Beragam Manfaat Silica Gel yang Perlu Anda Tahu

Manfaat Silica Gel

Benda kecil yang sering disepelekan bernama silica gel ternyata memiliki beragam manfaat. Manfaat silica gel sangat bervariasi mulai dari membuat pakaian tidak apek hingga menjaga lensa kamera agar tidak mengembun.

Gambar disamping menunjukkan sebuah produk bernama silica gel. Sangat mungkin Anda sudah pernah melihat produk tersebut. Sebab, silica gel banyak ditemukan dalam kemasan produk yang sering kita beli, misalnya kemasan sepatu, tas, dll.

Apa sebenarnya fungsi benda tersebut?

Saat kita buka kemasannya, akan tampak semacam bola kecil berwarna putih, oranye, hingga kebiruan. Meski tampak sepele, bahan ini memiliki sifat aktif menyerap kelembaban (humidity adsorbent). Bahkan satu butir silica gel mampu menyerap 40% molekul air dari keseluruhan massanya.

Jadi, jangan langsung membuangnya begitu saja saat Anda mendapati produk ini. Silica gel dengan sifatnya menyerap kelembaban dapat digunakan untuk:

  1. Meningkatkan pelapukan dan pembusukan
  2. Meningkatkan resiko produk berjamur
  3. Menyebabkan pengkaratan
  4. Menyebabkan pengembunan
  5. Dll

Bila silica gel tersebut masih aktif, Anda dapat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Berikut ini 8 manfaat silica gel yang pasti tak pernah Anda duga.

8 Manfaat Silica Gel Yang Dapat Anda Nikmati

  1. Menjaga Lensa Kamera, Smartphone, dst agar Tidak Mengembun dan Berjamur

Udara yang lembab bisa membuat lensa kamera dan layar smartphone rusak karena mengembun dan berjamur. Karena silica gel dapat menyerap kelembaban, produk ini bisa Anda manfaatkan untuk menjaga lensa hingga layar smartphone.

  1. Menjaga Kualitas Barang Elektronik

Selain dapat digunakan untuk menjaga kualitas dan kondisi lensa maupun layar, silica juga bisa mencegah kerusakan akibat udara lembab pada komponen benda-benda elektronik.

  1. Mencegah Logam Berkarat

Proses oksidasi atau pengkaratan akan meningkat seiring dengan tingginya paparan radikal bebas. Udara yang lembab akan meningkatkan intensitas paparan radikal bebas karena molekul radikal bebas tersebut terbawa air dan menempel di media. Dengan silica gel, level kelembaban udara bisa diturunkan sehingga pengkaratan bisa dicegah.

  1. Menjaga Kualitas Makanan

Silica gel yang food grade juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga makanan agar tidak cepat busuk dan berjamur.

  1. Mencegah Kayu Lapuk dan Berjamur

Produsen peralatan makan maupun mainan dari bahan kayu, hampir selalu menggunakan silica gel saat mengemas produk mereka. Sebab, bahan ini terbukti mampu menyerap kelembaban dalam kemasan.

  1. Mencegah Pakaian Lembab dan Berjamur

Manfaat Silica Gel Buat Pakaian Tidak Apek

Manfaat silica gel lainnya, juga bisa dinikmati untuk kebutuhan dasar sehari-hari. Bahan ini bisa Anda gunakan di lemari untuk menjaga pakaian agar pakaian tidak apek.

  1. Menjaga Kualitas Kertas Dokumen

Punya banyak koleksi kertas dokumen, koran, tabloid, maupun buku bagus? Nah, agar tidak rusak dimakan jamur, tempatkan saja silica gel di tempat penyimpanannya.

  1. Mencegah Kerusakan Material Kulit Asli dan Sintetis

Saat membeli tas dan sepatu, seringkali kita dapati silica gel. Selain untuk menjaga kualitas produk sebelum dibeli, manfaatkan juga bahan tersebut untuk menjaga kualitas tas dan sepatu Anda ketika disimpan.

Demikian 8 manfaat silica gel yang tak diduga-duga. Semoga bermanfaat!

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.