Ini Cara Agar Eceng Gondok Tahan Lama

pengeringan eceng gondok 3

Eceng gondok adalah salah satu jenis tanaman yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku kerajinan (handicraft) dan mebel. Bahan ini mampu memberikan keindahan khas sesuai sifatnya sebagai serat alam. Biarpun demikian, sebagaimana material organik lain pada umumnya, eceng gondok rentan terhadap berbagai jenis hama. Bahkan pada bahan ini, ancaman hama tak bisa diabaikan sama sekali.

Ancaman pertama muncul dari jamur. Organisme tersebut sangat mudah tumbuh pada substrat eceng gondok karena sifat eceng gondok yang basah dan mudah menyerap air. Selain jamur, berbagai serangga terutama kutu juga dapat menyebabkan kerusakan pada eceng gondok dan produk turunannya. Umumnya, kutu banyak ditemukan pada kerajinan dan mebel eceng gondok yang dibiarkan lama tanpa perawatan memadai.

Untuk mengatasi serangan kedua hama tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah empat cara agar eceng gondok tahan lama yang sebaiknya diterapkan secara terpadu.

4 Cara Agar Eceng Gondok Tahan Lama

Keringkan dengan Baik

Sebaiknya, eceng gondok segera dikeringkan sesegera mungkin setelah “dipanen”. Pengeringan harus dilakukan dengan tepat pada suhu yang tidak terlalu panas maupun tidak terlalu rendah. Pastikan MC atau Moisture Content sudah pada batas ambang aman material tersebut dari jamur dan bisa diolah lebih lanjut.

Pengawetan

Selain dikeringkan, hendaknya eceng gondok juga diawetkan. Caranya dengan dilakukan perendaman dalam larutan insektisida maupun fungisida. Dengan perendaman tersebut, diharapkan zat-zat insektisida dan fungisida meresap ke dalam substrat eceng gondok sehingga membuat material tersebut tidak bisa ditumbuhi lagi oleh jamur maupun diserang hama serangga. Sebagai bahan rekomendasi, gunakan Insecticide 100 EC untuk mencegah serangga seperti kutu dan kumbang bubuk, serta Microcide 100 EC untuk mencegah jamur.

Finishing yang Baik

Mengaplikasikan bahan finishing dapat membuat substrat eceng gondok tak langsung terpapar berbagai faktor luar. Hal ini akan memberikan proteksi ekstra pada material tersebut. Agar perlindungan yang diberikan lebih baik, pilih cat berkualitas dari golongan water based (pengecer air). Selain lebih tahan lama, cat water based juga tidak menimbulkan bau sehingga cocok untuk kebutuhan finishing eceng gondok untuk handicraft maupun mebel.

Iklan Biothane utama

Kondisi Bersih dan Kering

Ancaman kerusakan eceng gondok dan produk turunannya juga bisa terjadi saat masa pengiriman dan penyimpanan pada ruangan yang kotor dan lembab. Kotoran yang menempel di atas produk eceng gondok akan ditumbuhi jamur yang bila dibiarkan terlalu lama akan menembus lapisan cat eceng gondok tersebut. Jadi, pastikan ruang penyimpanan atau kontainer dalam kondisi bersih dengan kelembaban rendah.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn