Karakter dan Manfaat Kayu Eboni, si Hitam dari Sulawesi

kayu-eboni-log

 

Di Indonesia kayu ini banyak ditemukan di Sulawesi, namanya kayu eboni atau sering juga disebut Coromandel Ebony. Kayu ini terkenal karena warna serta tampilannya yang unik. Bagaimana tidak? Jarang kayu yang memiliki warna seperti ebony. Dengan kesan hitam dan pola serat menawan, ebony memiliki pangsa pasar yang selalu menantikannya.

Bahkan dengan kualitas estetikanya tersebut, kayu ini seringkali masuk jajaran kayu-kayu mewah seperti sonokeling dan jati. Apalagi kayu ini juga terkenal sangat awet dan kuat.

Pohon Eboni Coromandel

Eboni sebetulnya adalah istilah yang sangat umum, merujuk pada berbagai kayu dengan warna gelap, khususnya hitam. Di Indonesia dan di beberapa negara asia, terdapat spesies-spesies ebony. Diospyros melanoxylon adalah salah satu jenis ebony yang sangat banyak terdapat di India, Sri Lanka, hingga Indonesia.

Pohon ini memiliki ciri khas berupa kulit kayu yang kering dan keras. Di berbagai wilayah, tanaman ini memiliki nama yang berbeda-beda dari Kendu, Temburini, dan Tembu. Di India, daun tanaman ini sering dipakai untuk membungkus tembakau untuk membuat beedi, yakni sebuah rokok tradisional dari negeri Taj Mahal tersebut.

Daun tanaman ini mengandung flavonol yang sangat berharga. Salah satunya adalah pentacyclic triterpenes. Zat tersebut memiliki sifat antimkikrobial yang sangat baik. Bahkan di India, kulit tanaman ini kadang digunakan sebagai obat antiplasmodial untuk mencegah penyakit malaria.

Klasifikasi Ilmiah

1. Kingdom: Plantae
2. Klad: Tracheophytes
3. Klad: Angiospermae
4. Klad: Eudicot
5. Klad: Asterid
6. Order: Ericales
7. Family: Ebenaceae
8. Genus: Diospyros
9. Spesies: D. melanoxylon

Yuk, lebih dekat mengenal eboni.

alterntif text

Karakter Kayu Eboni

Berat Jenis Kayu

Rentang berat jenis mulai dari angka 0,90 hingga maksimum 1,14. Sedangkan reratnya ada di kisaran 1,05.

Warna Kayu

Kayu berwarna gelap (coklat gelap dengan kesan hitam). Beberapa bahkan memiliki warna hitam dengan aksen kemerahan.

Tekstur Kayu

Tekstur halus. Arah seratnya dominan lurus atau sedikit saja berpadu.

Permukaan Kayu

Permukaan kayu tergolong licin.

Kekuatan

Merupakan kayu dengan tingkat keawetan kelas I atau sangat kuat. Aspek ini adalah salah satu keunggulan utama ebony.

Keawetan

Selain kuat, kelebihan lainnya dari kayu ini adalah tingkat keawetannya yang bagus. Namun demikian, treatment pengawetan kayu tetap disarankan. Diberlakukannya treatment akan membuat kayu eboni lebih terproteksi dari kondisi awalnya yang sudah bagus. Jadi produk yang dihasilkan benar-benar berkualitas.

Tingkat Kekerasan

Tingkat kekerasan medium.

Keretakan

Kalau keawetan dan kekuatan adalah keunggulan ebony, beda lagi dengan daya retaknya. Kayu ini tergolong rentan retak sehingga proses pengeringannya perlu dilakukan hati-hati. Perubahan suhu jangan terlalu drastis yang bisa menyebabkan kayu retak.

Manfaat Kayu Eboni

Apa manfaat kayu eboni? Ebony banyak dimanfaatkan untuk berbagai bidang kehidupan manusia. Kayu ini biasa digunakan dalam pembuatan furniture atau mebel mewah, patung dan benda-benda seni, alat musik seperti piano, vinir, hingga konstruksi bangunan.

Kondisi

Dengan estetika, kekuatan, dan keawetan yang sangat baik, kayu ebony termasuk kayu yang sangat diminati. Harga kayu ini pun jauh lebih mahal dibanding kayu kebanyakan.

Yang disayangkan, minat pada eboni yang tinggi telah berkontribusi pada maraknya illegal logging terhadap material ini.

Kami di Bio Industries mendukung pemanfaatan eboni dengan cara yang lebih baik. Selain agar ekosistem Indonesia tidak rusak, penggunaan kayu yang eco friendly justru akan menjamin ketersediaan kayu ini secara berkelanjutan di masa depan.

Apakah Kayu Eboni Perlu Diawetkan?

Di atas, pertanyaan ini telah sedikit kita bahas. Secara umum, keawetan kayu eboni memang sudah baik. Jadi sebagian kalangan merasa tidak perlu untuk mengawetkannya. Namun demikian, tidak ada ruginya menerapkan treatment pengawetan.

Pertama, treatment pengawetan tidak mahal. Biaya untuk mengawetkan kayu tidak seberapa dengan keuntungan pasca pengawetan. Kedua, pengawetan bisa mencegah kerusakan yang mungkin terjadi. Sebab meski eboni secara umum adalah kayu yang awet, akan tetapi kadang ada satu dua kayu yang rusak terserang hama. Apalagi bila eboni yang dipakai adalah ebony yang masih muda.

Kayu ebony muda rentan sekali diserang oleh jamur sap stain pasca penebangan. Akibatnya, kayu akan terlihat bernoda, khususnya bila sap stain yang menyerang berwarna putih, hijau cerah, atau biru cerah.

Basmi Jamur Permukaan dengan BioCide Surface Film Preservative

Meski secara umum tahan terhadap serangan hama, tapi ada satu jenis jamur yang sering menyebabkan masalah pada hampir semua produk kayu. Dan produk kayu coromandel eboni pun tak lepas dari masalah ini. Masalah tersebut adalah jamur permukaan.

biocide sfp

Jamur permukaan biasanya muncul akibat kelembaban yang tinggi. Misalnya begini. Anda meletekkan mebel ebony yang sudah dicat di sebuah ruangan dengan humiditas tinggi. Padahal, di ruangan itu juga terdapat sangat banyak spora jamur. Tatkala spora jamur jatuh di permukaan kayu eboni, ia akan tumbuh dengan serapan air di udara.

Secara mikroskopis akan terlihat bahwa jamur mulanya hanya tumbuh di lapisan finishing saja. Jamur belum sampai merusak ke dalam kayu. Tetapi bila dibiarkan, kayu tetap bisa mengalami kerusakan. Apalagi bila kelembabannya tetap tak berubah.

Untuk mengatasi ini, diperlukan obat pembasmi jamur yang bagus, BioCide Surface Film Preservative. BioCide SFP juga bisa digunakan sebagai additive untuk cat agar lapisan cat menjadi tahan jamur.

Cara Menggunakan BioCide SFP

Ada dua cara untuk menggunakan BioCide SFP:

1. Diusapkan pada area yang berjamur. BioCide SFP diencerkan dulu sesuai dengan rekomendasi pada kemasan. Pengenceran bisa dilakukan menggunakan air. Setelah itu, diusapkan dengan penggosok atau kuas pada area produk kayu eboni yang terserang jamur.
2. Dicampurkan dengan bahan finishing. Anda bisa mencampurkan BioCide SFP dalam konsentrasi 0,5% – 3% pada bahan finishing untuk kayu coromandel eboni.

Penting dicatat: Penggunaan obat ini harus dilakukan dengan memakai alat pelindung diri. Anda perlu menggunakan masker, kacamata pelindung, sarung tangan, dan lain sebagainya. Jauhkan BioCide SFP dari jangkauan anak-anak, dan tempatkan di area yang tidak terkena sinar matahari langsung. Pastikan juga menutupnya dengan rapat pasca penggunaan.

Metode Pemesanan BioCide SFP

Yuk, segera beli BioCide SFP! Pembelian BioCide SFP dapat dilakukan dengan sangat mudah. Anda bisa membeli secara langsung di Bio Service Point yang lokasinya di:

1. Jogja: Jalan Sidikan No. 94, Surosutan, Umbulharjo, Yogyakarta kode pos 55162
2. Jepara: Jalan Raya Kudus Km. 9 – Ngabul – Tahunan Jepara
3. Cirebon: Jalan Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat kode pos 45154

Jauh dari ketiga lokasi di atas? Anda bisa membeli via agen kami. Silahkan hubungi CS kami untuk informasi agen yang paling dekat. Tapi di luar itu, Anda juga bisa melakukan pembelian secara daring. Anda bisa langsung membeli daring di antijamur.net, atau Anda juga bisa membeli di online shop langganan Anda. Silahkan saja pilih metode pembelian yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

Kerja Sama Lebih Lanjut dengan Kami

Kami juga siap untuk bekerja sama lebih lanjut dengan Anda. Kami memiliki tim khusus yang bisa mendemonstrasikan penggunaan BioCide Surface Film Preservative. Anda juga bisa mendapatkan sampling dari kami. Silahkan ajukan kerja sama melalui email ataupun telepon. Selain CS, marketing kami juga siap melayani Anda.

Tak kalah menarik dari itu, kami juga menyediakan bahan woodworking lainnya. Kami memiliki wood bleaching atau pemutih kayu, cat kayu, hingga lem kayu. Kesemua produk yang kami sediakan bukan hanya memiliki kualitas yang bagus, akan tetapi juga memiliki sifat yang ramah lingkungan. Sebab kami percaya, industri perkayuan di Indonesia memiliki PR besar dalam hal kelestarian lingkungan. Masih banyak produk woodworking di pasaran yang mengandung zat-zat membayakan. Kehadiran kami di Indonesia tidak lain adalah agar industri woodworking nasional semakin berkembang ke arah yang lebih baik.

Kita telah melakukan pembahasan panjang mengenai kayu eboni. Dari penjelasan tersebut, ada beberapa poin yang bisa kita simpulkan, yakni:

1. Eboni adalah salah satu kayu mewah dengan harga mahal. Kayu ini memiliki penampilan yang sangat indah dengan kekuatan dan keawetan yang sangat baik. Di Indonesia, terdapat spesies ebony khusus yakni Coromandel ebony.
2. Kayu ini telah dimanfaatkan di berbagai bidang. Sayangnya karena demand atau permintaannya yang tinggi di pasaran, kayu ini terancam oleh illegal logging.
3. Kami di Bio Industries tentu mendukung pengolahan kayu ini. Akan tetapi kami juga menekankan agar pengolahan kayu ini tidak merusak ekosistem.
4. Dalam pengolahan kayu eboni, satu pertanyaan muncul: apa kayu ini perlu diawetkan? Secara umum, material ini memang sangat awet, tapi treatment pengawetan tidak salah dilakukan.
5. Selain itu, untuk perlindungan antijamur, kita juga bisa mengandalkan BioCide SFP. BioCide SFP bisa membasmi jamur permukaan pada mebel berbahan kayu eboni.

Demikian yang bisa kami sampaikan di artikel kali ini. Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!