Kayu Tahan Cuaca juga Bisa Dibuat lho!

Apa sih yang Dimaksud Kayu Tahan Cuaca?

Ringkasnya kayu yang tahan cuaca adalah kayu yang memiliki ketahanan terhadap berbagai aspek dalam cuaca kita. Misalnya, memiliki ketahanan pada siraman air hujan, perubahan suhu harian, perubahan kelembaban udara, sinar UV, panas matahari, dan lain sebagainya. Kayu seperti ini tidak mudah terdekomposisi, baik busuk atau kering dan rapuh akibat hal-hal di atas. Hal ini tidak berarti kayu tahan cuaca tidak bisa rusak. Hanya saja, lama usia pemakaiannya jauh lebih panjang dibanding kayu biasa yang tidak tahan cuaca.

Kenapa Kayu Tahan Cuaca Begitu Disukai?

Kayu yang memiliki ketahanan terhadap cuaca disukai karena beberapa hal sekaligus, antara lain:

  1. Kayu memungkinkan digunakan untuk proyek outdoor. Misalnya untuk membuat pagar, tiang, jembatan, sampai garden furniture.
  2. Kayu memungkinkan digunakan untuk elemen moda transportasi misalnya kereta api dan kapal
  3. Kayu yang tahan cuaca secara umum juga memiliki ketahanan pada hama sehingga merupakan kayu yang sangat awet

Khusus poin 3, perlu diketahui bahwa kayu yang tidak tahan cuaca memang seringkali menjadi rentan diserang hama. Bayangkan saja, pada kayu yang mudah busuk terkena air, sudah pasti jamur dan lumut cepat tumbuh bukan? Beda, bilamana kayu tidak mudah busuk meski sering terpapar air. Hama-hama pun lebih kesulitan menyerang material tersebut.

Daftar Kayu Tahan Cuaca

Ada banyak kayu yang bisa digolongkan sebagai kayu yang memiliki resistensi baik pada cuaca. Di bawah ini hanya contoh di antaranya saja.

Jati

Siapa yang tak kenal dengan kayu jati? Hampir semua orang mengenal mengenai teak wood. Di pasar Indonesia ataupun internasional, jati selalu menempati jajaran atas kayu yang populer dan berkualitas. Jati memiliki keindahan yang sangat menawan dan kemudahan diolah. Selain itu, kayu ini tentu saja juga merupakan kayu yang memiliki ketahanan cuaca yang bagus. Bahkan kayu ini juga memiliki resistensi tersendiri terhadap serangan rayap.

Mahoni

Kayu tahan cuaca berikutnya adalah kayu mahoni. Mahoni merupakan kayu yang begitu disukai di Amerika. Beda dengan jati yang berwarna keemasan, kayu ini memiliki warna kemerahan. Namun yang pasti, keduanya sama-sama tergolong kayu yang resisten terhadap paparan hujan sampai terik mentari.

Iron Wood

Dengan densitasnya yang luar biasa, ironwood atau kayu besi menempati daftar kayu tahan cuaca yang tak perlu diragukan lagi. Tak mengherankan, kayu ini banyak digunakan untuk kebutuhan yang tergolong heavy duty. Yang menarik, kayu ini juga memiliki tampilan yang cenderung khas. Sehingga produk yang dihasilkannya pun selalu tampak memiliki keunikan tersendiri.

Cedar

Kayu cedar juga sering disebut sebagai salah satu kayu yang memiliki ketahanan yang baik pada cuaca. Selain resisten, kayu ini pun dinilai memiliki keindahan tersendiri yang tidak dimiliki jenis kayu lainnya.

Nangka

Kayu berikutnya yang bisa dianggap weather resistant adalah kayu nangka. Nangka tergolong kayu buah. Pada masa lalu, sebetulnya nangka banyak digunakan di jawa untuk konstruksi bangunan sampai mebel. Secara tradisional, kayu ini telah dikenal memiliki ketahanan yang baik meski terpapar air dan panas matahari. Saat ini, nangka juga masih digunakan namun dalam jumlah yang lebih terbatas.

Berapa ya Harga Kayu Weather Resistance?

