Cara Agar Kayu Awet: Mengapa Harus Diawetkan dan Macam Metodenya

Cara Agar Kayu Awet

Ada banyak cara agar kayu awet yang bisa Anda usahakan. Dari berbagai cara tersebut, pilihlah yang paling baik untuk mewujudkan produk kayu berkualitas dan tahan lama.

Mengapa Diawetkan?

Alasan pengawetan kayu harus dilakukan tak lepas dari karakter material tersebut sendiri. Sebagai bahan organik, kayu menyediakan zat makanan yang dibutuhkan berbagai hama. Bahan ini juga bisa digunakan sebagai tempat tinggal serangga-serangga tertentu seperti semut dan lebah carpenter. Oleh karena itu, cara pengawetan kayu yang benar sangat penting diterapkan agar tercipta produk kayu yang bisa dimanfaatkan dalam waktu lebih lama. Apalagi pada kayu yang memang tidak begitu awet (kayu dengan kelas keawetan III, IV, dan V).

2 Macam Cara Agar Kayu Awet

Treatment pengawetan dapat dibedakan menjadi dua jenis metode, yakni:

Metode Tanpa Tekanan

Adalah metode pengawetan yang dilakukan tanpa memberikan tekanan dari luar kayu. Metode ini terdiri dari treatment dengan pengkuasan, penyemprotan, hingga perendaman. Dari segi efektivitas, cara agar kayu awet ini jauh lebih lemah dibanding cara dengan tekanan, namun lebih murah.

Metode dengan Tekanan

Adalah metode mengawetkan kayu yang dilakukan dengan memberikan tekanan dari luar agar obat pengawet yang digunakan dapat terpenetrasi dengan baik di dalam kayu. Umumnya, metode ini memanfaatkan mesin khusus seperti mesin vakum tekan.

Pengawet Rotan Fungisida Antijamur

Pentingnya Obat Pengawet Berkualitas Insecticide 100 EC dan Microcide 100 EC

Meski kedua cara di atas memiliki perbedaan prinsip dalam hal cara kerja, tetapi agar keduanya berhasil dibutuhkan hal yang sama, yakni kualitas obat pengawet. Obat pengawet memainkan peran paling penting dalam hal mencegah serangga maupun jamur. Sebab produk inilah yang berperan membuat substrat kayu menjadi beracun pada berbagai jenis organisme. Karena itu, bijaklah dalam membeli produk pengawet baik itu dari golongan antiserangga maupun antijamur. Pilih produk berkualitas Insecticide 100 EC sebagai insektisida dan Microcide 100 EC sebagai antijamur blue stain.

Langkah-langkah Cara Agar Kayu Awet

    • Pasca penebangan, tempatkan kayu dengan cara yang benar dan angin-anginkan. Bila kayu Anda termasuk kayu bergetah yang sangat mudah terserang jamur, segera aplikasikan Microcide 100 EC pada bagian ujungnya. Terapkan dengan sistem pengkuasan saja agar lebih mudah dan murah.
    • Setelah kayu dipotong lebih kecil, lakukan treatment lebih lengkap dengan Microcide 100 EC dan Insecticide 100 EC. Aplikasi metode dengan tekanan jauh lebih direkomendasikan, tetapi bila Anda tidak bisa melakukannya, terapkan metode perendaman.
    • Saat kayu disimpan dan dikirim, pastikan kondisi ruang penyimpanan bersih dengan ventilasi yang baik. Bila perlu, gunakan penyerap kelembaban Container Desiccant.

      Saat kayu difinishing, tambahkan Film Preservative FPR36 sebagai cara agar kayu awet. FPR36 akan membuat lapisan cat yang diterapkan lebih tahan terhadap serangan jamur.

  • Saat produk kayu selesai dibuat dan bisa Anda gunakan, rawat dengan baik dan jauhkan dari berbagai faktor yang bisa merusaknya.

Artikel "Anti Jamur Kayu"

About Us

Antijamur.net merupakan akan obat anti jamur ramah lingkungan untuk merawat kayu baik kayu basah maupun kering atau sudah menjadi perabot. Produk Antijamur.net sangat efektif untuk merawat perabot/bangunan.

©2015 - 2019 AntiJamur.net - All Right Reserved.