Tips Ampuh Cegah Garden Furniture Berlumut

Takut furniture taman Anda berlumut? Tenang. Silahkan ikuti ketujuh tips di bawah ini untuk mencegah masalah serupa datang lagi.

7 Tips Mencegah Garden Furniture Berjamur

Minimalisir Sumber Kelembaban

Lingkungan outdoor sudah pasti memiliki tingkat kelembaban yang lebih sulit dikontrol dibanding lingkungan indoor. Namun bukan berarti kita tidak bisa melakukan apa-apa. Untuk meminimalisir mebel berlumut, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan. Misalnya tidak meletakkan mebel langsung di atas tanah dan rumput, menghindarkan mebel di area kebun paling lembab, dan sebagainya.

Gunakan Penutup Furniture Garden

Beberapa furniture outdoor sudah disertai penutup khusus untuk melindunginya saat hujan. Kalau tidak ada, gunakan saja penutup yang sekiranya bisa mengurangi paparan air saat hujan tersebut. Dengan cara ini, kita bisa menjaga level kelembaban kayu agar tidak begitu meningkat setelah terkena air.

Pilih Kayu yang Baik

Kayu bisa dibedakan dalam beberapa level berdasarkan kelas ketahanannya pada hama. Untuk outdoor dan untuk mencegah garden furniture berlumut, pilihlah kayu yang memang memiliki ketahanan terhadap hama yang baik. Misalnya kayu jati dan mahoni.

Awetkan Kayu

Pemilihan kayu yang baik saja sebenarnya tidak cukup. Sebaiknya kayu juga diawetkan untuk memberikan perlindungan yang lebih baik. Untuk melindungi kayu dari lumut, Anda bisa mengawetkan kayu dengan meresapkan BioCide Wood Fungicide pada kayu. Selanjutnya, campurkan BioCide Surface Film Preservative pada cat yang digunakan sebagai bahan finishing.

biocide

BioCide, obat pengawet kayu

Gunakan Cat yang Bagus

Proses pengawetan akan membuat kayu lebih tahan terhadap serangan jamur. Agar efek obat pengawet bisa bertahan lebih lama, aplikasikanlah cat yang bagus. Pelapisan cat akan melindungi kayu bukan hanya dari lumut tapi dari berbagai faktor lainnya yang sifatnya merusak.

alterntif text

Bersihkan dan Rawat secara Berkala

Pembersihan dan perawatan akan menghilangkan benih-benih jamur yang siap tumbuh. Jadi rajinlah selalu membersihkan produk ini.

Segera Finishing Ulang

Pada saat membersihkan furniture, jangan lupa cek apabila terdapat kerusakan pada finishingnya. Segera finishing ulang bila terjadi kerusakan yang cukup parah. Jadi, kayu kembali terlindung lapisan cat dan lumut tak akan merusak substrat tersebut.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn