jamur permukaan lemari kayu

Lemari kayu di rumah berjamur kira kira apa penyebabnya? Bagaimana cara menghilangkan jamurnya? Anda gelisah mengalami hal demikian? Mari kita pelajari bersama  apa penyebab jamur tumbuh pada lemari kayu dan bagaimana cara mengatasinya.

Jamur pada lemari kayu biasanya terlihat berwarna putih dan menyebar di permukaan furniture/ mebel kayu yang berjamur terlihat kotor dan tidak menyenangkan untuk di pajang. Tak hanya itu, dalam kondisi yang sudah parah jamur menimbulkan bau tak sedap.

CS Anti Jamur

Jamur pada lemari kayu memang sangat mengganggu. Baik dari segi keindahan , kebersihan maupun kesehatan penghuni rumah. Oleh karena itu jika lemari kayu yang ada dirumah anda berjamur, segeralah untuk menghilangkanya. Nah, bagaimana cara menghilangkan jamur pada lemari kayu? Simak tips yang kami berikan di artikel ini.

Mengapa Lemari Kayu Di Rumah Bisa Berjamur?

Lemari yang terbuat dari kayu merupakan salah satu furnitur yang paling banyak dimiliki di hunian orang indonesia. Kayu sendiri merupakan bahan dari alam yang mengandung selulosa. Kadar selulosa didalam kayu inilah yang membuat kayu memiliki getah dan berjamur.

Jamur kayu yang nampak mata berwarna putih pada  dasarnya bukanlah organisme tunggal. Jamur lemari ini bisa saja terdiri dari ratusan kumpulan jamur jamur yang membentuk kerumunan sehingga terlihat mata. Sebagai organisme yang tak kasat mata spora jamur bisa saja berpindah memlaui udara dengan mudah.

Oleh karena itu jika ada benda di rumah yang sudah berjamur maka akan sangat mudah bagian rumah lainya menjadi berjamur. Spora atau calon jamur ini tidak kasat mata, asalkan kondisi lingkunganya sesuai maka tumbuhlan jamur tersebut.

Musim penghujan turut memprparah kemunculan jamur di lemari kayu. Pada dasarnya jamur tumbh dalam lingkungan yang kelembapanya tinggi. Ruangan  yang pengap tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus menjadi area tumbuh suburnya jamur.

Lemari berbahan kayu menjadi inang yang sempurna bagi spora jamur. Apalagi jika lemari tersebut lembab karena di tempatkan pada ruangan yang lembab. Tidak hanya itu, banyak sekali ditemui produksi lemari kayu massal yang tidak menggunakan prosedur pengawetan kayu terlebih dahulu.

Hal tersebut juga menjadi penyebab lemari berjamur dengan cepat. Bahkan dalam kondisi ruangan yang tidak terlalu lembab, jamur bisa tumbuh. Pasalnya kondisi kayunya sendiri tidak benar benar kering sehingga mempermudah jamur tumbuh pada lemari tersebut.

Penyebab jamur di lemari yang mungkin tidak anda sadari adalah pakaian anda sendri. Apakah anda memiliki kebiasaan menyimpan pakaian kotor atau dalam kondisi belum benar benar kering di lemari? Jika hal ini terjadi, wajar sekali jamur tumbuh didalam lemari anda. Kondisi lembab dan gelap menjadi tempat yang ideal bagi tumbuhnya jamur di lemari.

Cara Mengatasi Jamur Pada Lemari Kayu Dengan Obat Jamur Kayu Permukaan

Jika lemari kayu sudah berjamur, apa yang harus anda lakukan? Jangan khawtir. Segera hilangkan sumber masalah ini. Cara yang paling mudah adalah dengan menghilangkan spora jamur tersebut bukan? Namun spora jamur tidak kasat mata sehingga membersihkan dengan mengelap menggunakan kain saja tentu tidak akan cukup.

membersihkan furnitur
membersihkan furnitur berjamur

Spora jamur tidak akan hilang hanya dengan menggunakan lap kering atau basah. Pasalnya hal ini hanya membersihkan permukaan saja. Jika jamur tersebut telah mengakar kedalam substrat material dari lemari tentu yang dibuthkan adalah obat anti jamur kayu.

Menggunakan bahan bahan kima seperti pemutih kayu apakah efektif untuk mengatasi jamur pada lemari kayu? Tahukah anda bahwa bahan kimia pemutih kayu sangat kuat sehingga ketika di encerkan di gunakan untuk membersihkan jamur justru yang hilang adalah pembuat glossy pada laposan finishing lemari kayu tersebut. Sehingga kadang menimbulkan perubahan warna pada kayu itu sendiri.

Oleh karena itu untuk mengatasi dan menghilangkan jamur permukaan pada lemari kayu dan menghindari kerusakan lemari, sebaiknya anda menggunakan obat anti jamur baik cairan anti jamur yang memang khusus direkomendasikan untuk mengatasi jamur permukaan.

Berikut inikami berikan tahapan untuk membersihkan jamur permukaan pada lemari kayu dengan benar :

  • Untuk membersihkan lemari yang berjamur, keluarkan semua isi lemari terlebih dhaulu, kemudian keluarkan lemari anda dari ruangan. Jika tidak memungkinkan jauhkan lemari tersebut dari tembok. Hal ini perlu diakukan guna mencegah spora jamur menempel di ruangan atau di tembok sehingga menimbulkan jamur kembali
  • Gunakan lap kain bersih an kering kemudian lap jamur yang menmepl. Pastikan jamur hilang saat dilap
  • Jika masih meninggalkan noda anda bisa menggunakna larutan sabun yang lembut seperti sabun cucui piring untuk membersihkan noda akibat jamur tersebut
  • Jika dibersihkan biarkan lemari benar benar kering
  • Setelah kering, lap dengan menggunakan obat anti jamut kayu permukaan yang terekomendasi
  • Biarkan hasil lap cairan obat anti jamur tersebut benar benar kering dengan sendirinya

Obat Anti Jamur Permukaan Di Lemari Biocide Sfp

Kami sudah memberikan cara menghilangkan jamur di lemari kayu dengan mudah. Ada hal yang tidak luput dari cara mengatasi jamur lemari kayu adalah menggunakan obat anti jamur permukaan. Rekomendasi obat anti jamur permukaan kayu terbaik yang bisa anda gunakan adalah biocide sfp.

obat jamur permukaan
biocide sfp

Anti jamur kayu permukaan biocide sfp direkomendasikan olah ahli mikrobiologi karena mengandung bahan aktif yang direkomendasi untuk menghilangkan dan membunuh spora jamur kayu permukaan. Namun bahan aktif tersebut masih aman tidak merusak lingkungan.

Biocide sfp atau surface film persrevatif merupakan fungisida anti jamur kayu permukaan atau jamur tempe. Jamur ini memiliki ciri umum berupa bintik putih yang menyebar di seluruh permukaan media atau inang jamur tersebut.

Formulasi dari biocide sfp mengndung bahan aktif diuron yang efektif mengatasi jamur kayu permukaan. Aplikasi penggunaan biocide sfp juga sangat praktis. Bisa anda lakukan sendiri di rumah anda tanpa bantuan tenaga ahli. Bicide sfp berbentuk cairan fungisida yang dapat diaplikasikan dengan membuat larutan atau cairan.

Cara menggunakan biocide sfp dapat di encerkan pada air atau solvent seperti minyak, thinner dan bensin. Nah berbagai larutan pengncernya yang beragam memudahkan aplikasi yang akan di gunakan. Biocide sfp dapat di gunakan dengan dikuas, menggunakan lap atau disemprot.

Untuk mengaplikasikan anti jamur biocide sfp dengan mengencerkan larutan biocide sebagai berikut:

  • Siapkan peralatan yang digunakan seperti lap atau kuas, wadah dan air untuk melarutkan cairan obat anti jamur biocide sfp
  • Caranya cairkan biocie sfp kedalam wadah kemudain campurkan dengan air menggunakan perbandingan 1 :50 untuk biocide dan air. Khusus untuk kemasan 130gram
  • Celupkan kain bersih atau kuas kedalam larutan tersebut
  • Kemudian kuaskan atau lapkan kain tersebut ke bagian lemari yang berjamur
  • Biarkan biocide sfp kering dengan sendirinya jangan dilap kembali cukup di aning anginkan atau dibairkan kering dibawah paparan sinar matahari
CS Anti Jamur