5 Langkah Sistemik dan Murah Mencegah Jamur pada Kusen

Selama ini, banyak berkembang anggapan bahwa treatment untuk mencegah jamur pada kusen akan membutuhkan dana besar. Anggapan itu sama sekali tidak benar. Mencegah jamur pada material tersebut bisa dilakukan dengan biaya murah. Selain karena treatment yang dilakukan bisa memanfaatkan obat yang harganya terjangkau seperti BioCide, hasilnya pun tidak sia-sia dan dijamin bisa menghindarkan Anda dari kerugian.

Berikut ini kelima cara mencegah serangan jamur pada material tersebut mengikuti alur produksi kusen kayu itu sendiri.

Cara Mencegah Jamur pada Kusen

Pengawetan pada Kayu yang Baru Ditebang

Lakukan proses pengawetan sejak setelah kayu ditebang. Ini penting karena pada fase tersebut kayu rentan diserang jamur blue stain. Anda bisa mengandalkan BioCide Wood Fungicide dengan cara dioleskan saja pada bagian luar kayu. Harga produk ini Rp. 80.000,- dan kelarutannya hanya 1,5%-2,5%. Jadi, penggunannya begitu hemat.

Pengawetan Pasca Kayu Digergaji

Treatment pasca penebangan adalah treatment yang dilakukan dalam kondisi darurat. Fungsinya sekedar mencegah hama yang sifat infeksinya cepat seperti jamur stain.

Untuk treatment utama, lakukanlah pasca kayu digergaji. Rendam kayu dalam larutan BioCide Wood Fungicide dan BioCide Insecticide. Peresapan obat antijamur dan antiserangga ini akan membuat kayu benar-benar terlindung dari ancaman hama.

Pengecatan

Lapisan cat sedikit banyak juga bisa mencegah dan menghilangkan jamur pada kusen. Namun kadangkala lapisan cat justru disukai jamur sebagai media pertumbuhannya. Oleh karena itu, akan lebih baik bila kita menggunakan cat yang punya ketahanan terhadap jamur. Atau kita bisa mencampurkan fungisida cat, BioCide Surface Film Preservative pada bahan finishing water based yang dipakai.

Perawatan

Jamu pada kusen tak akan tumbuh bila tak ada faktor pemicunya. Dan dua faktor pemicu penting tumbuhnya organisme itu sebenarnya bisa kita cegah dengan cara amat mudah, yakni dengan cara perawatan. Perawatan yang mencakup pembersihan secara berkala dan pemastian bahwa kelembaban udara kering akan mereduksi potensi tumbuhnya jamur dengan begitu signifikan.

Cat Ulang

Hilangnya lapisan cat akan membuka peluang lebih besar bagi jamur untuk menyerangnya. Karena itu, baik pada penjual benda ini atau konsumen penggunanya, lakukanlah pengecatan ulang bila ditemukan lapisan cat lama sudah rusak.

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.