Cara Aplikasi Obat Antijamur Kayu Mindi BioCide Wood Fungicide

Melanjutkan artikel sebelumnya mengenai pentingnya pengawetan kayu mindi, kali ini akan dibahas mengenai obat antijamur kayu mindi yang bagus dan cara aplikasinya.

Industri woodworking merupakan industri yang tak pernah lesu dari geliat pelaku usaha dalam negeri. Meski pasar Indonesia sudah dibuka, namun produk mebel dalam negeri tetap menunjukkan daya kompetisinya yang sangat baik.

Namun industri woodworkin nasional pun bukan tanpa kekurangan. Salah satunya ketika berhadapan dengan hama. Dulu, orang Indonesia akan mengutamakan kayu premium tahan hama untuk membuat berbagai perabot dan konstruksi bangunan.
Namun saat ini tdiak mudah mendapatkan kayu premium seperti jati. Akan lebih baik bila kita menggunakan kayu yang “less popular” dan kemudian membenahi sifat tidak awetnya. Contohnya saja kayu mindi.

kayu mindi

Mindi adalah salah satu kayu yang sangat potensial digunakan. Kayu ini bisa dipakai untuk membuat lemari, pintu, kursi, meja, dan lain sebagainya. Terkait dengan hama, kayu ini memiliki kerentanan terhadap jamur. Dan salah satu jamur yang benar-benar harus diwaspadai adalah jamur blue stain.

Blue stain memang tidak membusukkan kayu dengan cepat. Akan tetapi, kayu ini bisa merusak warna produk. Akibatnya, harga produk akan turun secara drastis.

Atasi Jamur Blue Stain pada Kayu Mindi dengan BioCide Wood Fungicide

Melihat dampak jamur stain pada kayu mindi, tentu diperlukan suatu produk antijamur kayu mindi yang bagus. Dan kami di antijamur.net menyediakan produk tersebut.

Produk yang kami rekomendasikan adalah BioCide Wood Fungicide. Fungisida anti jamur tersebut didesain khusus untuk penggunaan pada kayu. Tujuan penggunaan BioCide Wood Fungicide sendiri adalah untuk mencegah serangan jamur noda seperti blue stain fungus.

Dalam alur produksi mebel, penggunaan BioCide Wood Fungicide bisa dilakukan pada dua tahap, yakni pada tahap pasca penebangan dan pada tahap setelah kayu digergaji. Treatment tahap pasca penebangan adalah treatment yang bertujuan memberikan proteksi sementara. Sebab, pada tahap tersebut kayu masih berbentuk gelondongan sehingga treatment akan sulit dilakukan sesegera mungkin (kayu harus digergaji dulu). Tapi bila kayu dibiarkan begitu saja, material tersebut dapat rusak akibat jamur maupun serangga.

Treatment antijamur utama dilakukan setelah kayu log diubah menjadi saw timber. Berikut ini langkah-langkah penggunaan BioCide Wood Fungicide pada tahap tersebut.

Iklan Biothane utama

Aplikasi Obat Antijamur Kayu Mindi BioCide Wood Fungicide dengan Metode Perendaman

  1. Larutkan BioCide Wood Fungicide menggunakan air bersih. Atur agar konsentrasinya 0,5 – 1,5%. Pada musim kemarau, ubah konsentrasi BioCide Wood Fungicide menjadi 0,5%.
  2. Sedang pada musim hujan konsentrasi Microcide 1,0% – 1,5%
  3. Rendam sawn timber kayu mindi dalam larutan BioCide Wood Fungicide  selama 1 hingga 2 menit
  4. Jaga kondisi pH larutan antara 4-6.
  5. Kuras bak perendaman tiap 2-4 minggu.

.Treatment dengan efek lebih baik bisa Anda dapatkan dengan metode vakum tekan. Pada metode tersebut obat antijamur kayu mindi dilarutkan bersama kayu dalam ruang vakum tekan. Peresapan larutan dapat diatur secara otomatis dari luar mesin. Tapi metode ini membutuhkan biaya tidak sedikit karena harga mesin vakum tekan tidak bisa dibilang murah.

Kombinasikan dengan Finishing Berkualitas

furniture kayu berjamur

Treatment di atas, hanya efektif mencegah jamur tumbuh pada kayu. Tapi bagaimana bila kayu mindi dicat? Lapisan cat hampir sama rentannya dengan kayu untuk ditumbuhi jamur. Terutama bila produk kayu mindi diletakkan di ruangan kotor dengan udara lembab. Menempelnya kotoran dan udara yang lembab akan membuat jamur tumbuh pada lapisan atas cat yang kotor karena kotoran tersebut. Bila dibiarkan, jamur yang mulanya hanya tumbuh di atas kotoran akan merasuk ke dalam lapisan cat.

Untuk mengatasi hal itu, aplikasikan finishing berkualitas. Pilih cat yang mengandung antijamur. Bila perlu, tambahkan fungisida ke dalam cat. Anda bisa menggunakan BioCide SFP untuk mengatasi masalah ini.

Kenapa Obat Antijamur Kayu Mindi BioCide SFP?

BioCide SFP kami rekomendasikan karena memang inilah satu dari sangat sedikit fungisida yang bisa dicampurkan ke bahan finishing. Selain itu, produk ini juga memiliki sangat banyak kelebihan, seperti:

  1. Memberikan perlindungan yang sangat efektif terhadap serangan jamur. Bilapun jamur tumbuh pada kotoran yang menempel pada kayu mindi, akar jamur tak akan menembus hingga ke lapisan finishing yang sudah dicampuri obat ini.
  2. Memberikan perlindungan yang sangat tahan lama, sehingga masa pakai kayu mindi bisa meningkat bertahun-tahun.
  3. Mudah digunakan karena tinggal dicampur saja.
  4. Menghemat uang daripada Anda membeli cat antifungal yang harganya mahal.
  5. Harga yang terjangkau dibanding kualitas yang ditawarkannya.
  6. Bisa dipakai sebagai anti lumut.
  7. Bisa dipakai sebagai pembasmi jamur secara langsung. Ya, produk ini tinggal diaplikasikan saja pada kayu mindi yang terlanjur terserang jamur permukaan.

Jangan Lupa Gunakan Penyerap Kelembaban

Katakanlah Anda sudah mengawetkan kayu Mindi dengan BioCide Wood Fungicide. Cat yang digunakan juga sudah dicampuri dengan BioCide Surface Film Preservative. Intinya, dua produk obat antijamur kayu Mindi terbaik sudah digunakan.

Tapi, apakah ini cukup? Beberapa dari Anda mungkin bertanya demikian. Sebenarnya sudah cukup, akan tetapi ketika produk dikirim dalam kontainer, sebaiknya digunakan bahan penyerap kelembaban.

Penyerap kelembaban bisa menurunkan kadar air di udara. Hal tersebut pada akhirnya bukan hanya menurunkan resiko serangan jamur, namun juga bisa menurunkan resiko kerusakan produk.

Coba bayangkan saja, bila Anda memproduksi kursi kayu mindi. Kursi Anda dipesan oleh seorang pemboron dari Kanada. Anda pun mengirim kursi-kursi itu dalam kontainer. Bila kontainernya lembab, bukan tak mungkin terjadi perubahan warna pada kursi.

Oleh karena itulah, penggunaan penyerap kelembaban sangat direkomendasikan. Untuk penyerap kelembaban kontainer, kami sarankan penggunaan Be Dry untuk Anda. Produk ini akan dengan efektif menjaga kondisi kontainer tetap ideal selama masa kirim.

Bila Jamur Sudah Menyerang

Beda Cara Memutihkan Bambu Dengan H2O2 Dan WA 250

white agent 250 atau WA 250 lebih aman dan ramah lingkungan dibandingkan H202

Cara-cara di atas dengan obat antijamur kayu Mindi pada dasarnya merupakan sebuah treatment pencegahan atau preventif. Lantas bagaimana bila jamur sudah terlanjur menyerang?

Bila jamur yang menyerang ialah jamur permukaan, Anda tinggal membasminya menggunakan BioCide SFP. Produk tersebut akan dengan efektif membasmi jamur dengan cepat. Namun jadi soal bila yang menyerang adalah jamur stain.

Stain fungus bisa saja dibasmi dengan BioCide. Akan tetapi, setelah dibasmi pun, nodanya akan permanen pada kayu. Noda itu tak akan hilang meski digosok atau dicuci. Sebab sumbernya adalah sel-sel stain fungus yang memang berada di substrat kayu.
Memotong kayu mindi? Jelas merugikan. Solusi yang paling bijak untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengaplikasikan bleaching kayu. Dan, kami pun menyediakan bleaching kayu yang tepat untuk mindi, yakni White Agent (WA-250).

Yuk Beli Obat Antijamur Kayu Mindi di Sini

Beli dan dapatkan BioCide SFP, BioCide Wood Fungicide, White Agent (WA-250), hingga Container Desiccant Be Dry dengan cara:

  1. Pembelian secara langsung. Silahkan bertandang ke Bio Service Point untuk Anda yang tinggal di Yogya, Jepara, dan Cirebon, atau wilayah sekitarnya.
  2. Pembelian secara daring di berbagai toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan lainnya.
  3. Pembelian secara daring di antijamur.net. Silahkan hubungi kami lewat kontak email, telepon, atau WA yang disediakan. Pesanan Anda akan segera diproses oleh Customer Service kami dengan profesional, ramah, dan menyenangkan.

Kerja Sama

Kami siap menjalin kerja sama dengan pihak manapun. Bila Anda petani kayu, penjual mindi, atau pelaku usaha woodworking secara umum, silahkan hubungi kami untuk kerja sama yang lebih menguntungkan. Kami bukan hanya siap dengan BioCide dan Be Dry, namun juga dengan tim profesional kami.

Bila diperlukan, tim kami siap mengunjungi perusahaan Anda untuk melakukan trial. Dan produk kami pun selama ini telah menjadi kepercayaan berbagai pelaku usaha mebel dengan orientasi nasional ataupun ekspor.BioCide SFP juga sering digunakan sebagai fungisida untuk pengendaian hama bangunan komersil seperti hotel dan restaurant.

Hubungi saja kami via kontak yang disediakan. Keperluan mengenai informasi dan pertemuan bisa didiskusikan lebih lanjut dengan CS atau marketing kami.

Simpulan

Kita telah membahas mengenai kayu mindi dari kerentanannya terhadap blue stain sampai tips ketika jamur sudah melakukan penyerangan. Ada beberapa poin yang bisa kita ringkas sebagai berikut:

  1. Mindi merupakan kayu yang sangat potensial dalam industri woodworking. Kayu ini dapat digunakan untuk membuat mebel, kerajinan, pintu, kusen, dan lain sebagainya.
  2. Akan tetapi, kayu ini bukanlah kayu yang sempurna. Bagaimanapun juga mindi memiliki kelemahan. Salah satunya terkait dengan sifat kayu yang rentan terserang jamur stain.
  3. Stain fungus bisa menyebabkan noda pada kayu sehingga nilai jualnya menurun secara drastis.
  4. Diperlukan obat antijamur kayu mindi yang bagus. Dan, dalam hal ini kami merekomendasikan kepada Anda BioCide Wood Fungicide.
  5. Agar perlindungan semakin maksimal, gunakan juga BioCide Surface Film Preservative dan Be Dry. BioCide Surface Film Preservative adalah antijamur dan antilumut yang bisa dicampurkan ke bahan finishing mindi. Sedangkan Be Dry adalah penyerap kelembaban yang bisa digunakan ketika produk mindi dikirim via kontainer.

Semoga artikel tentang obat antijamur kayu mindi ini bermanfaat untuk pembaca sekalian!

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn