log kayu eboni

kayu-eboni-log

Di Indonesia kayu ini banyak ditemukan di Sulawesi, namanya kayu eboni atau sering juga disebut Coromandel Ebony. Kayu ini terkenal karena warna serta tampilannya yang unik. Bagaimana tidak? Jarang kayu yang memiliki warna seperti ebony. Dengan kesan hitam dan pola serat menawan, ebony memiliki pangsa pasar yang selalu menantikannya.

Bahkan dengan kualitas estetikanya tersebut, kayu ini seringkali masuk jajaran kayu-kayu mewah seperti sonokeling dan jati. Apalagi kayu ini juga terkenal sangat awet dan kuat.

Yuk, lebih dekat mengenal eboni.

Karakter Kayu Eboni

Berat Jenis Kayu

Rentang berat jenis mulai dari angka 0,90 hingga maksimum 1,14. Sedangkan reratnya ada di kisaran 1,05.

Warna Kayu

Kayu berwarna gelap (coklat gelap dengan kesan hitam). Beberapa bahkan memiliki warna hitam dengan aksen kemerahan.

Tekstur Kayu

Tekstur halus. Arah seratnya dominan lurus atau sedikit saja berpadu.

Permukaan Kayu

Permukaan kayu tergolong licin.

Kekuatan

Merupakan kayu dengan tingkat keawetan kelas I atau sangat kuat. Aspek ini adalah salah satu keunggulan utama ebony.

Keawetan

Selain kuat, kelebihan lainnya dari kayu ini adalah tingkat keawetannya yang bagus. Namun demikian, treatment pengawetan kayu tetap disarankan. Diberlakukannya treatment akan membuat kayu eboni lebih terproteksi dari kondisi awalnya yang sudah bagus. Jadi produk yang dihasilkan benar-benar berkualitas.

Tingkat Kekerasan

Tingkat kekerasan medium.

Keretakan

Kalau keawetan dan kekuatan adalah keunggulan ebony, beda lagi dengan daya retaknya. Kayu ini tergolong rentan retak sehingga proses pengeringannya perlu dilakukan hati-hati. Perubahan suhu jangan terlalu drastis yang bisa menyebabkan kayu retak.

Manfaat Kayu Eboni

Ebony banyak dimanfaatkan untuk berbagai bidang kehidupan manusia. Kayu ini biasa digunakan dalam pembuatan furniture atau mebel mewah, patung dan benda-benda seni, alat musik seperti piano, vinir, hingga konstruksi bangunan.

Kondisi

Dengan estetika, kekuatan, dan keawetan yang sangat baik, kayu ebony termasuk kayu yang sangat diminati. Harga kayu ini pun jauh lebih mahal dibanding kayu kebanyakan.

Yang disayangkan, minat pada eboni yang tinggi telah berkontribusi pada maraknya illegal logging terhadap material ini.