Tergantung. Sebab, yang memengaruhi harga suatu kayu bukan hanya ketahanannya pada cuaca semata. Harga kayu juga dipengaruhi oleh estetikanya, kekuatannya, sampai kemudahannya untuk digunakan. Bandingkan saja misalnya harga kayu jati dengan kayu nangka. Keduanya memiliki sifat resistensi terhadap cuaca yang bagus. Namun di pasaran, jati memiliki popularitas lebih tinggi sehingga harga kedua kayu tersebut pun menjadi berlainan.

Bisakah Kita Mengubah Kayu Mudah Rusak Menjadi Tahan Cuaca?

Beberapa pihak mencoba melakukan pengerasan pada kayu yang pada hakikatnya dilakukan supaya kayu tidak mudah rusak dan tentu saja tahan cuaca. Jadi secara umum, kita memang bisa mengubah atau memodifikasi kayu yang kurang tahan cuaca menjadi lebih tahan. Produk finishing, misalnya. Tahukah Anda bahwa aplikasi finishing bisa membuat produk kayu lebih:

  1. Tahan terhadap air
  2. Tahan terhadap solvent atau minyak
  3. Tahan terhadap panas matahari dan fluktuasi suhu
  4. Tahan terhadap perubahan kelembaban udara
  5. Tahan terhadap aneka jenis hama
  6. Tahan terhadap sinar UV dan berbagai bentuk radiasi lainnya
  7. Tahan terhadap gesekan fisik

Ketahanan tersebut didapatkan karena adanya lapisan finishing akan membuat kayu tidak kontak langsung dengan berbagai faktor yang bisa merusaknya. Jadi kayu tak langsung terkena air, solvent, dan lain sejenisnya. Faktor cuaca seperti suhu dan kelembaban juga tak langsung mengenai kayu.

Selain produk finishing, bahan lain seperti produk pengawet juga bisa dianggap sebagai produk untuk meningkatkan keawetan kayu. Seperti diterangkan di atas, faktor cuaca bisa membuat kayu menurun kualitasnya. Ketika penurunan kualitas ini terjadi, maka serangan hama akan terjadi lebih cepat. Produk pengawet berperan mencegah serangan hama ini.

Yang dimaksud produk pengawet sendiri bisa berupa antijamur atau fungisida dan antiserangga atau insektisida. Baik produk fungisida atau insektisida memiliki fungsi mempertahankan kayu agar tidak dimakan atau dijadikan sarang berbagai organisme. Jadi, produk seperti ini akan menghambat dampak buruk lanjutan pada kayu yang memang tidak weather resistant.

Kami Sedia Produk untuk Membuat Kayu Lebih Awet!

Biocide Sfp

Ingin membuat kayu yang tidak mudah diserang hama gara-gara kayu tersebut bukan kayu tahan cuaca? Kami menyediakan produk pengawet kayu bagus yang bisa Anda gunakan. Produk tersebut adalah BioCide. Terdapat 3 varian BioCide, dengan dua di antaranya kami sediakan di website ini. Keduanya adalah:

  1. BioCide Wood Fungicide untuk mencegah kayu dari jamur noda seperti blue stain, black stain, hingga brown stain.
  2. BioCide Surface Film Preservative untuk mencegah kayu diserang jamur permukaan seperti jamur tempe.

Kedua produk ini akan memberikan perlindungan dari dalam kayu dan dari luar kayu. BioCide Wood Fungicide akan memberikan perlindungan dari dalam kayu anti stain. Sedangkan BioCide SFP bisa digunakan untuk memberikan perlindungan dari permukaan kayu ke dalam kayu. BioCide SFP juga bisa digunakan sebagai campuran bahan finishing. Dengan penambahan produk ini, produk cat Anda akan menjadi cat anti jamur berkualitas premium. Untuk jenis cat yang bisa dicampuri dengan bahan ini, silahkan hubungi CS kami.

Pesan BioCide Anti Jamur Sekarang!

Yuk, segera pesan sekarang juga BioCide SFP dan Wood Fungicide. Anda bisa memesan produk ini di antijamur.net secara langsung lho. Berikut ini langkah-langkah pemesanannya.

  1. Pertama, hubungi dulu kontak CS kami. Nomor kontak CS kami tertera di website ini, baik berupa nomor telepon, WA, email, dan lainnya.
  2. Lakukan pemesanan secara langsung atau Anda bisa bertanya dulu mengenai produk ini.
  3. Untuk melakukan pemesanan secara langsung, kirimkan data berupa nama Anda sebagai pemesan

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.