Lebih Dekat dengan Bubble Wrap dan Manfaatnya untuk Mengemas Barang

Apa sih bubble wrap itu? Dan bagaimana bila kita mengganti fungsinya menggunakan kertas koran saja supaya lebih murah?

Sebagai penyedia silica gel yang penting sekali untuk proses kirim barang, tim antijamur.net sering sekali mendapatkan berbagai cerita dari klien yang kami hadapi. Di antara berbagai cerita yang menyenangkan, ada pula pengalaman-pengalaman yang sama sekali tak mengenakkan.

Salah satunya yang dialami pelanggan kami yang dituntut oleh konsumennya karena mengirimkan ponsel bekas dalam kondisi rusak. Pelanggan kami telah mencoba mengemas produknya dengan maksimal.

Ia bahkan membeli silica gel untuk mencegah ponsel tersebut lembab selama proses kirim. Namun, saat itu ia kehabisan bubble wrap yang biasa dia gunakan. Karena tergesa-gesa, ia kemudian menggunakan kertas koran dalam jumlah banyak.

Pikirnya, hal tersebut cukup aman. Sebab, jarak pengirimannya juga tidak jauh. Namun sesampainya barang di tangan pembeli, ia langsung menerima complain. Setelah ditelusuri ternyata lensa ponsel itu mengalami sedikit retak.

Memang tidak besar, namun jelas tidak sesuai perjanjian jual beli yang sudah disepakati, bahwa lensa ponsel dalam kondisi mulus. Pelanggan kami pun mencoba menghubungi kurir yang digunakan. Namun usahanya sia-sia dan cenderung diabaikan. Mau tak mau, ia harus mengembalikan dana dan menerima ponsel yang sudah rusak itu kembali.

Pengertian

Apa yang dialami pelanggan kami itu, kami yakin bukan sekali dua kali terjadi. Di era transaksi digital seperti sekarang ini, kemampuan packaging atau mengemas barang memang sangat penting bila Anda menekuni bisnis secara online. Salah satunya adalah mengenai pentingnya penggunaan buble wrap.

Bubble wrap adalah sebuah lembaran plastik yang dibuat dengan gelembung udara membulat yang letaknya teratur dan menyebar. Tahukah Anda bahwa pada awalnya, lembaran ini merupakan “produk wallpaper gagal”?

Penemunya semula ingin membuat wallpaper timbul, akan tetapi percobaannya gagal total. Meski sedih, namun sang penemu akhirnya mendapatkan reward atas kerja kerasnya setelah pelapis itu digunakan oleh sebuah perusahaan computer.

kemas produk dengan bubble wrap

Iklan Biothane utama

IBM, perusahaan komputer itu bermaksud mengirimkan produk komputer mereka. Namun mereka masih belum menetukan menggunakan pengemas yang aman. Akhirnya, mereka memilih “wallpaper gagal” itu sebagai salah satu pembungkusnya.
Dan voila! Kini bubble wrap ditemukan di mana-mana. Hampir semua penjual, khususnya untuk benda elektronik dan yang rentan pecah pasti menggunakan pelapis ini.

Fungsi

Lantas apa sebetulnya fungsi dari lembaran berisi gelembung udara ini?

  1. Menahan apabila ada benturan ke produk. Jadi, meminimalisir kerusakan fisik pada produk yang Anda kirimkan tersebut.
  2. Karena berbahan plastik, penggunaan lembaran ini juga bisa menjadi pelindung anti air.
  3. Menjaga bentuk, misalnya pada sepatu. Lembaran ini bisa dimasukkan supaya sepatu selalu terlihat bagus.

Terkait dengan fungsi nomor 1, penggunaan bubble wrap krusial sekali khususnya bila Anda ingin mengirimkan barang elektronik. Barang elektronik seperti laptop, smartphone, hingga ipad memiliki layar. Dan layar ini rentan pecah ketika terkena benturan keras.

Padahal, harga layar tidaklah murah. Kadang, harga elemen ini sampai 50% dari harga total produk. Kerusakan pada layar, dengan demikian, adalah sebuah kesalahan yang teramat merugikan.

Bisakah Menggantinya dengan Koran?

Sebetulnya, untuk pengiriman benda-benda tertentu, penggantian bahan ini dengan koran masih memungkinkan. Namun, Anda harus siap-siap menerimoa resiko buruk akibat penggantian itu.

