Silica Gel Natural untuk Tas Kulit Tidak Ditumbuhi Jamur

Bagaimana caranya agar tas kulit tidak ditumbuhi jamur? Ada berbagai hal yang dapat kita usahakan. Salah satu di antaranya adalah menggunakan penyerap kelembaban dari kelompok silica gel.

Telah lama diketahui bahwa silica gel adalah bahan yang bisa menarik molekul air dalam jumlah besar. Pada ilmu kimia, sifat ini sering disebut sebagai sifat hidrofilik atau suka air. Namun silica bukan sekedar “suka air”. Ia juga bersifat aktif menarik molekul air di sekitarnya, termasuk dari udara ruangan tempat ia diletakkan.

Sifat ini menyebabkan silica gel banyak digunakan sebagai bahan pengawetan beragam produk. Memang, bahan ini tidak berfungsi secara kimiawi seperti pengawet kebanyakan yang kita kenal. Namun dengan sifatnya yang suka mengikat air, secara tidak langsung silica akan menurunkan kecepatan pelapukan sebuah bahan. Bahan ini akan mencegah tumbuhnya jamur, bakteri pembusuk, dan proses dekomposisi lainnya.

Varian Silica Gel

Di pasaran, silica bisa didapat dalam setidaknya 3 varian. Satu varian di antaranya, yakni silica gel natural adalah silica yang terbuat dari mineral alam. Sehingga sifat bahan ini benar-benar aman digunakan. Silica gel natural BioIndustries bahkan telah berstandar food grade atau aman bersentuhan dengan makanan. Jadi, produk ini bisa dipakai sebagai pengawet yang memerlukan syarat keamanan yang baik.

Bisa Digunakan pada Tas Kulit

Tas-kulit

Fungsi silica gel natural juga bisa kita manfaatkan untuk membuat tas kulit awet. Kita tinggal memasukkan saja kemasan kecil produk ini di dalam tas. Hal ini pun sudah sering kita temui saat membeli tas baru bukan? Dengan cara ini, tas kulit yang lebih rentan diserang jamur bisa dipertahankan kualitasnya. Sangat menarik bukan?

Selama ini, industri kerajinan kulit selalu memiliki momok yang sama: jamur. Momok ini pun bukan hanya menghantui produsen, namun juga konsumen pemakainya. Hal ini sulit dihindari sebab sifat kulit memang mudah diserang jamur karena merupakan bahan organik.

Jadi, bahan ini harus diperlakukan sangat hati-hati baik dalam pemakaian dan terutama penyimpanannya. Jangan sampai ia disimpan pada almari yang terlalu lembab. Agar tas kulit tidak ditumbuhi jamur, bagian dalam almari juga bisa kita jaga kelembabannya dengan produk ini. Tapi tentu saja dengan jumlah yang sesuai dengan luas lemari tersebut.

Silica Gel Natural juga Bisa “Jenuh”

Meskipun efektif, namun silica juga bisa mengalami kejenuhan. Biasanya tahap ini terjadi saat sudah terlalu banyak molekul air yang diikat. Untungnya, tahap ini bisa dikembalikan ke tahap awal dengan cara memanaskan bahan tersebut. Atau, Anda bisa melakukan pembelian ulang. Toh, harga produk silica gel natural BioIndustries sangat terjangkau. Jadi, Anda bisa selalu memastikan tas kulit tidak ditumbuhi jamur.

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.