Silica Gel Natural

Silica Gel Natural efektif untuk menyerap kelembaban kemasan dan ruangan tertentu.

Silica gel berbahan alami natural ini merupakan jenis silica gel yang diolah dari bahan mineral alami. Produk ini dikemas dengan kertas/plastik semi permeable.

Silica natural bersifat hydrophilic aktif, food grade, tidak berbau, dan tidak berasa. Produk ini berfungsi untuk menjaga kekeringan udara dalam kemasan tertutup.

Produk Silica berbahan batu zeolith ini banyak digunakan dalam industri farmasi, industri makanan, industri elektronik semi konduktor, sepatu, tas kulit, dll.

Fungsi Silica Gel Natural

Ada beberapa fungsi dari penyerap lembab berbahan alami ini. Berikut fungsi silica gel natural maupun jenis silica lain pada umumnya :

  • Menyerap kelembaban udara

Silica memiliki sifat hidrofilik atau mengikat molekul air yang kuat sehingga sangat cocok digunakan untuk pengering dalam kemasan dan ruangan. Secara alami, batu zeolit sebagai komponen dasar silica mampu mengikat molekul air 55% dari beratnya sendiri.

  • Mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri

Jamur dan bakteri hanya bisa hidup pada kondisi yang lembab. Penggunaan silica gel yang menyerap kelembaban akan menghambat kedua organisme tumbuh.

  • Mencegah proses oksidasi

Proses oksidasi atau pelapukan terjadi makin cepat pada kondisi lembab. Penggunaan produk penyerap lembab alami yang menyerap kelembaban akan menghambat proses tersebut.

  • Mencegah resiko hubungan arus pendek listrik mikro

Silica berbahan alami ini mampu menyerap molekul air yang berpotensi menyebabkan hubungan arus pendek listrik mikro yang bisa berakibat fatal.

Rekomendasi Pemakaian

Secara umum, Silica gel berbahan natural direkomendasikan untuk penyerap kelembaban atau menjaga kekeringan udara dalam kemasan tertutup. Silica gel dengan bahan natural direkomendasikan untuk :

  1. Kemasan industri farmasi dalam bentuk serbuk / powder, pil maupun kapsul
  2. Untuk kemasan makanan kering
  3. Untuk kemasan elektronik micro conductor
  4. Serta untuk kemasan dan penyimpanan produk-produk yang rentan terhadap udara lembab lainnya

Fitur

  1. Bersifat hydrophilic aktif
  2. Food grade, Aman dan tidak beracun
  3. Tidak mudah terbakar
  4. Tidak reaktif
  5. Tidak berasa
  6. Tidak berbau

Petunjuk

Tips Indikator Silica Telah Non-Active Silica natural akan mengalami titik jenuh dan tidak lagi mampu menyerap uap air (H2O) dalam udara jika kapasitas penyerapannya telah mencapai titik maksimal, kondisi ini disebut silica gel non-active. Berikut ini tips sederhana untuk mengetahui apakah Silica telah non-active atau belum.

  1. Buka kemasan kertas pembungkus Silica yang berbahan natural ini dan celupkan butirannya ke dalam air.
  2. Perhatikan,
    • Silica natural yang masih active akan bereaksi terhadap air dengan dramatis dan akan mengeluarkan gelembung-gelembung udara sampai dengan pecah-pecah menjadi serbuk mengendap dalam air. Atau silica akan menyerap air dengan cepat jka kita letakkan air di dekat silica yang kita buka.
    • Jika Silica natural tidak menunjukkan reaksi apapun terhadap air maka dapat dikatakan Silica dengan bahan alami tersebut sudah tidak aktif lagi.
Beli sekarang juga!