Furnitur kayu yang tampak berjamur biasanya diserang oleh jenis jamur permukaan. Jamur ini juga biasa dikenal dengan sebutan jamur tempe. Mengapa demikian? Pasalnya jamur ini berwarna putih dan menutupi permukaan furnitur layaknya jamur yang berada pada tempe.

Menghilangkan jamur pada furnitur tidak cukup hanya dengan cara di lap. Jamur masih meninggalkan spora yang tidak nampak oleh mata. Cara yang paling tepat adalah dengan menggunakan obat jamur kayu.

CS Anti Jamur

Penggunaan obat jamur kayu harus sesuai dengan jenis jamur yang akan di bersihkan. Menggunakan bahan kimia asal asalan hanya akan merusak tekstur dan kondisi funritur kayu yang anda miliki. Berbeda dengan obat anti jamur yang memang benar benar direkomendasikan.

Mungkin jenis obat jamur pada furnitur belum familiar di pasaran indonesia. Daripada anda bingung dan salam memilih obat anti jamur kayu, berikut ini baca saran kami untuk tahu merk obat anti jamur kayu yang tepat sesuai dengan masalah jamur kayu yang anda alami.

Mengapa Jamur Permukaan Tumbuh Pada Furniture Kayu Di Rumah?

Jamur yang sering menempel pada furnitur biasanya ada pada lemari, kitchen kabinet bahkan pada meja dan pintu rumah. Apalagi saat musim penghujan. Biasanya jamur tumbuh subur dengan sendirinya.

jamur permukaan lemari kayu
jamur permukaan pada lemari kayu

Hal tersebut untuk musim penghujan kadang wajar terjadi. Kondisi lingkungan yang memiliki kelembapan tinggi membuat jamur jadi lebih mudah untuk tumbuh pada furnitur. Belum lagi jika kondisi ruangan tersebut tidak memiliki sirkulasi udara yang lancar. Hal ini semakin mempermudah tumbuhnya jamur pada furnitur kayu.

Pada dasarnya jamur permukaan yang tampak pada furnitur kayu disebabkan oleh adanya kondensasi dan kelembapan udara yang tinggi. Kondensasi adlah penguapan hal ini sering terjadi di area kamar mandi ataupun dapur.sehingga wajar juga di area tersebut kita akan banyak menjumpai jamur.

Di indonesia negara yang beriklim tropis mungkin tidak memiliki kelembapan udara yang tinggi dibandingkan dengan negara negara sub tropis atau empat musim. Namun bukan berarti tidak akna ada serangan jamur pada furnitur kayu.

Jenis furnitur kayu yang banyak di pasaran seperti lemari kayu olympic menjadi contoh furnitur yang paling sering terserang jamur permukaan. Bahan baku dari furnitur olypic pada dasrnya adalah campuran kayu. Biasanya menggunakan particle board dan dipadu dengan jenis kayu campuran semacam mdf.

Walaupun begitu jenis furnitur ini juga sangat rentan oleh serangan jamur permukaan. Sehingga butuh perawatan ekstra agar tidak mudah terserang jamur dan mencegah jamurmerusak furnitur yang anda miliki perlahan lahan.

Tidak hanya merk furnitur olympic, mebel kayu asli juga bisa terserang jamur. Hal ini bisa disebabkan karena kondisi kayu tersebut sudah lembab sehingga sangat memudahkan spora jamur tumbuh pada furnitur tersebut.

Hal itu umumnya disebabkan karena kayu yang di olah menjadi funritur tidak di awetkan terlebih dahulu. Kayu yang tidak benar benar kering atau setengah basah justru menjadi habitat terbaik jamur untuk tumbuh. Tidakhanya itu kandungan getah yang tinggi pada kayu juga memungkinkan jamur tumbuh dengan baik.

Faktor kayu yang memang tidak di awetkan tidak akna di ketahui oleh pembeli jika pihak penjual tidak memberikan informasi. Karena ketika menjadi furnitur kayu seolah olah tidak ada bedanya. Oleh karena itu kita sebagai pembeli yang harus cermat dan teliti sebelum membeli furnitur.

Merk Obat Anti Jamur Permukaan Di Furniture Terbaik Di Indonesia

Jika furnitur kayu sudah terlanjur terkena jamur permukaan, apa yang seharusnya dilakukan? Nah berikut ini kami berikan tips untuk membersihkan jamur permukaan pada furnitur kayu :

  • Siapkan peralatan yang akan digunakan untuk membersihkan jamur permukaan, seperti sikat, kain lap bersih dan kering dan obat anti jamur
  • Letakkan furnitur di luar ruangan agar terkena sinar matahari
  • Bersihkan dengan sikat jamur yang menempel, kemudian lap dengan kain lap kering untuk membersihkan sisa sisa jamur yang menempel
  • Siapkan cairan obat anti jamur kayu permukaan
  • Celupkan kain bersih kedalam alrutan obat anti jamur kayu
  • Oleskan untuk membersihkan furnitur yang berjamur
  • Biarkan saja hingga kering dengan sendirinya tidak perlu di lap lagi

Cara menghilangkan jamur pada furnitur kayu sudah kami berikan.  Kami berikan rekomendasi untuk merk obat anti jamur kayu yang bisa anda gunakan. Obat anti jamur kayu yang satu ini efektif menggunakan bahan kimia yang diformulasikan khusus untuk mengatasi jamur kayu permukaan.

obat jamur permukaan
obat jamur permukaan biocide sfp

Biocide surface film preservatif atau biocide sfp adalah obat anti jamur kayu yang kami sarankan. Produk ini merupakan jenis fungisida cair yang bisa di aplikasikan dengan di cairkan menggunakan air ataupun solvent seperti thinner dan minyak.

Fungisida ini dibuat khusus dengan menggunakan bahn aktif diuron da carbendazim calcium bis disarankan oleh para ahli mikrobiologi untuk mengatasi jamur permukaan pada kayu. Tidak hanya mengatasi jamur, bahan kimia ini juga efektif untuk mengatasi lumut dan bakteri pada permukaan media.

Tidak hanya kayu, biocide sfp juga bisa di aplikasikan pada bambu, kayu campuran atau kayu olahan, triplek, multiplek, rotan bahkan berbagai jenis serat alam lainya juga bisa menggunakan biocide sfp. Cara aplikasinya sangat mudah dan bervariasi tergantung dengan kebutuhan. Biocide sfp dapat di oles dengan kain ataupun dikuas atau bahkan di rendam.

Kini biocide sfp tersedia dalam varian kemasan 130 gram yang praktis digunakan. Anda dapat menggunakan campuran air atau solvent berbanding dengan biocide dengan perbandingan 50 :1. Jadi untuk satu kemasan dapat di campur dengan 50 liter air. Sangat ekoomis bukan?

Biocide sfp merupakan fungisida berbahan kimia aktif. Oleh karena itu penggunaanya agar aman dan tidak berbahaya sebaiknya mengikuti panduan kemanan berikut ini:

  1. Gunakan pelindung diri saat mengaplikasikan produk seperti baju lengan panjang, sepatu , kaca mata pelindung, masker, topi dan baju khusus.
  2. Sebaiknya jangan makan, minum atau merokok saat melakukan aplikasi biocide
  3. Tutup dengan rpaat biocide setelah selesai digunakan atau jika ada sisia produk yang tidak di gunakan
  4. Simpan biocide sfp dalam ruangan yang sejuk dan kering bukan pada ruangan yang lembab atau terkena sinar matahari secara langsung
  5. Jauhkan dari jangkauan anak anak
  6. Sebaiknya jangan membuang sisa produk biocide ke dlaam perairan bebas seperti sungai atau kolam

Menaati petunjuk keamana menggunakan produk berbahan kima penting utnuk dilaksanakan. Pasalnya jenis bahan kimia pada biocide sfp juga mmeiliki kontra indikasi bisa menyebabkan iritasi pada mulut dan kulit. Apalagi jika tertelan atau terminum.

Anda bisa mendapatkan produk ini, biocide sfp dengan mengubungi call centre yang ada pada website ini, atau dengan membeli secara online di marketplace yang ada di indonesia seperti bukalapak dan tokopedia. Selain itu anda bisa datang langsung ke lokasi kantor kami yang berada di yogyakarta.

CS Anti Jamur