Bagaimana cara dan langkah-langkah mengecat ulang mebel kayu berjamur?

Pada tiap momen idul fitri, make over rumah adalah salah satu hal yang sering dilakukan. Dan, cara paling mudah untuk melakukan make over pada rumah adalah dengan mengecat ulang furniture yang ada. Tampilan furniture yang seolah baru akan membuat rumah pun terlihat lebih segar. Apakah Anda juga melakukan mengecat ulang pada furniture lawas Anda pada idul fitri kemarin?

CS Anti Jamur

Secara umum, proses pengecatan juga mudah dilakukan. Finishing ulang dapat dilakukan langsung dengan menimpa cat yang lama dengan cat yang baru terutama bila warna cat tersebut solid opaque (non transparan) seperti biru, coklat, hitam, putih, dan lainnya. Atau, bila Anda ingin memperlihatkan hasil yang beda dengan serat asli kayu yang masih nampak, Anda bisa menggunakan cat kayu warna transparan dengan aksen natural. Beberapa produk wood stain bisa dilakukan untuk pilihan terakhir.

Pengecatan ulang sendiri tak hanya memberikan manfaat dari aspek keindahan. Eits, jangan salah! Finishing ulang juga bisa membuat furniture lama menjadi lebih terlindung. Sama seperti makanan dan berbagai benda yang kita kenal, lapisan cat juga bisa memudar dan kehilangan daya proteksinya. Sehingga pengecatan pada produk furniture lama sebetulnya begitu dianjurkan. Dengan mengecat ulang mebel lawas Anda bisa:

  1. Melindungi mebel dari berbagai hama serangga seperti kutu, kumbang bubuk, hingga rayap.
  2. Melindungi mebel dari jamur
  3. Melindungi mebel dari sinar matahari yang bisa menyebabkan kebusukan dan keretakan

Mengecat juga merupakan sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Kegiatan ini bisa dilakukan bersama seluruh anggota keluarga asalkan produk cat yang Anda gunakan aman. Misalnya saja dengan menggunakan cat water based. Cat water based menggunakan pelarut air, bukan thinner. Cat seperti ini tidak memiliki bau pedas menyengat sama sekali. Anak-anak pun bisa bergembira bersama mengecat bersama keluarganya.

Bagaimana Bila Furniture yang Hendak Dicat Berjamur?

jamur belakang lemari

Meskipun mengecat memang mudah sebagaimana disebut di atas, akan tetapi tak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa kendala yang harus diatasi. Salah satu kendala besar sebelum mengecat mebel lawas adalah adanya jamur pada perabot tersebut. Tentu saja, mengecat ulang mebel kayu berjamur memberikan tantangan lebih besar dibanding mebel yang tidak berjamur. Anda tidak bisa langsung mengecat begitu saja di atas permukaan furniture yang berjamur. Bila Anda tetap memaksakan diri, maka yang terjadi adalah:

  1. Noda atau warna jamur akan tetap membayang setelah finishing selesai
  2. Jamur kembali tumbuh dan menyebabkan cat yang baru rusak

Oleh sebab itulah, sebelum mengecat ulang mebel berjamur, disarankan dulu untuk membasmi jamur tersebut. Ingat, pembasmian harus dilakukan, bukan hanya pembersihan. Pasalnya, membersihkan jamur saja tidak akan mengatasi masalah. Untuk beberapa saat, bisa jadi jamur memang akan tak nampak. Hasil finishing Anda pun terlihat demikian bagus. Namun seiring berjalannya waktu, jamur akan tumbuh kembali baik dari struktur lama ataupun dari spora yang masih tertinggal.

Mengecat Ulang Mebel Kayu Berjamur

Solusi Mengecat Ulang Mebel Kayu Berjamur

Untuk melakukan finishing ulang pada furniture yang berjamur, lakukan langkah-langkah di bawah ini yang dimulai dari pembasmian jamur terlebih dahulu.

Pembasmian Jamur

Sebagaimana dijelaskan sekilas di atas, langkah pertama yang diperlukaan untuk pengecatan ulang mebel kayu berjamur adalah pembasmian jamur. Pembasmian bisa dilakukan dengan dua cara. Cara pertama adalah cara mekanis, yakni cara fisik menghilangkan jamur. Misalnya meggosok dan mengamplas bagian yang berjamur. Kedua, adalah cara dengan menggunakan fungisida.

Saran kami, bila jamurnya sedikit, pembasmian secara mekanis bisa dilakukan. Anda bisa saja menggosok area yang berjamur lalu membilasnya menggunakan air. Tapi bila area mebel yang terserang jamur banyak atau jamur terlihat menyerang begitu dalam, maka wajib “hukumnya” menggunakan fungisida. Sebab spora jamur pada kondisi tersebut pasti sangat banyak. Spora mungkin juga sudah tersebar ke berbagai lokasi, sehingga harus benar-benar dimatikan menggunakan fungisida. Bila perlu, kayu direndam beberapa saat menggunakan fungisida baru kemudian dilakukan refinishing.

Perbaikan Warna (Bila Diperlukan)

Apabila terjadi kerusakan warna, Anda boleh saja melakukan perbaikan warna. Perbaikan bisa dilakukan dengan dempul untuk pengecatan solid opaque. Bagi yang masih ingin mempertahankan pola serat kayu, Anda bisa memakai pemutih kayu saja seperti WA 250. WA 250 adalah produk pemutih kayu yang disediakan Bio Industries. Pemakaian produk ini akan membuat warna kayu lebih baik, seragam, dan cerah. Jadi pengecatan ulang mebel kayu berjamur Anda pasti jadi sukses.

Pengecatan (Disarankan dengan Cat Antijamur)

Setelah jamur dibasmi dan kerusakan warna di atasi, aplikasikan finishing yang memiliki ketahanan pada jamur. Ingat, bagaimanapun juga, mebel Anda tersebut pernah ditumbuhi jamur. Artinya, ada resiko terulangnya hal itu kembali. Apalagi ketika penyebabnya adalah lingkungan tempat Anda tinggal di mana spora jamur banyak ditemukan. Proteksi terhadap jamur sudah pasti harus ditambah lagi. Caranya tentu saja menggunakan produk finishing yang memiliki kualitas yang bagus. Disarankan apabila produk finishing tersebut memiliki ketahanan terhadap fungi (antifungal) yang baik.

Anda Butuh BioCide SFP!

Sebagaimana disarankan di atas, sebaiknya untuk pengecatan ulang, Anda menggunakan finishing yang memiliki sifat anti fungal atau antijamur. Jenis finishing apa yang harus digunakan? Merk apa yang recomended? Anda mungkin bertanya mengenai hal tersebut.

Untuk cat kayu transparan, kami sarankan cat air water based yang bagus BioVarnish. Meski merupakan cat air, BioVarnish memiliki kualitas yang baik sehingga tak mudah diserang jamur. Sedangkan untuk pengecatan solid opaque pada pengecatan ulang mebel berjamur yang sudah dibersihkan, Anda bisa mengandalkan cat Orchid. Cat Orchid menyediakan warna-warna cantik seperti putih, ungu, kuning, pink, biru, hijau, dan lain sebagainya.

Ingin menambah proteksi terhadap antijamur? Anda juga bisa menggunakan produk yang kami sediakan di sini, BioCide Surface Film Preservative atau biasa disingkat BioCide SFP. BioCide SFP adalah antijamur yang bisa dicampurkan ke berbagai jenis cat.

Selain bisa dicampurkan di cat, BioCide SFP juga bisa Anda simpan untuk jaga-jaga bila serangan jamur terjadi lagi. Anda tinggal mengoles saja permukaan mebel yang berjamur menggunakan produk ini.

Bagi Anda yang bekerja membuat mebel, Anda akan sangat terbantu dengan produk ini. Anda bisa melakukan antisipasi sekaligus solusi terhadap serangan jamur.

Makanya, segera dapatkan sekarang juga BioCide SFP! Apalagi BioCide SFP adalah produk yang disediakan Bio Industries yang notabene manufaktur produk kimia ramah lingkungan!

Hubungi Customer Service kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut dan juga pemesanan. CS kami akan menyambut Anda dengan ramah dan profesional.

Demikian. Semoga informasi mengenai cara atau langkah mengecat ulang mebel kayu berjamur ini bisa bermanfaat untuk Anda.

CS Anti Jamur