Cara Mencegah Jamur Tumbuh pada Eceng Gondok

Bagaimana cara mencegah jamur tumbuh pada eceng gondok dan produk-produk yang terbuat dari material tersebut? Ada beberapa solusi yang bisa Anda terapkan. Akan tetapi sebelumnya, ada baiknya dibahas dulu mengenai tipe serangan jamur dan mengapa material ini sangat rentan berjamur.

Tipe Serangan Jamur pada Eceng Gondok

Penampakan Jamur Blue Stain Di Bawah Mikroskop penampakan jamur blue stain di bawah mikroskop

Serangan jamur pada kayu, bambu, dan serat alam setidaknya bisa dibedakan menjadi dua. Serangan pertama berasal dari jamur pelapuk. Jenis jamur ini memiliki banyak hifa dengan penampakan menyerupai jamur pada tempe atau tapai. Jamur pelapuk bukan hanya merusak keindahan eceng gondok, tapi juga akan membusukkan material tersebut.

Serangan kedua berasal dari jamur blue stain. Blue stain merupakan jamur noda biru bersifat mikroskopis. Meski tidak membusukkan kayu, tapi blue stain akan meninggalkan noda biru kehitaman yang tak bisa dihilangkan. Sehingga bila material tersebut terserang jamur ini, harga jualnya akan benar-benar turun. Apalagi pada eceng gondok yang biasanya dijual dengan warna natural. Adanya noda akibat jamur tentu akan tampak sangat jelas pada serat alam ini.

Mengapa Harus Diterapkan Treatment untuk Mencegah Jamur Tumbuh pada Eceng Gondok?

Sifat basah eceng gondok membuatnya rentan diserang jamur

Kedua serangan jamur yang dijelaskan di atas, memiliki dampak merugikan terhadap substrat eceng gondok. Sehingga sangat diperlukan treatment khsusus untuk mencegahnya. Pada masa ini, treatment khusus tersebut biasa dinamakan treatment pengawetan.

Prinsip modern treatment pengawetan adalah meresapkan obat antihama pada media yang diawetkan. Jadi, bila treatment yang dilakukan bertujuan mencegah tumbuhnya jamur, maka sebaiknya diresapkan antijamur pada eceng gondok.

Microcide 100 EC

Akan tetapi, aplikasi treatment ini sebenarnya tidak hanya krusial dilakukan karena adanya serangan jamur. Eceng gondok sebagai bahan baku pembuatan kerajinan dan furniture dikenal memiliki ketahanan yang buruk pada hama. Hal ini disebabkan sifat alaminya yang basah, densitasnya yang rendah, dan mudahnya bahan ini menyerap air. Sehingga apabila kerajinan atau mebel Anda yang terbuat dari eceng gondok dibiarkan tanpa perlindungan sama sekali, kerusakan akibat jamur sudah pasti hanya menunggu waktu saja.

Aplikasi treatment mencegah jamur tumbuh pada eceng gondok sendiri dapat dilakukan dengan beberapa metode. Misalnya metode perendaman dan pengkuasan. Yang tak kalah penting untuk dilakukan selanjutnya adalah memastikan eceng gondok benar-benar kering sebelum diolah lebih lanjut.

Informasi Obat Antijamur Eceng Gondok

Kami menyediakan berbagai jenis obat antijamur atau fungisida untuk eceng gondok, dan berbagai serat alam lain. Silahkan hubungi Customer Service kami via email, telp, sms, atau WA via kontak yang disediakan.

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.