Merawat Garden Furniture dengan Cara yang Mudah Dilakukan

Selain melakukan pengecatan dan penggunaan sealer, terdapat beberapa cara merawat garden furniture lainnya yang juga bisa dilakukan dengan mudah. Apa saja cara-cara yang dimaksud? Simak penjelasannya di artikel ini.

Perawatan Furniture Taman yang Wajib Dilakukan

Mengingat pemakaiannya pada area outdoor dan sangat erat berkaitan dengan berbagai pengaruh cuaca dan kondisi lingkungan. Tidak heran jika resiko kerusakan mebel taman merupakan hal yang lumrah terjadi.

Sebagai pemilik sekaligus pengguna, tentu Anda mengharapkan bisa memiliki furniture yang awet untuk digunakan. Untuk merealisasikan hal tersebut, tentu diperlukan perawatan agar material furniture outdoor dapat bertahan dengan baik meski sudah cukup lama digunakan.

Sayangnya, seringkali sebagai pengguna mebel, kita tidak melakukan perawatan yang optimal. Pada garden furniture yang penggunaannya berada di area luar ruangan, tentu saja kerusakan bisa terjadi dengan lebih mudah karena pengaruh lingkungan.

Akan sangat disayangkan jika Anda tidak dapat mengoptimalkan perawatan hingga harus kehilangan potensi pemakaian mebel lebih lama. Karena sebenarnya, melakukan perawatan pada garden furniture tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Cara Merawat Garden Furniture

garden furniture yang indah

Ada beberapa cara merawat mebel taman yang mudah untuk dilakukan. Melalui cara-cara ini, tentunya kualitas mebel taman di rumah Anda akan lebih terawat dan bisa digunakan lebih optimal dalam jangka waktu pemakaian lebih lama.

1.  Mengubah Tata Letak Furnitur

Cara inilah yang kebanyakan kita lakukan setiap kali kita merasa bahwa furnitur mendapat kerusakan karena kondisi cuaca ekstrem. Sebenarnya, cara ini adalah pilihan terbaik yang dapat Anda gunakan jika Anda memiliki ruang di kebun atau area luar ruangan lainnya untuk menjaga furnitur kesayangan Anda.

Tidak ada sealer, cat, pernis, ataupun shellac yang diaplikasikan untuk memberikan perlindungan 100% dari elemen luar ruangan. Jadi, sebaiknya Anda menghindari furnitur kayu outdoor untuk bersentuhan langsung dengan sinar matahari secara konstan.

Hindari pula dari kondisi kelembaban yang lebih tinggi maupun kondisi cuaca ekstrem lainnya. Karena kayu sangat sensitif terhadap elemen luar ruangan dan memiliki perlindungan alami yang sangat rendah.

Pindahkan garden furniture Anda ke dalam garasi selama musim hujan untuk menghindari kontak langsung dengan kondisi cuaca yang ekstrem. Karena musim hujan penuh dengan kelembaban dan banyak bahan finishing atau cat yang tidak dapat menahan dan memberikan perlindungan yang optimal.

Jadi, sudah menjadi tugas Anda untuk memindahkan furnitur ke tempat yang aman terutama selama musim hujan. Memindahkan furnitur juga dapat meminimalisir sinar matahari langsung bersentuhan dengan permukaan kayu. Hal ini akan mencegah furnitur dari kerusakan akibat sinar UV.

Dengan menerapkan car aini, ada keunggulan dan kelemahan yang akan Anda peroleh. Di antaranya:

Pro Kontra
Melindungi dari sinar UV Sulit untuk memindahkan furnitur berat
Mendapat perlindungan dari kondisi kelembaban yang ekstrem Tidak semua perabot bisa sering dipindahkan
Lindungi dari kondisi musim dingin yang ekstrem Furnitur dapat rusak selama dipindahkan

2.  Cara Merawat Garden Furniture dengan Menggunakan Penutup

kanopi kaca untuk garden furniture pada konsep rumah modern

Menutupi furnitur kayu outdoor adalah cara mudah untuk melindunginya dari berbagai pengaruh elemen luar ruangan. Dengan cakupan yang tepat, furniture akan terlindungi secara fisik dari kelembaban, hujan, sinar UV dari sinar matahari, dan kondisi cuaca buruk lainnya.

Anda dapat menggunakan penutup furnitur teras, mantel pelindung, atau kain untuk melakukan cara ini. Tetapi pastikan untuk menggunakannya dalam ukuran yang tepat sehingga dapat menutupi furniture Anda sepenuhnya. Penutup sangat penting digunakan untuk garden furniture ketika sedang tidak digunakan.

Atap normal atau atap dengan filter UV juga dapat menjadi lapisan penutup yang bagus dari berbagai elemen luar ruangan. Seperti adanya hujan dan sinar matahari.

Berikut adalah beberapa pro dan kontra dari menutupi furnitur Anda untuk melindungi mereka dari elemen luar ruangan.

Pro Kontra
Melindungi dari sinar UV Hanya berlaku jika furnitur tidak digunakan
Lindungi dari hujan Kurang tahan terhadap kelembaban

Seperti yang Anda lihat, meskipun menutupi adalah cara yang baik untuk melindungi furnitur kayu, namun menutupi tanpa mengaplikasikan cat atau sealer sebelumnya bukanlah ide yang bijaksana. Covering adalah cara untuk memperkuat perisai furnitur dari berbagai elemen luar ruangan yang dapat merusaknya.

3.  Jaga Kebersihan Furnitur

Melakukan pembersihan secara rutin adalah suatu keharusan untuk menjaga kualitas garden furniture. Tidak hanya untuk melindunginya dari berbagai pengaruh lingkungan outdoor, tetapi juga untuk menjaganya secara umum.

Lumpur, jamur, dan berbagai kotoran lainnya dapat menyebabkan kerusakan pada kayu. Membersihkan mebel secara rutin adalah suatu keharusan meskipun furnitur sepenuhnya sudah diberi lapisan penutup atau sudah dicat.

Kotoran dan lumpur dapat dengan mudah menumpuk di permukaan kayu dan menyebabkan kayu menjadi busuk. Untuk mengatasi debu, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan taktik atau kain microfiber.

Kain taktik dapat membersihkan setiap bagian debu dan membuat permukaan furniture kembali bersih dengan sempurna. Untuk jumlah kotoran yang lebih banyak, ikuti metode di bawah ini untuk mengatasinya:

  1. Ambil spons, sabun cuci piring ringan, dan air hangat.
  2. Rendam spons dalam air sabun dan cuci dengan hati-hati sampai residu sabun dibilas.
  3. Biarkan furnitur mengering sepenuhnya sebelum penempatan.

Ketika kita melihat kelebihan dan kekurangan dari kegiatan menjaga furnitur agar tetap bersih, tentunya tidak ada kerugian yang akan kita terima. Dengan membersihkan garden furniture secara teratur justru akan memberi Anda banyak manfaat.

Jadi, mari lakukan cara merawat garden furniture yang optimal agar terhindar dari kerusakan aibat pengaruh dari berbagai elemen lingkungan yang ada. Lakukan upaya terbaik agar furniture taman kesayangan Anda tetap dapat digunakan dengan optimal.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya