Kayu dan serat alam lebih mudah terserang jamur jika diletakkan di tempat yang lembab, apabila sudah terlanjur sebaiknya segera aplikasikan obat jamur untuk kayu.

Kayu merupakan hasil sumber daya alam yang sering digunakan untuk kebutuhan bangunan, furniture atau perabotan. Tekturnya yang kuat dan awet menjadi alasan utama dipilihnya kayu sebagai bahan baku untuk furniture dan bangunan. Selain itu, memiliki tampilan serat yang indah sehingga ini lah hal yang berbeda dari media lainnya jika digunakan untuk furniture.

Furniture dengan media kayu sampai saat memiliki peminat yang tidak sedikit sehingga produksinya pun semakin bertambah. Namun, perlu diingat bahwa kayu untuk furniture tidak seutuhnya dapat bertahan dari serangan jamur atau mikroorganisme perusak kayu lainnya karena beberapa faktor. Apabila furniture kayu sudah terserang jamur, sebaiknya aplikasikan obat jamur untuk kayu dengan segera.

Jamur Yang Sering Muncul Pada Kayu

Indonesia merupakan salah satu negara yang penghasil kayu terbesar di dunia sebab banyaknya sumber daya alam yang tersedia. Bahkan varian dan jenisnya pun beragam sehingga banyak industri memilih jenis kayu untuk digunakan sebagai furniture berdasarkan harga, kualitas dll. Tidak seperti kayu jati yang dapat bertahan dari serangan jamur, bakteri ataupun serangga, jenis kayu lainnya justru lebih mudah terserang jamur. Maka dari itu, biasanya industri kayu akan mengaplikasikan obat jamur untuk kayu setelah kayu ditebang agar kayu tidakĀ  mudah terserang jamur ketika dismipan atau sudah dibentuk menjadi furniture. jamur yang sering mengancam kayu yang baru saja ditebang adalah blue stain. Jamur tersebut akan menyerang warna serat kayu sehingga akan mengganggu tampilan sekaligus menyebabkan harga kayu turun.

Sedangkan kayu yang sudah dibentuk menjadi furniture pada umumnya lebih rentan terserang jamur permukaan. Biasanya jamur ini terlihat seperti busa berwarna putih, dan mudah ilang ketika di lap namun jamur akan muncul kembali walaupun sudah di lap. Cara yang tepat adalah dengan mengaplikasikan obat jamur untuk kayu.

Obat Jamur Untuk Kayu

Obat anti jamur akan berkerja lebih cepat jika dilakukan sebelum kayu diproses menjadi furniture atau bangunan. Sebab, obat tersebut dapat masuk ke dalam serat kayu dengan sempurna dan bagus untuk pencegahan dari tumbuhnya jamur. Gunakan obat jamur yang menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan seperti BioCide. Obat ini mengandung bahan aktif yang sangat efektif untuk mencegah dan menghilangkan jamur, bakteri, dan mikroorgnisme perusak kayu lainnya.

Jika biasanya Anda menjumpai obat jamur untuk kayu menggunakan solar atau bensin, BioCide cukup menggunakan air sebagai campurannya. BioCide dapat menggunakan air karena obat ini menggunakan sistem water based. Sehingga Anda tidak perlu lagi untuk membeli bahan kimia seperti solar sebagai campurannya selain itu karena hanya menggunakan air maka biaya produksi Anda akan lebih hemat.

BioCide dapat diaplikasikan dengan cara di oles, injeksi, semprot, rendam ataupun vakum tekan. Biasanya industri kayu yang menggunakan rendam dan vakum tekan bertujuan untuk mencegah agar jamur tidak mudah tumbuh ketika disimpan ataupun telah digunakan untuk furniture. Sedangkan injeksi, oles dan semprot digunakan untuk menghilangkan jamur yang sudah terlanjur tumbuh pada kayu.

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika mengaplikasikan obat jamur untuk kayu ini diantaranya adalah

  1. Simpan di tempat kering dan jauhkan dari jangkauan anak-anak
  2. Ketika mengaplikasikan obat anti jamur, dilarang untuk makan dan minum
  3. Gunakan alat pengamanan diri seperti masker, sarung tangan, sepatu dan pakaian khusus kerja
  4. Jangan membuang obat jamur ini ke dalam air yang mengalir

Walaupun obat jamur untuk kayu dikategorikan obat yang ramah lingkungan, tetap saja Anda perlu memperhatikan dari segi keamanan. Sebab obat ini juga mengandung bahan yang menyebabkan iritasi dan keracunan baik melalui mulut, kulit atau pernafasan.

Pastikan Anda memperhatikan segi keamanan pekerja dan orang sekitar Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.