5 Hal Supaya Kayu Bak Truk Awet

Perhatikan 5 hal ini supaya kayu bak truk Anda awet dan tahan lama. Aplikasi kelimanya juga dipastikan membuat usaha jauh lebih lancar.

kayu-bak-truk

Pemanfaatan kayu memerlukan persyaratan tersendiri tergantung aspek yang harus dipenuhi. Contoh, penggunaan kayu untuk indoor tak memerlukan ketahanan sebaik penggunaan kayu untuk outdoor. Dari berbagai pemanfaatan kayu sendiri, penggunaan bahan tersebut sebagai konstruksi alat transportasi adalah salah satu yang paling “menantang”. Misalnya kayu untuk bak truk.

Bagaimana tidak? Sebagai bagian dari alat transportasi besar seperti truk, kayu bukan hanya terkena guyuran hujan dan panasnya matahari, melainkan juga kondisi yang berubah-ubah di tiap daerah yang dilalui. Bila kayu untuk kebutuhan ini dipilih sembarangan, maka jelas kerusakan akan terjadi cepat.

Padahal, sekedar memilih kayu yang baik saja pun sebenarnya tidak cukup. Perlu dilakukan beberapa usaha ekstra supaya bahan itu tidak mudah rusak.

5 Usaha Supaya Kayu Bak Truk Awet

Pemilihan Kayu yang Berkualitas

Sebagaimana disebut di atas, untuk kebutuhan ekstrim seperti kayu untuk truk, maka ketahanan material tersebut harus benar-benar baik. Pilih jenis kayu yang tahan lama seperti merbau dan mahoni.

Pengawetan Kayu

biocide-wood-fungicide

Langkah kedua membuat kayu bak truk awet adalah dengan mengobatinya. Treatment pengobatan dilakukan secara sederhana dengan meresapkan pestisida ke dalam kayu. Dengan cara ini, diharapkan material tersebut tak mudah rusak akibat totor, jamur, lumut, hingga bakteri pembusuk. Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide sebagai antiserangga dan BioCide Wood Fungicide sebagai antijamur.

Pengecatan

Aplikasi finishing atau pengecatan akan menciptakan lapisan yang melindungi kayu. Dengan cara ini, maka kayu tak langsung terpapar hujan, panas, jamur, hingga serangga perusak. Namun, pastikan membeli cat dengan kualitas bagus. Pilih clear coat untuk kebutuhan heavy duty dan campurkan BioCide Surface Film Preservative ke dalamnya. BioCide Surface Film Preservative adalah antijamur yang khusus untuk menguatkan bahan finishing water based.

alterntif text

Refinishing

Lapisan cat tidak bisa kita harapkan bertahan seumur hidup. Ada kalanya, cat mengelupas sehingga kayu secara langsung terekspos faktor perusaknya. Untuk itulah, refinishing atau pengecatan ulang wajib diaplikasikan berkala. Memang terkesan merepotkan. Namun dengan sedikit tenaga dan biaya untuk membeli cat, Anda dapat meningkatkan usia pakai bak truk secara signifikan. Dengan kata lain, Anda sedang menyelamatkan diri Anda dari resiko kerugian akibat bak truk mudah rusak tersebut.

Perawatan secara Berkala

Langkah terakhir sebagai usaha agar kayu bak truk awet adalah menerapkan jadwal perawatan yang rutin. Pada tahap ini, bersihkan bak dari kotoran terutama kotoran organik yang kerap menjadi sarang hama. Selanjutnya periksa adakah bagian kayu yang mengalami kerusakan.

Semoga bermanfaat.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!