Kamar Apek Bisa Sebabkan Ponsel Rusak, Simak Cara Mengatasinya

Tahukah Anda akibat atau dampak buruk dari kamar yang apek? Ruangan yang lembab dan kotor itu bisa menimbulkan:

Kerusakan Perangkat Elektronik termasuk Kamera dan Smartphone

Penyebab utama apeknya sebuah ruangan sebetulnya adalah kelembaban yang tinggi. Udara yang lembab itu akan bercampur dengan kotoran, spora jamur, dan partikel lainnya. Ahasil, udara menjadi berbau pengap tidak enak.

Tingginya kelembaban sendiri bisa menyebabkan hubungan arus pendek pada alat elektronik. Dalam kasus tertentu, smartphone hingga kamera bisa rusak komponen elektroniknya. Lensa keduanya juga bisa berjamur putih yang sangat sulit dihilangkan.

Kerusakan Bahan Kain dari Baju sampai Kasur

Selain bisa merusak benda-benda elektronik, ruang apek juga bisa emnyebabkan kerusakan pada bahan kain. Pakaian Anda, sprei, sarung bantal, sarung guling, hingga kasur bisa mengalami masalah serius akibat hal tersebut.

Bila dibiarkan berlarut-larut, akan muncul semacam noda kehitaman. Noda tersebut adalah hasil dari kotoran yang menempel dan mengeras dalam udara lembab. Kadang noda bercampur dengan jamur stain yang membuatnya berkalilipat sulit dihilangkan.

Kamar Apek

Kulit Gatal, Rambut Lepek, dan Nafas Sesak akibat Kamar Apek

Pernahkah Anda merasa rambut Anda mudah lepek padahal sudah sering keramas? Mula-mula Anda menyalahkan shampoo yang Anda kenakan. Namun setelah itu, Anda mendapati bahwa teman Anda yang lain menggunakan shampoo yang sama dan hasilnya sangat bagus. Anda pun menyalahkan tipe rambut Anda sendiri.

Padahal, bisa jadi penyebab rambut yang lepek itu adalah kamar apek yang Anda tinggali. Kamar yang lembab dan pengap akan membuat kulit kepala mudah berkeringat. Kotoran pun dengan cepat menempel. Alhasiol, rambut Anda terasa lengket padahal belum lama keramas.

Hal yang sama bisa terjadi pada kulit Anda hingga mata Anda. Kulit Anda terasa gatal, kemerahan, dan kotor padahal Anda rutin mandi dengan bersih. Sebab meski diri Anda bersih, akan tetapi ruang di mana Anda berada sama sekali tidak bersih.

Kamar Apek Sebabkan Mood Turun

Ruangan yang lembab juga bisa berpengaruh pada psikis kita lho. Keberadaan kamar lembab secara umum akan menyebabkan mood seseorang menurun. Akibatnya ia kurang bergairah ketika bangun tidur, atau menjalankan aktivitas seperti belajar di kamar.

Bagi mereka yang menderita depresi, hal ini harus benar-benar diwaspadai. Seseorang yang memiliki depresi umumnya sangat sensitif terhadap penurunan mood. Depresi mereka bisa menguat ketika mereka mendapati dirinya tanpa semangat dan lesu akibat situasi kamar apek.

Jadi, bisa dikatakan bahwa ruangan yang pengap seperti ini bukan hanya mempengaruhi kesehatan fisik kita. Ruangan yang kondisinya jauh dari ideal juga bisa berimbas begitu buruk pada kesehatan mental dan jiwa kita.

Jamur dan Lumut Muncul

Ruangan yang apek adalah surge bagi jamur maupun lumut. Ruangan seperti ini memiliki dua hal yang amat disukai kedua hama tersebut. Pertama, molekul air di udara yang banyak. Kedua, kotoran berupa debu yang mengandung zat-zat makanan.

Akibatnya, jamur dan lumut biasanya tumbuh subur pada tembok, sprei, dan benda lainnya pada ruangan. Munculnya kedua organisme ini pun akan memperparah situasi. Sebab keduanya merupakan organisme yang bisa melapukkan benda-benda. Khusus untuk jamur, sporanya juga sering kali menyebabkan alergi pada banyak orang.

Terus bagaimana cara mengatasinya? Daripada pusing, segera ikuti 7 cara mengatasi kamar apek di bawah ini.

7 Solusi Mengatasi Kamar Apek

Ventilasi

Ventilasi adalah salah satu kunci utama untuk mengatasi masalah ruangan yang lembab dan apek. Ventilasi adalah suatu sarana tempat di mana udara bisa mengalir membentuk sirkulasi indoor dan outdoor. Sistem ventilasi yang baik akan membuat sirkulasi udara yang baik. Dan kabar baiknya, tidak susah lho menerapkan ventilasi yang bagus.

Anda tinggal memasang jendela dalam jumlah yang cukup. Apabila Anda tinggal di wilayah perkotaan yang rumahnya rapat, terapkanlah sistem ventilasi atap. Meski tidak maksimal, setidaknya ia bisa mengurangi tingkat humiditas udara dalam ruangan tersebut.

Container Desiccant

Container desiccant adalah produk penyerap kelembaban yang sangat kami sarankan untuk mengatasi kamar apek dengan efektif. Container desiccant berwujud seperti kotak yang bisa digantung dan memanjang. Dalam produk ini terdapat zat-zat yang dengan aktif menarik molekul air dalam ruangan.

Container desiccant bisa Anda gantung di kamar, almari besar, hingga di gudang yang jarang dibuka. Produk ini juga akan mencegah tumbuhnya jamur dan lumut secara efektif. Sebab, selama inipun, produk ini sudah banyak dipakai untuk penyerap kelembaban selama pengiripan produk dalam kontainer hingga ke luar negeri!

Anda bisa membeli container desiccant di Antijamur.net. Silahkan hubungi CS kami untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan.

Gunakan Silica Gel

Silica gel sebetulnya tidak bisa mengatasi ruang apek seperti container desiccant. Sebab produk ini sangatlah kecil. Tapi produk ini sangatlah berguna untuk menyelamatkan ponsel, kamera, kacamata, hingga sepatu kulit dari udara ruang yang lembab.

Silica Untuk Tas

Ya, sebab silica adalah penyerap kelembaban mini. Anda bisa menggunakannya dengan cara dimasukkan ke dus atau kotak penyimpanan benda-benda koleksi Anda.

Produk ini juga sudah umum digunakan. Coba perhatikan ketika Anda membeli sepatu baru hingga obat herbal. Sering didalamnya terdapat sekotak kemasan silica.

Antijamur.net juga sedia banyak silica lho. Silica kami adalah silica natural yang lebih aman namun sangatlah efektif. Silahkan kontak CS kami bila Anda tertarik dengan produk kami.

Terapkan Kebiasaan yang Baik

Penerapan kebiasaan yang baik juga bisa mencegah fenomena ruang apek. Sebab meski Anda sudah menerapkan langkah-langkah di atas, kamar bisa saja tetap lembab akibat kebiasaan buruk Anda seperti suka menaruh pakaian kotor dan basah dalam jumlah banyak, memasukkan jaket yang terkena hujan, hingga jarang bersih-bersih kamar.

Oleh karena itu, terapkanlah kebiasaan yang baik. Rawat dan bersihkan kamar Anda supaya Anda pun mendapatkan keuntungan darinya.

Kipas Angin dan AC juga Bisa Atasi Ruang Apek

Yap. Kedua alat elektronik ini bisa membantu mengatasi ruangan yang lembab dan apek lho. AC akan mendinginkan udara dan juga membuatnya lebih kering. Sementara kipas angin akan meningkatkan sirkulasi udara sehingga kelembaban yang pekat bisa diturunkan.

Kedua alat ini akan sangat membantu Anda yang tinggal di perumahan padat penduduk di perkotaan. Namun bila Anda keberatan dengan harganya (terutama AC), maka penggunaan container desiccant lebih kami sarankan untuk Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat! Pada akhirnya ruang apek memang sangat merugikan karena bisa merusak ponsel sampai membuat rambut kita jadi lengket. Dus, kita perlu mengatasinya.

Dan sekiranya Anda tertarik dengan container desiccant serta silica gel, silahkan hubungi kontak Customer Care kami. Kami menyediakan sangat banyak kedua produk tersebut.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.