Ini Dia Karakter Kayu Siwalan, Si Black Palm yang Menawan

Dari berbagai tipe kayu di Indonesia, kayu dari golongan palma termasuk salah satu yang jarang terdengar. Namun demikian, berbagai kayu tersebut sebenarnya memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan bahkan sudah lama digunakan masyarakat zaman dulu. Contohnya kayu siwalan.

Kayu yang juga sering disebut sebagai kayu lontar ini adalah kayu dari kelompok palma atau palem asli Indonesia. Siwalan banyak tersebar di wilayah tropsi Asia dan Afrika. Di Indonesia sendiri, siwalan bisa ditemukan di Jawa, Madura, Bali, Sulawesi, hingga kepulauan Maluku.

Banyak manfaat yang bisa diambil dari kayu ini. Namun sebelumnya ada baiknya kita mengenal ciri atau karakteristik kayu tersebut..

Ciri Khas Kayu Siwalan

Nama

Nama ilmiah Borassus flabellifer sedangkan nama dalam Bahasa Inggrisnya Black Palm atau Palmyra Palm

Warna Kayu

Warna coklat muda hingga coklat tua. Bagian teras tampak berbeda dengan bagian gubal dengan tidak adanya serat-serat kayu.

Tekstur dan Pola Serat

alterntif text

Tekstur medium hingga lembut. Pola seratnya lurus. Karena bukan tumbuhan dikotil, tanaman ini tidak memiliki ciri khas kayu dikotil seperti adanya lingkar tahun dan mata kayu (bekas percabangan).

Berat Rerata

970 kg/m3

Ketahanan

Ketahanan kayu dari pembusukan sebenarnya baik. Akan tetapi kayu lontar ini tidak memiliki sifat resisten yang cukup terhadap faktor hama. Sangat disarankan diaplikasikan treatment pengawetan menggunakan obat anti rayap, anti totor, dan insekta secara umum seperti BioCide Insecticide.

Kemudahan Pengolahan

Siwalan termasuk kayu yang sulit diolah baik menggunakan mesin maupun pengerjaan manual. Salah satu alasannya disebabkan oleh adanya serat/fiber yang sulit dipotong. Sehingga pemotongan harus dilakukan di sudut yang tepat serta menggunakan benda yang benar-benar tajam.

Toksisitas

gelang kayu siwalan

gelang kayu siwalan

Kelompok tanaman palma Araceae telah lama dikenal dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jadi dalam pengolahannya, sebaiknya Anda lebih berhati-hati.

Pemanfaatan Kayu Siwalan

Pengerjaan siwalan memang tidak bisa dikatakan mudah. Akan tetapi, kayu ini memiliki banyak potensi untuk digunakan. Hingga hari ini saja, siwalan telah banyak dipakai sebagai bahan baku untuk pembuatan lantai (deck hingga parket), pembuatan badan kapal serta perahu, aksesoris, material furniture, konstruksi bangunan, kerajinan, dan berbagai benda kayu lainnya. Kemajuan teknologi woodworking akan semakin memudahkan pengolahan kayu ini.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!