Cara Cerdas agar Lensa Awet dengan Silica Gel

Salah satu fungsi silica gel yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah manfaatnya untuk menjaga kondisi lensa. Lensa awet dengan silica gel pun sangat mudah diwujudkan hanya dengan meletakkan bahan itu pada kemasan wadah lensa saja.

Disadari atau tidak, nyatanya kelembaban memang memainkan peran penting dalam proses degradasi suatu produk. Semakin lembab, maka semakin cepat sebuah benda melapuk. Demikian juga semakin kering, maka semakin lambat sebuah benda menjadi lapuk.

Bisa disimpulkan, salah satu cara untuk mempertahankan kualitas suatu produk adalah dengan menjaga kelembaban di sekitarnya. Usaha ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya dengan penggunaan silica gel sebagai humidity absorber.

Silica gel memiliki sifat hidrofilik aktif yang membuatnya dengan cepat menyerap air dari lingkungan di sekitarnya. Dengan begitu, bahan ini akan membuat kondisi udara dan material sekitar yang kering sehingga memperlambat proses pelapukan.

Sifat silica ini membuatnya banyak diandalkan untuk mengawetkan berbagai macam produk. Salah satunya adalah lensa, baik itu lensa kamera, mikroskop, teropong, maupun beragam jenis lensa pada produk lainnya.

Awas Lensa Berjamur!

Penampakan-lensa-berjamur

Penggunaan silica gel pada lensa sama sekali bukan hal yang aneh. Sebab salah satu masalah yang kerap menghampiri para pemilik dan penjual lensa ialah tumbuhnya jamur pada benda itu. Jamur-jamur ini mulanya tumbuh akibat kelembaban yang tinggi. Biasanya lensa akan terlihat keruh lalu lama-lama tumbuh jamur sebagai akibat dari kelembaban tinggi tersebut. Bayangkan bila kasus ini terjadi pada skala industri! Tentu kebangkrutan adalah kata pasti yang akan menghampiri.

Lensa Kamera

Cara agar lensa awet dengan silica gel ini pun sangat mudah diterapkan. Sebab, Anda hanya perlu memasukkan bahan tersebut ke dalam kemasan lensa. Umumnya, perusahaan yang memanfaatkan lensa seperti kamera sudah menyadari betul fungsi silica ini. Saat kita membeli produk kamera baru pun, terdapat silica gel di dalamnya.

Yang mengkhawatirkan justru saat lensa sudah digunakan konsumen. Usia lensa yang sebenarnya bisa dipertahankan sangat lama tidak terwujud karena tidak dilakukannya solusi yang tepat agar material tersebut tidak rusak.

Hanya saja, harus diingat bahwa silica gel juga bisa jenuh. Pada kondisi ini, silica tak bisa digunakan lagi. Ciri silica yang sudah jenuh antara lain tidak adanya reaksi saat bahan tersebut dimasukkan air. Namun Anda tak perlu cemas, sebab selain bisa diaktifkan ulang dengan dipanasi, Anda bisa mendapat silica baru dengan harga sangat murah. Jadi, kalau Anda benar-benar menyayangi lensa Anda, yuk gunakan silica gel sekarang juga! Silahkan hubungi kami via kontak yang disediakan.

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.