Cegah Jamur Di Box Penyimpanan Dengan Silica Gel

Bagaimana cara cegah jamur di box penyimpanan? Yuk, kita simak kiat-kiatnya di bawah ini. Selain efektif untuk boks wadah buku, tips ini juga bisa diterapkan oleh Anda yang memiliki kamera hingga sepatu kulit.

Buku merupakan benda yang penting untuk pelajar atau mahasiswa untuk menunjang pendidikannya. Begitu banyaknya buku yang dipelajari dibangku sekolah atau perkuliahan membuat barang ini menumpuk. Akhirnya, kebanyakan buku hanya dibiarkan disimpan di dalam box penyimanan saja. Padahal penyimpanan di dalam box seperti ini akan membuat buku mudah berjamur dan bahkan rusak.

Buku yang disimpan dalam box juga akan berbau apek karena jamur dan bakteri tumbuh di dalam ruang yang tidak ada udara. Di dalam box penyimpanan, udara sangat sedikit sekali sehingga memudahkan jamur untuk berkembang dan merusak buku didalamnya. Padahal buku-buku itu nantinya bisa digunakan kembali untuk adik atau saudara yang membutuhkan.

Awas Serangan Jamur

Jamur yang tumbuh pada box akan sangat mengganggu jika tidak segera diatasi. Jamur pada dasarnya merupakan sejenis tumbuhan yang berbentuk mikro atau makro tetapi kadang sangat merugikan manusia apabila tidak ditangani perkembangbiakannya. Box penyimpan buku yang notabene terbuat dari bahan kertas mengandung zat sellulosa yang sangat mudah diserang jamur. Apalagi bila kondisi di dalam kotak tersebut cenderung lembab dan sejuk.

Selain jamur ada juga masalah debu buku yang membahayakan. Penelitian yang dilakukan oleh seorang doctor dari Amerika terhadap pustakawan di perpustakaan umum menemukan bahwa berbagai macam penyakit kulit dan pernafasan timbul akibat dari menghirup udara yang terkontaminasi debu di ruang perpustakaan.

Masalah jamur ini perlu mendapat perhatian yang besar. Bakteri dan jamur yang tumbuh didalam box penyimpanan begitu kecil, sehingga tidak mudah dilihat dengan kasat mata. Jamur ini dapat membusukkan selulos dan kertas. Biasanya kertas berubah menjadi kuning, coklat atau bintik-bintik hitam.

Di samping membusukkan selulosa, jamur juga merusakkan perekat serta melengketkan antara satu kertas dengan kertas lainnya. Jamur tumbuh terutama disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti kelembaban, temperatur dan cahaya. Namun yang paling berpengaruh sebetulnya adalah faktor kelembaban dan temperatur yang tidak stabil.

Faktor lain yang memungkinkan untuk tumbuhnya jamur adalah ruang penyimpanan yang terlalu gelap. Dalam hal ini, jamur ajan menyebabkan timbulnya bintik-bintik coklat pada kertas atau yang biasa disebut foxing dan ini banyak terjadi pada kertas-kertas tua. Bintik tersebut terjadi akibat reaksi kimia dari campuran besi yang terkandung dalam kertas yang disimpan.

Wadah Penyimpanan lain juga Beresiko Terserang Jamur

Selain wadah penyimpanan buku, masih banyak wadah lain yang memiliki resiko kerusakan serupa. Dan hal ini jelas harus diwaspadai. Sebab, pada banyak kesempatan kita memang menggunakan tempat penyimpanan untuk meletakkan benda-benda penting.

penampakan-lensa-berjamur

Salah satu fungsi silica gel adalah menjaga lensa agar tak berjamur.

Misalnya saja untuk meletakkan baju-baju kita. Atau, bila Anda adalah seorang kolektor sepatu kulit, tentunya Anda punya kotak untuk menyimpan barang hobi Anda tersebut bukan?

alterntif text

Beberapa benda seperti barang elektronik juga membutuhkan penyimpanan tersendiri. Contohnya saja kamera. Agar tidak rusak, banyak orang yang meletakkan kamera dalam suatu boks atau wadah khusus bila sedang tidak digunakan.

Memang, menyimpan benda dalam kotak merupakan sesuatu yang lumrah. Namun sekali lagi, kita harus waspada terhadap serangan jamur di box penyimpanan tersebut. Bila kita tak hati-hati, kita bisa menderita kerugian yang tak sedikit.

Bayangkan saja apa jadinya bila lensa kamera Anda ditumbuhi jamur yang mengerak! Atau, bayangkanlah bila koleksi tas dan sepatu kulit Anda ditumbuhi jamur akibat kelembaban dalam box yang tinggi.

Tak ingin hal tersebut terjadi bukan? Kebanyakan pasti menjawab tidak. Dan, karenanya, sebaiknya kita mencari solusi yang tepat untuk mencegah sejak dini kerusakan produk yang disebabkan oleh serangan jamur. Contohnya saja beberapa tips di bawah ini. Yuk langsung saja disimak tips cegah jamur di box penyimpanan.

Tips Untuk Menghindarkan Jamur Pada Box Penyimpanan

  1. Tidak menyimpan barang terlalu penuh

Ketika Anda menyimpan buku didalam box penyimpanan buku, sebaiknya jangan menyimpan terlalu penuh agar buku-buku dapat udara dan tidak terlalu lembab. Jika buku terlalu rapat diletakkan, maka kemungkinan buku-buku akan menjadi lengket satu sama lain.

Hal ini juga berlaku saat Anda menyimpan produk lainnya. Hindarilah meletakkan produk terlalu berdempetan. Pasalnya, kerapatan yang berlebih biasanya menyebakan udara yang lebih lembab dan panas. Alhasil, spora jamur menjadi lebih banyak tumbuh.

Selain itu, meletakkan produk terlalu berdempetan juga bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Misalnya saja, salah satu produk Anda diserang jamur. Bila Anda meletakkan produk itu agak jauh dari yang lain, tentu jamur tak akan dengan cepat merambat. Beda bila Anda meletakkan produk terlalu dekat. Pasti jamur akan tumbuh kemana-mana dengan cepat.

Meletakkan suatu barang dengan jarak tertentu juga bisa meminimalisir gesekan lho. Gesekan bisa menyebabkan lapisan produk rusak. Dan lapisan produk yang rusak sangat rentan dimakan jamur. Karena itu, sekali lagi, letakkanlah barang Anda dalam kotak penyimpanan dengan jarak tertentu.

  1. Memberi udara yang cukup

Menyimpan buku didalam box penyimpanan alangkah baiknya diberi sedikit ventilasi untuk udara agar dapat masuk sehingga buku yang disimpan didalam box tetap mendapat udara yang cukup. Udara yang baik diperlukan untuk temat penyimpanan yang tertutup.

Ventilasi juga bisa mencegah tumbuhnya jamur anaerob yang pada umumnya lebih membahayakan. Jamur anaerob bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti alergi dan iritasi kulit.

  1. Berikan bahan penyerap lembab

Untuk mempermudah perawatan buku yang disimpan di dalam box penyimanan, Anda bisa menggunakan bahan penyerap lembab yang diletakkan pada box penyimpanan. Bahan penyerap lembab ini bisa mencegah tumbuhnya jamur akibat suhu udara didalam box terlalu lembab.

Cegah Jamur Di Box Penyimpanan

silica gel natural untuk boks penyimpanan

Menggunakan bahan penyerap lembab untuk mencegah timbulnya jamur pada box penyimpanan merupakan langkah yang cukup efektif dan efisien mencegah jamur. bahan penyerap lembab untuk box penyimpanan bisa menggunakan silica gel natural yang bisa digunakan sebagai bahan penyerap lembab dalam box. Silica merupakan bahan penyerap lembab yang diolah dari bahan mineral alami dan dikemas dalam kertas semi permeable.

Fungsi silica gel adalah sebagai bahan penyerap lembab pada ruangan atau kemasan. Silica gel natural merupakan produk yang aman digunakan untuk menjaga kelembaban pada makanan atau obat-obatan. Silica gel ini menyerap kelembaban tanpa mengubah zat yan dikandungnya. Bahannya dapat menyerap air sehingga ccocok digunakan sebagai bahan penyerap lembab.

Fungsi Silica Gel Natural Ini

  • Menyerap kelembaban udara

Silica natural memiliki sifat hidrofilik atau mengikat molekul air yang kuat sehingga sangat cocok digunakan sebagai pengering untuk kemasan dan untuk ruangan.

  • Mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri

Jamur dan bakteri hanya bisa hidup pada kondisi yang lembab. Penggunaan silica gel yang menyerap kelembaban akan menghambat kedua organisme tumbuh.

  • Mencegah proses oksidasi

Proses oksidasi atau pelapukan terjadi semakin cepat pada kondisi ruangan yang lembab. Penggunaan silica gel ini dapat menyerap kelembaban akan menghambat proses tersebut.

  • Mencegah resiko hubungan arus pendek listrik mikro

Silica gel natural mampu menyerap molekul air yang berpotensi menyebabkan hubungan arus pendek listrik mikro yang bisa berakibat fatal.

Kelebihan Menggunakan Silica Gel Natural

Cegah Jamur Di Box Penyimpanan

silica gel natural untuk mengeringkan boks penyimpanan

  • Bersifat hidropolik aktif yang cukup tinggi
  • Food grade, jadi aman untuk kemasan makanan dan farmasi
  • Tidak berbau
  • Tidak berwarna
  • Tidak berasa

Silica gel dari Bioindustries ini merupakan silica gel foodgrade yang aman digunakan untuk penyerap kelembaban pada makanan. Dan jika digunakan sebagai pencegah tumbuhnya jamur pada box penyimpanan juga bisa. Silica gel natural juga bisa mencegah karat pada logam yang disimpan didalam box buku. Karena sifatnya yang hidrofolik, silica  mampu menyerap molekul air yang diserap dan diubah menjadi gel sehingga tidak akan menimbulkan kebocoran pada kemasan dan tidak mengkontaminasi barang-barang yang ada didalam box. Jika menggunakan silica gel ini untuk box penyimpanan, barang-barang yang disimpan didalamnya akan lebih awet, tidak terkena jamur, dan tidak mudah rapuh sehingga Anda dapat menggunakan kembali buku tersebut tanpa kerusakan yang berarti.

Silica gel natural ini mampu menyerap kelembaban hingga 55% dari berat bersihnya sendiri. Kemasan silica gel natural ini juga sudah dikemas dalam ukuran 1 gr sehingga Anda cukup mengambil beberapa sachet dan meletakkan di box penyimpanan dan Anda tidak perlu repot mengemas sendiri.

Tetapi Anda jangan lupa mengecak indikator titik jenuh pada silica. Cara mengeceknya adalah dengan meletakkan silica pada wadah yang diberi sedikit air. Jika silica masih menyerap air, maka silica gel Anda masih berfungsi. Tetapi jika sudah tidak meresap air, berarti silica sudah tidak berfungsi. Karena jika silica sudah tidak befungsi, maka box penyimpanan Anda kemungkinan akan ditumbuhi jamur dan bakteri yang menjadi pengganggu pada obat-obatan Anda. Maka dari itu rajin-rajinlah mengganti silica gel pada box penyimpanan Anda.

Penyerap Kelembaban Bandung

Bahan yang bisa Anda pakai adalah silica. Silica merupakan bahan yang sangat aktif menyerap partikel air di udara sehingga bisa menurunkan kelembaban. Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti pernah mendapati benda ini. Misalnya, saat membeli sepatu dan menemukan kotak kecil bertuliskan “Do Not Eat.”
Silica bisa mengalami kadaluarsa ketika sudah terlalu jenuh menyerap air. Sehingga ada baiknya Anda membeli silica yang baru sebagai usaha perawatan kotak penyimanan. Dan dalam hal ini, kami menyediakan silica natural untuk Anda. Silica yang kami sediakan diambil dari bahan alam yang sangat aman dan tidak merusak produk.

Penyerap Kelembaban Box Penyimpanan Cocok untuk Usaha Anda

Penggunaan silica sebagai penyerap kelembaban ini juga sangat cocok untuk usaha Anda. Anda bisa mengggunakannya kala mengemas produk dalam suatu boks kecil. Misalnya saja bila Anda memproduksi:

  1. Makanan dalam topleks atau kalengan yang harus selalu kering
  2. Lampu hias kecil dan berbagai produk elektronik sejenis
  3. Aneka produk kerajinan dari kayu, rotan, bambu, dan bahan alam yang lainnya
  4. Aneka produk dari tekstil
  5. Berbagai produk kerajinan aneka bahan, termasuk bahan plastik hingga logam

Produk penyerap kelembaban kami bisa Anda andalkan kala produk dikirim. Sebab, masa pengiriman sangat tidak ideal. Tatkala dikirim box penyimapanan sering kali lembab sehingga memicu konsleting dan pertumbuhan jamur.

Kami juga Sedia Penyerap Kelembaban Ruangan

container desiccant pole

Selain menyediakan silica untuk penyerap kelembaban dalam boks yang kecil, kami sebetulnya juga menyediakan penyerap kelembaban untuk ruangan yang luas. Produk tersebut bernama Be Dry. Penyerap kelembaban ini dapat digunakan untuk ruangan hingga untuk kontainer.

Be Dry bisa digunakan untuk menjaga gudang dari serangan jamur. Misalnya untuk gudang produk kerajinan yang besar seperti patung. Atau, bila Anda mengirim produk dalam kontainer yang tak bisa dikemas dalam bungkus kecil atau dalam wadah yang rapat. Dalam kondisi seperti itu, silica jelas tak bisa dipakai. Yang bisa diandalkan adalah humidity absorber seperti Be Dry.

Beli Sekarang juga Silica dan Be Dry

Mari dapatkan dan gunakan sekarang juga silica dan Be Dry Bio Industries. Kedua produk ini akan bisa mengatasi masalah jamur dan kelembaban pada aneka boks penyimpanan. Pembelian juga bisa dilakukan sangat mudah lho. Anda bisa membeli secara online sehingga tak perlu susah-susah ke Bio Service Point. Proses pembelian via daring sangat sederhana dan akan dipandu juga oleh Customer Service kami yang ramah dan menyenangkan.
Selain itu, pembelian via Bio Service Point tentu juga bisa dilakukan. Silahkan kunjungi saja kami di Bio Service Point yang paling dekat dengan lokasi Anda. Atau, Anda juga bisa membeli lewat agen kami. Informasi mengenai alamat agen kami bisa Anda dapatkan dari CS.

Kurang lebih, itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai cara mencegah jamur di box penyimpanan dengan silica ataupun dengan Be Dry. Dari penjelasan di atas, ada bebarapa poin yang bisa kita ringkaskan untuk Anda:

  1. Dalam berbagai kesempatan, kita memerlukan tempat penyimpanan. Misalnya saja untuk menyimpan buku yang sudah tak dipakai lagi.
  2. Selain buku, kita juga membutuhkan boks penyimpanan untuk meletakkan benda koleksi sampai alat elektronik.
  3. Menyimpan produk dalam kotak penyimpanan memang ringkas, namun harus dilakukan perawatan.
  4. Bila kondisi boks tak dirawat dengan baik, produk yang kita simpan malah bisa berjamur dan rusak.
  5. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya kita menggunakan silica.
  6. Di sini, kami menyediakan silica natural yang jauh lebih aman dan efektif cara kerjanya.
  7. Selain itu, kami juga menyediakan Be Dry sebagai penyerap kelembaban dalam ruangan.

Semoga informasi mengenai cara mencegah jamur di box penyimpanan ini bermanfaat ya!

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn