Life Hack! 7 Penyebab Ruang Lembab dan Cara Mudah Mengatasinya

Simak 7 penyebab ruang lembab dan solusinya di bawah ini. Bagi Anda yang dipusingkan karena kelembaban yang tinggi, life hack di bawah ini pasti bisa membantu.

Ruangan yang lembab bisa menyebabkan banyak masalah. Bau yang apek, kulit yang gatal, dan rambut yang mudah kotor adalah beberapa masalah yang sering tidak disadariakibat masalah ini. Bila Anda sudah memiliki buah hati, anak Anda bisa terkena imbas buruk akibat udara yang lembab di dalam rumah. Sedangkan bila Anda punya usaha, kondisi ruangan lembab bisa membuat karyawan tak bekerja dengan maksimal dan kerusakan barang simpanan.

Oleh sebab itulah persoalan ini harus diatasi. Dan kami memiliki 7 tips di bawah ini yang bisa Anda ikuti.

1. Rumah Tanpa Jendela di Perkotaan

Fenomena rumah tanpa jendela atau sedikit jendela makin marak di Indonesia. Hal ini dikarenakan pertumbuhan wilayah urban yang pesat. Dan seperti yang kita ketahui, perencanaan tata kota urban tidak begitu baik di negeri ini. Alhasil, lahir fenomena rumah yang saling berdempetan.

Pada bangunan-bangunan tersebut, jendela bukan hanya tidak mungkin dibuat, namun juga sia-sia. Coba Anda bayangkan, bagaimana caranya membuat jendela apabila dinding rumah kita saja berdempetan dengan dinding rumah yang lain?

Kondisi ini membuat ruangan dalam rumah menjadi sangat lembab. Polusi udara perkotaan memperburuk situasi tersebut.
Solusinya? Ada setidaknya tiga solusi yang bisa kami berikan untuk Anda.

  1. Membuat ventilasi atap sehingga udara bisa keluar masuk lewat atap
  2. Menggunakan AC atau kipas angina agar udara bergerak
  3. Menggunakan container desiccant untuk kamar dan gudang.

Container desiccant adalah produk penyerap kelembaban ruangan. Produk ini sangat efektif menurunkan kadar humiditas dalam rumah Anda. Hubungi CS kami bila Anda berminat membeli container desiccant.

2. Bangunan Dekat dengan Sungai, Sawah, dan Sejenisnya

 penyebab ruang lembab

Tak melulu di kota, penyebab ruang lembab juga bisa dikarenakan ekosistem alamiah seperti sawah, sungai, danau, dan sejenisnya. Tingginya kelembaban adalah hal yang wajar. Sebab bentang alam tersebut menampung air dalam jumlah signifikan sehingga akan terus menerus menguapkan air ke udara.

Gedung bangunan baik rumah, kafe, atau restaurant bisa terkena imbas buruknya meski kita disajikan dengan pemandangan alam indah setiap hari. Lumut dan jamur pun menjadi hama yang sering ditemukan. Solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyebab ruang lembab ini ialah:

alterntif text
  1. Menggunakan coating atau cat yang tahan jamur. Bila Anda merasa cat tahan jamur mahal, beli saja cat biasa lalu campuri dengan BioCide SFP. BioCide SFP adalah fungisida yang bisa dicampurkan ke bahan cat sehingga cat menjadi tahan jamur.
  2. Perawatan produk terutama mebel outdoor dan dinding luar secara rutin
  3. Sedia obat anti lumut dan anti jamur yang bagus serta praktis seperti BioCide Surface Film Preservative.

3. Lokasi di Daerah Pegunungan yang Lembab dan Dingin

Humiditas di daerah pegunungan umumnya lebih tinggi dibanding di daerah dataran rendah. Selain itu, di wilayah ini, suhu udara biasanya juga lebih rendah. Kombinasi temperature yang dingin dengan udara yang lembab memang tidak membuat kondisi sangat pengap seperti yang terjadi di daerah perkotaan.

biocide sfp untuk atasi plafon rumah berjamur

Namun, perpaduan kondisi itu bisa membuat bahan kayu baik itu mebel atau tiang bangunan rentan mengalami pelapukan. Jamur dan lumut pun sangat sering tumbuh. Solusi yang bisa dilakukan untuk penyebab kelembaban seperti ini adalah:

  1. Penggunaan BioCide SFP untuk pencampuran cat supaya mebel dan konstruksi kayu bisa dicat dengan cat yang tahan jamur dan lumut.
  2. Perawatan bagian luar bangunan lebih intens seperti menggunakan Biopolish
  3. Penggunaan mantel untuk garden furniture
  4. Penggunaan silica gel untuk menjaga kualitas koleksi sepatu, kacamata, hingga kamera Anda. Silica tinggal ditaruh saja dalam wadah-wadah benda kesayangan Anda tersebut.

4. Daerah yang Sering Hujan

Apakah Anda tinggal di Bogor? Bogor dikenal sebagai kota hujan. Kelembaban di kota dengan cuaca seperti ini sangatlah lembab. Kadang, gedung bukan hanya terkena udara yang humid namun juga benar-benar basah terkena air. Dengan demikian, bukan cuma udara ruang yang lembab, namun tembok pun lama-lama bisa lembab.

Solusi yang bisa diterapkan dalam situasi seperti ini adalah:

  1. Penggunaan cat tembok tahan bocor khususnya untuk dinding luar ruangan
  2. Penggunaan mantel untuk garden furniture
  3. Perawatan taman supaya tidak jadi sarang nyamuk
  4. Penggunaan BioCide SFP untuk campuran cat kayu dan stone coating supaya lapisan cat tahan lumut dan jamur
  5. Penggunaan container desiccant di gudang dan silica gel untuk kotak penyimpanan koleksi Anda

5. Penyebab Ruang Lembab dari Faktor Iklim Tropis

Secara umum, kondisi iklim di Indonesia memang humid. Dan penyebab kamar lembab ini tidak lain dan tidak bukan karena letak Indonesia di wilayah tropis. Solusi yang bisa diambil? Sama saja dengan cara-cara di atas. Anda hanya perlu mengambil langkah yang paling sesuai dengan kondisi Anda sendiri.

6. Ventilasi yang Salah

Anda mungkin sudah memiliki jendela yang cukup. Tempat tinggal Anda juga bukan di dekat sungai, rawa, atau bukit. Namun kelembaban dalam ruangan masih bisa terjadi lho. Salah satunya karena pemasangan ventilasi yang salah.

Pemasangan ventilasi yang salah bisa membuat udara terjebak dalam ruangan. Kadang, udara juga kurang masuk karena jendela malah diletakkan di area angina berhembus ke arah luar jendela.

Solusi yang bisa diambil? Sudah pasti memperbaiki sistem sirkulasi udara di rumah Anda. Namun bila Anda belum memiliki dana, Anda bisa menggunakan container desiccant dulu di area ruang yang sangat lembab. Gunakan juga silica untuk menyimpan benda koleksi Anda supaya tidak berjamur.

7. Kebiasaan yang Kurang Baik jadi Penyebab Ruang Lembab

Ada banyak kebiasaan yang ternyata menjadi penyebab ruang pengap. Beberapa kebiasaan tersebut antara lain adalah:

  1. Membiarkan anak bermain air di dalam rumah dan tidak segera mengelapnya
  2. Membiarkan atap bocor sehingga rembesannya masuk ke ruangan
  3. Suka memasukkan benda basah ke kamar
  4. Jarang membersihkan dan mengeringkan kasur yang sudah apek
  5. Jarang membuka jendela karena satu atau lain sebab

Kebiasaan-kebiasaan penyebab kamar apek seperti ini seharusnya dicegah. Sebab yang mengalami kerugian akibat ruang lembab adalah diri kita sendiri.

Penutup tentang 7 Penyebab Ruang Lembab dan Cara Mengatasinya

Nah, kurang lebih itulah informasi yang bisa kami bagikan di kesempatan kali ini. Antijamur.net merupakan situs yang selalu siap berbagi mengenai tips-tips menjaga ruangan supaya sehat dan bebas jamur.

Temukan berbagai artikel menarik lainnya di antijamur.net. Bila Anda ingin bertanya soal produk kami, hubungi kontak Customer Service yang telah dicantumkan pada website ini. Semoga bermanfaat!

 

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn