Ini 8 Tips dan Cara Kirim Barang yang Aman Sampai Kota Tujuan

Apakah Anda hendak mengirim produk dari satu pulau ke pulau lainnya tapi bingung cara kirim barang yang aman? Kebanyakan dari kita pasti khawatir ketika produk dikirim dalam jarak yang jauh. Kita takut produk itu rusak di tengah jalan. Padahal dengan kedelapan tips di bawah ini, kita bisa menghindari hal tersebut.

8 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Cara Kirim Barang yang Aman

1. Lakukan Pengemasan yang Baik

Pengemasan adalah kunci dari kesuksesan kita dalam mengirim barang. Sayangnya, banyak di antara kita yang benar-benar tak tahu cara mengemas barang dengan benar. Padahal, kuncinya sederhana sekali.

  • Bila menggunakan kardus, jangan ada ruang kosong di dalamnya, karena sudah pasti kardus akan penyok. Sebaiknya isi ruang kosong dengan busa atau kertas sebagai bantalan.
  • Bila perlu kemasan yang kuat, pertimbangkan menggunakan wadah palet kayu, plastik, dan lain sejenisnya.
  • Kemasan juga harus bersih dan bebas dari spora jamur. Sebab, bila ada spora jamur dalam kemasan, bisa-bisa konsumen Anda akan menerima sekotak penuh jamur bukannya rpoduk yang dia inginkan.

2. Masukkan Silica Gel untuk Cara Kirim Barang Bebas Jamur

silica untuk tas
Silica gel yang aman Silica Gel Natural

Tips lain yang perlu diperhatikan sebagai syarat cara kirim yang benar adalah menggunakan silica gel. Silica gel merupakan penyerap kelembaban kecil. Silica akan mencegah produk lapuk, berjamur, dan rusak akibat hubungan arus pendek pada alat elektronik.

Bila Anda hendak mengirim smartphone, makanan kering, obat herbal, kacamata, kamera, kerajinan, tas, sepatu, dan lainnya, jangan lupa masukkan silica ke kemasan produk. Setelah itu, tutup kemasan rapat-rapat.

3. Untuk Barang Besar, Gunakan Container Desiccant

Untuk produk dengan ukuran besar, Anda tidak perlu membungkusnya rapat-rapat. Contohnya untuk mengirim mebel dari Jawa ke Papua. Masa Anda harus mencari kardus atau wadah palet sebesar mebel itu?

penyerap lembab untuk kamar

Untuk kebutuhan ini, kondisi “kemasan” yang harus Anda perhatikan adalah kemasan kontainer. Dan untuk menjaga kelembaban dalam kontainer, gunakanlah beberapa container desiccant.

Container desiccant adalah produk penyerap kelembaban untuk skala ruangan. Anda bisa memasukkan 3 hingga 6 container desiccant sesuai dengan yang disarankan. Udara dalam kontainer pun akan terjaga kekeringannya. Produk Anda bebas dari pelapukan, dan tentu saja, tidak akan ada jamur yang tumbuh. Cara kirim barang dengan container desiccant menjadi sangat penting untuk diaplikasikan.

4. Hindari Kurir Tak Bertanggung Jawab

Sebagus appaun kemasan yang kita buat, tak akan ada artinya bila kurir tak bekerja dengan baik. Kurir idealnya memastikan benda yang dikirimkannya tidak rusak. Mereka harus bisa menjaga kualitas barang dengan baik hingga sampai ke kualitas konsumen.

Namun demikian, kadangkala, realita di lapangan mengatakan sebaliknya. Tak sedikit kurir yang bekerja di bawah SOP. Beberapa masalah juga merupakan masalah sistemik, di mana perusahaan terkait tidak melatih para kurirnya untuk menjaga kualitas barang.

Iklan Biothane utama

Akibatnya, baik Anda ataupun konsumen bisa mengalami kerugian.
Oleh karena itulah, penting sekali untuk memilih jasa kurir pengiriman yang bagus. Belajarlah dari pengalaman sendiri serta kenalan-kenalan Anda.

5. Pastikan Kontainer Aman dan Tak Bocor

Apakah Anda hendak mengirimkan barang dalam jumlah tak sedikit menggunakan kontainer? Apakah Anda ingin mengekspor kerajinan hingga mebel ke luar negeri? Apabila iya, tentu Anda harus memastikan kondisi kontainer pengiriman barangnya aman. Bila perlu, cek sendiri kondisinya di lapangan.

Yang harus dipastikan adalah bahwa kontainer itu tidak bocor. Selain itu, pastikan juga bahwa kontainer dibersihkan dari hama sebelum diberangkatkan. Hanya dengan memastikan kedua hal itulah kita bisa mengatakan bahwa kontainer sudah memenuhi syarat cara kirim barang yang aman.

6. Gunakan Kertas dan Busa untuk Cegah Benturan

Ketika barang Anda dikirim, kadang kala ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Dan hal tersebut tentu sangat mengkhawatirkan. Benturan-benturan fisik menjadi masalah yang jelas perlu diantisipasi selain persoalan kelembaban yang disebut di atas.

Untungnya, tidak begitu sulit mengantisipasi benturan pada barang yang kita kirim. Kita dapat menggunakan busa, bubble wrap, kain, dan bahan sejenisnya untuk menurunkan benturan.

Bila kita masih tidak yakin, gunakanlah kemasan yang lebih kuat seperti dijelaskan pada poin pertama. Dengan demikian, Anda tak perlu lagi khawatir akan kondisi barang meski harus melewati perjalanan sangat panjang sebelum sampai di tangan konsumen.

cara kirim barang

7. Berikan Lapisan Anti Basah untuk Cara Kirim Barang yang Aman

Paparan air karena hujan, kebocoran, atau terkena cairan barang lain bisa merusak produk. Oleh karena itu, penting dalam cara kemas barang yang baik menggunakan lapisan yang tahan air.

Tak perlu membeli pelapis yang mahal kok. Cukup gunakan pelapis plastik saja. Untuk pengiriman jarak dekat dengan resiko rendah, Anda bahkan bisa sekadar menggunakan plastik kresek. Namun untuk pengiriman jarak jauh seperti antar kota dan antar pulau, gunakanlah plastik yang lebih tebal.

8. Pastikan Kemasan Tidak Mudah Terbuka

Tips lain yang tak kalah penting adalah memastikan kemasan tidak mudah terbuka. Sebab terbukanya kemasan hampir pasti akan menimbulkan persoalan sangat besar. Barang bisa rusak secara fisik, tercecer di kendaraan, hingga hilang tanpa kejelasan.

Untuk menutup kemasan sendiri, orang menggunakan berbagai macam cara. Dan ini penting sekali diperhatikan dalam prinsip cara kirim barang yang benar. Ada yang menggunakan lakban, lem, hingga skrup dan paku! Tiap jenis penutupan memiliki plus minus sendiri. Jadi, kita harus memastikan bahwa penutupan kemasan yang kita lakukan sesuai dengan lama kirim barang dan kondisi perjalannya.

Contoh, untuk pengiriman jarak dekat dan untuk benda kosmetik, lakban saja sudah cukup. Namun bila Anda mengirimkan produk kerajinan dan menggunakan kemasan kayu, Anda mungkin perlu adhesive yang lebih rekat.

Kami Sedia Silica dan Conteinar Desiccant untuk Dukung Anda Sukseskan Cara Kirim Barang

Kami menyadari perlunya menerapkan ke delapan prinsip cara kemas barang yang aman sebagaimana disebut di atas. Dan sebagai bentuk dedikasi kami, kami menyediakan dua produk penyerap kelembaban untuk kebutuhan ini. Kedua produk ini adalah silica dan container desiccant.

Produk kami bukan hanya efektif menekan kelembaban dalam kemasan atau kontainer, namun juga sangat aman digunakan. Silica kami saja merupakan silica natural yang dibuat dari mineral alami yang diseleksi ketat. Anda bahkan bisa menggunakan silica kami untuk penyerap kelembaban makanan dengan status food grade.

Produk kami juga sudah lama digunakan berbagai perusahaan yang mengekspor produknya ke luar negeri. Jadi, bila Anda sekadar ingin kirim barang ke luar pulau, Anda sangat bisa mengandalkan silica dan container desiccant kami.

Kontak dan Pemesanan

Informasi dan pemesanan lebih lanjut, silahkan hubungi Customer Service. Anda bisa berkonsultasi, meminta tips penggunaan penyerap kelembaban kami, dan lain sebagainya. Pemesanan juga bisa dilakukan secara daring. Tinggal utarakan saja maksud Anda kepada Customer Service kami.

Atau, bila Anda ingin membeli secara langsung, Anda bisa ke Bio Service Point dan agen-agen kami. Kami selalu sedia produk dalam jumlah besar untuk memenuhi kebtuhan pelanggan. Jadi, Anda selalu bisa mengandalkan produk-produk kami.

Semoga informasi mengenai cara kirim barang ini bermanfaat ya. Update terus informasi menarik lainnya di antijamur.net.

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn