5 Hal Supaya Kayu Bak Truk Awet

Perhatikan 5 hal ini supaya kayu bak truk Anda awet dan tahan lama. Aplikasi kelimanya juga dipastikan membuat usaha jauh lebih lancar.

Sebelum plastik merajalela, dan pengolahan logam memungkinkan, kayu adalah material yang digunakan manusia untuk berbagai kebutuhan. Kayu dipakai untuk membuat senjata, rumah, jembatan, perahu, dan masih banyak lagi.
Saat ini, ketika plastik, logam, dan bahan lainnya berhasil diolah, kayu pun masih terus dimanfaatkan. Kayu memiliki sesuatu yang tak dimiliki bahan lainnya. Material ini lebih indah (natural), menyehatkan, dan juga ramah lingkungan.

Kayu juga masih digunakan untuk membuat rumah hingga alat transportasi. Namun demikian, satu hal yang harus dipahami bahwa tak semua pohon bisa digunakan untuk kebutuhan profesional. Apalagi untuk kebutuhan heavy duty.

Persyaratan Khusus dalam Pemanfaatan Kayu

kayu-bak-truk

Pemanfaatan kayu memerlukan persyaratan tersendiri tergantung aspek yang harus dipenuhi. Contoh, penggunaan kayu untuk indoor tak memerlukan ketahanan sebaik penggunaan kayu untuk outdoor. Dari berbagai pemanfaatan kayu sendiri, penggunaan bahan tersebut sebagai konstruksi alat transportasi adalah salah satu yang paling “menantang”. Misalnya kayu untuk bak truk.

Bagaimana tidak? Sebagai bagian dari alat transportasi besar seperti truk, kayu bukan hanya terkena guyuran hujan dan panasnya matahari, melainkan juga kondisi yang berubah-ubah di tiap daerah yang dilalui. Bila kayu untuk kebutuhan ini dipilih sembarangan, maka jelas kerusakan akan terjadi cepat.

Padahal, sekedar memilih kayu yang baik saja pun sebenarnya tidak cukup. Perlu dilakukan beberapa usaha ekstra supaya bahan itu tidak mudah rusak.

Namun sebelum membahas usaha-usaha tersebut, mari kita simak dulu kenapa kayu bak truk masih digunakan. Sebab saat ini, lebih populer bak dari bahan non kayu.

Kelebihan Bak Truk dari Kayu

  1. Bak truk alias karoseri kayu jelas lebih eco friendly dibanding kayu dari bahan lain termasuk dari bahan logam. Dan meskipun faktor ini jarang dipikirkan para pelaku usaha, namun poin ini tetaplah merupakan kelebihan yang penting.
  2. Tidak akan berkarat sebagamana karoseri dari bahan logam
  3. Fluktuasi suhu yang lebih terjaga sehingga tak akan merusak produk
  4. Banyak yang harganya lebih terjangkau dibanding yang logam
  5. Lebih ringan sehingga lebih mudah dikirimkan dan digunakan untuk pengangkutan benda-benda yang tak begitu berat
  6. Lebih aman untuk pengangkutan produk bahan makanan
  7. Komponennya bila rusak lebih mudah diganti dengan plank kayu baru

5 Usaha Supaya Kayu Bak Truk Awet

Karoseri bak truk memang memiliki beberapa keunggulan. Nah, untuk membuatnya lebih awet, sebaiknya kita terapkan 5 tips di bawah ini.

alterntif text

Pemilihan Kayu yang Berkualitas

Sebagaimana disebut di atas, untuk kebutuhan ekstrim seperti kayu untuk truk, maka ketahanan material tersebut harus benar-benar baik. Pilih jenis kayu yang tahan lama seperti merbau dan mahoni.

Kayu Bak Truk

Kriterianya sebetulnya jelas. Anda perlu mempertimbangkan 2 hal yang paling krusial. yang pertama kekuatan dan yang kedua keawetan. Selain itu, idealnya kita juga memperhatikan kestabilan kayu. Ingat, ada beberapa kayu yang kembang susutnya tinggi. Kayu-kayu seperti ini seringkali kurang cocok digunakan untuk outdoor sebab fluktuasi kelembaban dan suhu udara di lingkungan luar yang tinggi.

Pengawetan Kayu

biocide-wood-fungicide

Langkah kedua membuat kayu bak truk awet adalah dengan mengobatinya. Treatment pengobatan dilakukan secara sederhana dengan meresapkan pestisida ke dalam kayu. Dengan cara ini, diharapkan material tersebut tak mudah rusak akibat totor, jamur, lumut, hingga bakteri pembusuk. Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide sebagai antiserangga dan BioCide Wood Fungicide sebagai antijamur.

Dalam industri pengolahan kayu sendiri, pengobatan untuk karoseri kayu tersebut termasuk dalam treatment pengawetan. Disebut treatment pengawetan karena tujuannya memang untuk membuat kayu awet. Di antijamur, kami menyediakan BioCide Wood Fungicide.

Dan produk ini bisa digunakan untuk mencegah blue stain serta bakteri pembusuk kayu. Blue stain sebetulnya tak membusukkan kayu dengan cepat. Namun jamur ini bisa membuat tampilan bak truk kotor dengan noda kebiruannya. Bak truk bisa terlihat seperti dinding yang ditumbuhi jamur hitam kotor. Bila Anda penjual karoseri truk, blue stain perlu diwaspadi dengan BioCide Wood Fungicide.

Aplikasi produk ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Anda bisa merendam kayu bak truk ke larutan BioCide, atau sekadar mengoleskannya sebelum memasuki tahapan finishing.

Pengecatan

Aplikasi finishing atau pengecatan akan menciptakan lapisan yang melindungi kayu. Dengan cara ini, maka kayu tak langsung terpapar hujan, panas, jamur, hingga serangga perusak. Namun, pastikan membeli cat dengan kualitas bagus. Pilih clear coat untuk kebutuhan heavy duty dan campurkan BioCide Surface Film Preservative ke dalamnya. BioCide Surface Film Preservative adalah antijamur yang khusus untuk menguatkan bahan finishing water based.

Penggunaan BioCide Surface Film Preservative akan makin penting bila Anda tinggal di daerah dingin. Misalnya, truk tersebut beroperasi di Bandung, Dieng, Malang, pegunungan Papua, area pegunungan di Minahasa, Bukit Tinggi, dan lain sejenisnya. Di daerah yang suhu udaranya dingin, kayu bak truk rentan ditumbuhi jamur dan juga lumut. Biasanya kedua organisme itu tumbuh di area pojok bak di mana barang-barang sering ditumpuk. Nah, dengan pencampuran BioCide Surface Film Preservative ke coating, masalah ini bisa dihindari.

Refinishing

Lapisan cat tidak bisa kita harapkan bertahan seumur hidup. Ada kalanya, cat mengelupas sehingga kayu secara langsung terekspos faktor perusaknya. Untuk itulah, refinishing atau pengecatan ulang wajib diaplikasikan berkala. Memang terkesan merepotkan. Namun dengan sedikit tenaga dan biaya untuk membeli cat, Anda dapat meningkatkan usia pakai bak truk secara signifikan. Dengan kata lain, Anda sedang menyelamatkan diri Anda dari resiko kerugian akibat bak truk mudah rusak tersebut.

Berapa jangka waktu pengecatan ulang dilakukan? Jawabannya sebetulnya tergantung jenis cat yang Anda pakai. Ada cat yang masa pakainya cuma 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, hingga bertahun-tahun. Perlu dipahami bahwa cat untuk outdoor memang biasanya memiliki jangka yang terbatas. Makanya, kita harus selektif memilih.

biocide sfp

Selain warna (base coat) jangan lupa untuk menggunakan juga coating yang baik. Anda bisa memilih coating PU seperti clear varnish BioThane dari Bio Industries atau coating lain dari epoxy hingga akrilik untuk eksterior. Jangan lupa, beri campuran dengan BioCide SFP bila keduanya cocok dicampurkan.

Perawatan secara Berkala

Langkah terakhir sebagai usaha agar kayu bak truk awet adalah menerapkan jadwal perawatan yang rutin. Pada tahap ini, bersihkan bak dari kotoran terutama kotoran organik yang kerap menjadi sarang hama. Selanjutnya periksa adakah bagian kayu yang mengalami kerusakan.

Bagian pojok truk hendaknya benar-benar diperhatikan. Sebab di bagian inilah biasanya menumpuk kotoran dan kelembaban yang tinggi.

Selain itu, bila truk biasa digunakan untuk membawa bahan organic seperti sayuran, seminggu, koraseri hendaknya dicuci dengan menyeluruh. Sebab, bakteri dalam truk bisa menumpuk. Sayur yang diangkut pun bisa terkena bakteri tersebut sehingga mudah busuk dan tidak sehat lagi.

Bagaimana dengan penggunaan poles kayu? Poles kayu adalah produk yang bisa dipakai untuk merawat substrat kayu. Poles kayu berfungsi sebagaimana semir sepatu pada sepatu.

Cara Mengawetkan Kayu Saat Aplikasi Cat Pelitur 1

Anda tentu saja bisa menggunakan poles kayu untuk kayu bak truk. Efeknya akan sangat baik sebab semir bisa memperindah sekaligus memberikan proteksi terhadap kayu koraseri tersebut.

Kami Sedia BioCide untuk Perawatan Kayu Bak Truk

Di atas, kami merekomendasikan penggunaan BioCide antifungal. Yang pertama adalah BioCide Wood Fungicide dan yang kedua adalah BioCide Surface Film Preservative. BioCide Wood Fungicide bisa digunakan untuk mencegah jamur stain dan bakteri pembusuk kayu. Sedangkan BioCide Surface Film Preservative bisa digunakan untuk mencegah jamur pembusuk seperti jamur permukaan dan juga lumut. Kedua produk ini didesain sedemikian rupa sehingga cocok untuk perawatan kayu bak truk alias koraseri.

Beberapa kelebihan BioCide adalah:

  1. Harga lebih terjangkau dibanding kualitas terbaik yang ditawarkannya
  2. Metode penggunaan fleksibel
  3. Lebih aman digunakan dibanding pengawet yang lain
  4. Lebih efektif dan memberikan proteksi lama
  5. Tidak menyebabkan kayu sulit dicat atau bagian logam berkarat

Tertarik membeli pengawet untuk kayu bak truk ini? Silahkan pesan sekarang juga. Pembelian bisa dilakukan dengan pemesanan secara online atau secara langsung. Untuk Anda yang ingin membeli secara langsung, Anda bisa bertandang ke Bio Service Point yang berlokasi di Jepara, Jogja, dan juga Cirebon. Atau, Anda juga bisa membeli via agen kami yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Nah, bila Anda ingin membeli secara online, hubungi saja CS kami. Nanti, Anda akan dipandu oleh CS kami dalam proses pembelian yang cepat, menyenangkan, dan juga transparan.

Simpulan

Dari penjabaran di atas, ada beberapa poin yang bisa kita simpulkan, yakni:

  1. Meskipun plastik dan logam sudah bisa diolah, namun penggunaan kayu tetap tak pernah surut. Bagaimanapun juga kayu memiliki kelebihan yang tak dimiliki oleh material lainnya.
  2. Kayu bisa digunakan untuk membuat berbagai produk. Bahan ini bisa dipakai untuk membuat mebel hingga untuk alat transportasi. Salah satunya adalah untuk membuat karoseri atau bak truk. Saat ini, dua jenis karoseri yang sering ditemukan adalah yang terbuat dari logam dan kayu.
  3. Karoseri kayu memiliki banyak keunggulan mulai dari sifatnya yang lebih ringan, lebih aman, dan juga lebih mudah diperbaiki apabila rusak.
  4. Namun agar pemanfaatannya optimal, kayu bak truk harus ditreatment hingga dirawat dengan baik. Pengawetan, finishing, hingga perawatan perlu dilakukan.
  5. Untuk pengawetan kayu bak truk sendiri, Anda bisa menggunakan fungisida kami BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!