Anda mungkin tak akan langsung sial seperti yang dialami pelanggan kami. Namun, bukan berarti Anda bisa terus-menerus beruntung. Jadi, bila Anda bertransaksi dengan nilai yang tinggi, kami benar-benar menyarankan untuk tidak mengganti bahan ini dengan koran.

Sekiranya Anda terpaksa sekali, kombinasikan kertas koran dengan plastik. Siapkan kertas koran yang banyak untuk mencegah benturan. Bila Ada Styrofoam, tambahkan Styrofoam. Lalu, untuk melindungi produk dari paparan air, gunakanlah plastik yang ditangkupkan ke keseluruhan produk. Dan agar bagian dalam produk tidak lembab, masukkan penyerap kelembaban silica gel dulu.

Harga Bubble Wrap

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, wajar bila Anda bermaksud membeli buble wrap. Apalagi, harga produk ini juga cukup bersaing dan tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa dibeli.

Agar lebih jelas, berikut ini daftar harga lembaran tersebut.

  1. BW dengan panjang 5 meter kisaran harga Rp 25.000
  2. Buble Wrap dengan panjang 1 m kisaran harga Rp 5.000
  3. Lembaran Roll Kisaran harga Rp 117.000
  4. Lembaran bw dengan ukuran 30 x 50 cm kisaran harga Rp 39.000
  5. Lembaran bw dengan ukuran 50 meter x 60 cm kisaran harga Rp 75.000
  6. Lembaran ukuran 50 meter x 125 cm kisaran harga Rp 105.000

Seberapa Tebal Bubble Wrap Harus Diberikan?

Katakanlah Anda sudah membeli lembaran ini. Lantas, apa? Apakah Anda akan langsung menjadikannya bungkus untuk produk yang hendak Anda kirimkan? Bila iya, seberapa tebal produk ini hendak diaplikasikan?

Untuk pengiriman yang lumayan jauh, bungkuslah produk dengan lembaran ini hingga tebal (misalnya 6 cm). Dengan cara ini, maka berbagai resiko yang sifatnya merusak bisa benar-benar dihindari.
Adapun, untuk pengiriman jarak dekat yang minim resiko, Anda bisa menggunakan lebih sedikit bbble wrap. Dengan demikian, bahan ini tidak akan mubazir lagi (dibiarkan sia-sia).

Selain Bubble wrap, Anda Juga Butuh Silica Gel!

Penggunaan BW pada akhirnya tak bisa disangkal memang sangat penting. Bahan tersebut bukan cuma bisa menahan benturan, akan tetapi juga bisa mencegah eksposi air bila kita menggunakan kardus sebagai kemasan.

Silica Gel Bandung Yang Baik Digunakan Untuk Industri Kerajinan Tangan

Namun, penting untuk diketahui bawa bukan cuma bahan ini yang krusial dalam proses pengemasan yang ideal. Bahan lain yang tak kalah penting digunakan adalah silica.

Pernahkah Anda membeli sepatu baru dan menemukan kotak kecil bertuliskan “Do Not Eat” alias “Jangan Dimakan” di dalamnya? Ketika dibuka, kotak itu berisi butiran bening atau abu-abu. Ya, itulah yang dinamakan silica.

Silica berperan sebagai penyerap kelembaban. Ia dimasukkan dalam wadah sepatu, wadah ponsel, hingga laptop. Fungsinya untuk mencegah terjadinya pelapukan dan jamur pada produk-produk itu. Tanpa silica, produsen bisa merugi, sebab produk mereka akan lapuk sebelum dibeli oleh masyarakat.

Nah, sebagai penjual profesional, mestinya Anda pun menggunakan silica juga. Gunakan silica untuk makanan kering Anda, sepatu kulit, jaket kulit, pakaian pre loved, ponsel, hingga laptop yang hendak Anda jual.

Kami di antijamur.net menyediakan silica terbaik untuk Anda gunakan lho. Sebab silica kami adalah silica mineral alam yang food grade (bisa digunakan pada kemasan makanan). Anda bisa menggunakannya untuk banyak sekali keperluan dari penyerap kelembaban makanan hingga sepatu kulit. Sangat menarik, bukan?

Maka dari itulah, segera kontak Customor Service kami bila Anda tertarik membeli produk kami ya. Kami doakan semoga usaha Anda lancar dengan menggunakan silica gel dan bubble wrap yang berkualitas dan terjamin dengan baik.

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn