biru

Jenis silica ini merupakan silica yang dilarang penggunaanya dalam jumlah banyak. Pasalnya proses pembuatan silica biru menggunakan bahan yang cukup bahaya. Silica biru tidak boleh digunakan pada kemasan makanan, obat dan produk atau barang yang sering bersentuhan langsung dengan manusia, seperti pakaian, sepatu, kamera dan lain lain.

Silica-gel-biru

Silica biru hanya digunakan dalam industri mesin dan listrik. Mengapa silica biru berbahaya? Silica gel biru mengandung cobalt cloride yang jika tertelan atau terkontaminasi akan sangat berbahaya. Pasalnya zat ini dapat menormalisasi transportasi protein dalam susuanan saraf sehingga dapat menghambat protein dan degenerasi saraf. Jenis zat aditif pad silica gel biru ini merupakan jenis zat toksik sehingga penggunaan untuk bersentuhan langsung dengan manusia dilarang menggunakan silica gel biru.

2. Silica gel putih

Silika putih atau silica white merupakan jenis silika gel generasi pertama. Jenis ini umum digunakan dalam kehidupan sehari hari. Kita banyak menemuinya dalam kardus sepatu atau tas. Produk ini dibuat dari sodium silikat yang memiliki banyak pori dengan rentang porinya antara 24 nanometer. Sifat alami dari bahan pembuat silika jenis ini menyerap air dan molekul udara.

Bentuk silika putih bening dan berupa manik kecil bulat. Bahan ini tidak berbau, berasa, dan relatif tidak mudah terbakar. Jenis ini banyak digunakan dalam pengawetan serta mencegah arus jangka pendek. Selain itu silika gel putih juga banyak di gunakan dalam bok penyimpanan, mesin, listrik , ruang dokumen, laboratorium dan lain lainya.

3. Silika Jingga

Orange silica atau silika jingga juga merupakan salah satu silika yang banyak digunakan di pasaran. Silika ini pada dasarnya adalah white silica gel yang dimodifikasi. Ia diberikan suatu indicator warna yang dapat digunakan untuk melihat kejenuhannya. Ketika belum jenuh ia berwarna jingga namun ketika sudah jenuh ia berubah warna menjadi biru. Penggunaan indicator warna sangat krusial karena kita kadang tak tahu apakah suatu bahan silika masih aktif dan bisa mengikat air atau sudah jenuh sehingga tak bisa lagi menyerap kelembaban.

4. Silica natural

Silika alami atau silica natural merupakan jenis silica yang banyak digunakan untuk penyerap kelembapan pada kemasan tertutup layaknya makanan dan obat. Jenis silica ini sudah berstatus food grade yang aman bersentuhan dengan makanan. Produk ini juga tidak berbau, berasa dan efektif menyerap kelembapan.

Silica Untuk Tas

Sifat dari silica natural ini tak berbeda dari jenis yang lain, yakni hydrophilic aktif sehingga menjaga kekeringan udara dalam kemasan. Selain itu, produk ini juga dapat mencegah terjadinya arus pendek pada sambungan listrik. Sehingga silica gel natural banyak digunakan juga dalam kemasan obat obatan, kemasan eletronik micro konduktor dan lain lain.

Umumnya kemasan dari silica gel natural pada kertas semi permeable yang mampu menyerap kelembapan udara. Anda dapat menggunakanya pada kemasan kripik, ataupun obat atau botol makanan dan minuman.

Fungsi Silica

Setelah anda tahu jenis jenis silica gel, mari kita bahas cara penggunaan dan pemanfaatan produk ini dengan benar. Nah berikut ini aturan dasar pemakaian silica gel sesuai dengan fungsinya:

1. Silica gel untuk bahan pengawet dalam kemasan

Silica dapat dimasukkan kedalam kemasan barang tersebut. Pastikn menggunakan silica natural jika ajan diletakkan pada kemasan makanan. Pastikan pula kemasan tersebut tertutup rapat tidak ada udara yang masuk.

Silica Gel Untuk Obat Herbal

2. Silica untuk menjaga kelembapan

Gunakan silica white atau natural pada sudut sudut area tersebut. Pastikan kondisi lingkunganya tertutup sehingga udara lembab dari luar tidak masuk. Anda juga bisa memasang higrometer untuk mengecek kelembapan lingkungan tersebut. Tambahkan lagi silika gel jika kelembapan udara terlalu tinggi. Jika tidak anda dapat menggantinya jika kemasn silica gel sudah tidak aktif.

Kira kira berapa jumlah silica gel yang anda butuhkan dalam setiap kemasan ? Hal ini penting utnuk diperhatikan. Secara teori, silica gel dapat menyerap 55 % kelembapan udara dari total beratnya sendiri. Jika sudah mencapai kapasitas daya serap maksimalnya maka silika gel sudah tidak aktif.

Umumnya untuk iklim tropis silica gel yang digunakan untuk kelembapan dibawah 20% adalah setara 500 grm/m3 ruangan. Hal ini tentunya juga tidak bisa berlaku mutlak. Disesuaikan dengan suhu dan tingkat kelembapan pada ruangan saat pemakaian silica.

Misalnya untuk bok sepatuatau dompet kecil anda bisa mengunakan 2-3 pcs silica gel kemasan 1 gram. Tentuya luasan dan volume bok atau wadah penyimpananya harus diperhatikan.

Cara menggunakan silca kemasan sachet sangat mudah. Anda tidak perlu menyobek kemasan sachet silika tersebut. Cukup letakkan silika didalam wadah atau ruangan dimana anda akan menaruh silika. Misalnya silica gel untuk sepatu, dapat anda letakkan saja di dalam bok sepatu tersebut 2 atau 3 pcs kemasan 1 gram.

3. Silika sebagai Antikempal

Fungsi silika yang lainnya adalah sebagai antikempal. Meski untuk kebutuhan ini, diperlukan suatu formulasi tersendiri, dan bukan dalam bentuk sachet yang biasa kita kenal. Kempal sendiri adalah istilah lain untuk gumpal. Fungsi anti kempal sangat krusial untuk beberapa bahan bubuk baik itu bahan material ataupun bahan makanan.

Contohnya saja untuk rempah bubuk. Karena globalisasi, kini produk rempah telah digunakan di berbagai penjuru dunia. Dan untuk keperluan ini, umumnya rempah sudah ditumbuk halus dan dikeringkan.

Namun selama perjalanan dengan kontainer, acapkali terjadi penggumpalan pada bubuk rempah tersebut. Hal ini disebabkan karena naik turun suhu kontainer dan kelembaban yang tidak ideal. Belum lai ketika ada kebocoran. Meski kecil, kebocoran pada kontainer bisa sangat destruktif pada produk di dalamnya.

Bila terlanjur terjadi penggumpalan, produk akan mengalami kerusakan. Bukan hanya jadi tidak halus lagi, pemakaian produk akan lebih sulit. Selain itu, kadang sifat kimia (seperti rasa) produk pun berubah. Rempah yang mulanya bisa membuat makanan menjadi lezat pun tak berguna lagi. Bila sudah demikian, yang rugi adalah produsen rmpah maupun konsumennya. Oleh karena itulah, penting digunakan silica sebagai antikempal.

Silica Gel Untuk Obat Herbal

Bisakah Mengaktifkan Silica yang Sudah Jenuh?

Banyak orang yang menanyakan apakah silica gel mereka bisa diaktifkan kembali setelah jenuh? Well, pada dasarnya, beberapa jenis silika memang dapat diaktifkan kembali. Misalnya saja dengan cara dipanaskan di wajan. Pemanasan tersebut akan membuat molekul air menguap sehingga silika dapat kembali menyerap air.

Namun, cara ini tak bisa dilakukan sembarangan. Tak semua silika juga bisa diperlakukan seperti ini. Bayangkan saja misalnya Anda memanaskan silika lama di wajan. Anda memang berhasil membuatnya tak jenuh. Tapi bisa jadi silika mengalami kerusakan. Atau, setelah dipanaskan di wajan, ia akan dengan cepat mengikat air lagi di udara ruangan tersebut. Bukannya praktis, Anda jadi repot sendiri.

Lebih baik, daripada repot-repot mengeringkan silika, beli saja produk yang sudah dikemas rapi di pasaran. harga silica tidak mahal lho. Jadi Anda tak perlu khawatir.

Kami Menyediakan Silica Gel Terbaik!

Kami di Bio Industries menyediakan produk silica gel terbaik untuk Anda. Produk yang kami sediakan merupakan silika alami yang diambil dan diseleksi ketat dari mineral bahan alam. Produk ini bisa digunakan dan memang telah diandalkan berbagai industri untuk pasar lokal hingga internasional.

Anda bisa mengandalkannya untuk:

  1. Kebutuhan pengawetan makanan. Misalnya untuk pengawetan pada makanan toples dan kue-kue kering yang dibungkus dalam toples hingga wrap plastik.
  2. Kebutuhan anti lembab untuk kerajinan kayu yang hendak diekspor. Kerajinan kayu yang kecil umumnya diletakkan dalam wadah kecil. Selama proses pengiriman, kondisi dalam wadah rentan lembab terpengaruh suhu kontainer. Oleh sebab itulah, dibutuhkan penyerap lembab yang baik, silica gel.
  3. Kebutuhan anti lembab untuk koleksi pribadi. Apakah Anda mengoleksi tas? Sepatu? Dompet kulit? Jam tangan? Bila iya, Anda bisa meletakkan silica secukupnya pada wadah koleksi Anda. Silica akan membantu menjauhkan jamur dari koleksi tersebut.
  4. Penyimpanan produk berlensa seperti kamera, teropong, dan mikroskop yang memang rentan terserang hama jamur.
  5. Penyimpanan dokumen pribadi atau dokumen penting negara. Misalnya arsip suatu daerah hingga arsip sejarah.
  6. Bagi pencinta buku, Anda juga bisa meletakkan silica pada tiap kompartemen lemari untuk penyimpanan buku-buku tersebut.

Dimana Beli Silica Gel?

Anda mencari silica gel untuk makanan, silica gel natural untuk tas, silika gel jakarta atau silika gel yogyakarta dan lainya? Jangan khawatir kini membeli silika gel sangat mudah. Anda cukup order secara online dan menunggu pesanan silika anda datang.

Untuk mendapatkan silica gel natural atau silica gel alami anda dapat menghubungi customer care kami di nomor yang tertera di website ini. Anda bisa menghubungi kontak di bawah artikel ini dengan cara mengirim pesan whatsapp. Selain itu anda juga bisa membeli langsung di marketplace seperti bukalapak, tokopedia dan lazada. Jadi butuh silika gel dimanapun anda berada langsung hubungi saja call centre customer care kami.

Bagaimana dengan membeli secara langsung? Tentu saja bisa. Anda bisa membeli produk ini secara langsung dengan mengunjungi kami di Bio Service Point. Meski Anda harus mengalokasikan waktu Anda secara khusus untuk ke tempat kami, namun Anda jadi bisa melihat produk kami yang lainnya.

Ya, sebab di Bio Service Point kami menyediakan berbagai produk woodworking dan kerajinan yang mungkin membuat Anda tertarik. Kami menyediakan cat water based, lem kertas, lem kayu, pemutih kayu, hingga bahan pengawet untuk kayu. Sangat menarik, bukan? Anda juga bisa langsung berkonsulasti dengan Customer Service dan teknisi kami.

Kerja Sama Lebih Lanjut

Kami siap bekerja sama lebih lanjut dengan Anda. Kami menyediakan silica dengan kemasan-kemasan yang cocok untuk kebutuhan pribadi (seperti untuk kolektor) dan untuk kebutuhan industri. Produk kami telah terjamin kualitasnya dan kami bisa Anda andalkan untuk supply yang lancar dan berkelanjutan.

Silica Gel Untuk Tas Yang Mampu Menyerap Kelembaban Dengan Baik

Silahkan saja hubungi Customer Service bila Anda tertarik melakukan kerja sama lebih lanjut. Tim marketing kami akan memberikan Anda informasi yang lebih jauh. Kami juga siap melakukan triap sekira hal tersebut diperlukan.

Nah, bagi Anda yang ingin menjadi agen atau reseller produk kami, silahkan saja hubungi Customer Service. Pada beberapa kesempatan kami membuka kesempatan reseller untuk mereka yang tertarik.

Kiranya, semoga informasi ini memberikan manfaat untuk Anda, ya. Pada akhirnya kita bisa mengatakan bahwa silica merupakan penyerap kelembaban yang krusial digunakan. Silica berperan menjaga kekeringan udara sehingga jamur tidak muncul, konslet tak terjadi, dan kerusakan akibat humidity lainnya bisa dicegah.

Saat ini, di pasaran tersedia berbagai jenis silika. Ada yang biru, white atau putih, hingga yang natural. Dari jenis-jenis silica gel tersebut, tipe yang paling ideal digunakan ialah yang natural karena food grade namun tetap sangat efektif digunakan.

Kami di antijamur.net menyediakan silica natural untuk Anda dengan kualitas yang sudah teruji di lapangan. Segera dapatkan silika dan nikmati berbagai proteksi yang ditawarkannya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel "Artikel"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.