Obat Anti Jamur Kayu Glugu Terbaik

Kayu glugu merupakan bagian dari pohon kelapa yang dapat dimanfaatkan menjadi furniture. Namun sayang kayu ini tidak tahan jamur sehingga perlu obat anti jamur kayu glugu.

Pohon kelapa sering dikatakan pohon seribu manfaat karena mulai dari akar hingga daunnya pun dapat dimanfaatkan menjadi bermacam-macam kegunaan. Salah satunya yang sering digunakan adalah batang pada pohon ini atau dikenal dengan kayu glugu.

Kayu glugu memiliki serat yang lurus dan tajam, walaupun termasuk jenis kayu yang kuat namun kayu ini tidak tahan terhadap serangan serangga dan jamur. Maka dari itu, selama penyimpanan atau penggunaan diperlukan obat anti jamur kayu glugu.

Pemanfaatan Kayu Glugu dalam Berbagai Bidang

Beberapa produk yang bisa dibuat dari material kayu glugu antara lain:

anti jamur kayu glugu

  1. Lantai. Kayu kelapa memiliki keindahan yang sangat elok ketika dipakai sebagai lantai, baik itu parquet ataupun deceking. Serat kehitaman glugu yang kontras membuatnya terlihat lain daripada yang lain. Bagi yang sedang membuat ruangan dengan desain bohemian hingga natural, glugu sangat direkomendasikan sebagai lantainya.
  2. Rangka bangunan secara umum. Di Indonesia sendiri, banyak bangunan tradisional yang memanfaatkan kayu kelapa. Bagi Anda yang ingin membuat rumah tradisional, pertimbangkanlah menggunakan tiang dan rangka dari kayu ini.
  3. Berbagai jenis furniture mulai dari meja, kursi, almari, tempat tidur, meja rias, dan lain sebagainya. Meski masih jarang, namun ada juga lho yang sudah membuat kitchen cabinet menggunakan material ini.
  4. Berbagai produk kerajinan. Dengan keindahannya yang khas, kayu kelapa menjadi material ideal untuk kerajinan. Misalnya saja figura, patung, hiasan dinding, bunga kayu, dan juga lampu meja.
  5. Berbagai alat musik. Pemakaian glugu untuk alat music memang masih terbatas. Apalagi untuk alat musik dari luar negeri. Namun dengan pengolahan yang tepat, kayu kelapa juga bisa dipakai untuk membuat berbagai alat musik modern lho. Termasuk alat musik seperti piano dan juga biola.

Waspada Serangan Hama Jamur pada Kayu Glugu

Glugu memang merupakan kayu yang sangat bermanfaat. Namun demikian seperti kami singgung di awal artikel, kayu ini rentan terserang hama. Teter, misalnya. Hama teter sangat jamak ditemukan menyebabkan kerusakan pada produk kayu kelapa. Sifat kayu yang tak begitu keras dengan densitas yang tak begitu tinggi (pada beberapa spesiesnya) membuat kumbang bubuk amat menyukai kayu ini.

pengawetan kayu kelapa

Selain teter, hama lain yang beresiko tinggi merusak kayu kelapa adalah jamur. Bahkan diperlukan obat anti jamur kayu glugu terbaik sebab masalah yang diakibatkan jamur begitu destruktif.
Jenis jamur yang bisa merusak sendiri ada beragam. Secara umum, kita bisa membedakannya menjadi jamur blue stain dan juga jamur permukaan.

  1. Jamur blue stain. Jamur ini bisa menyebabkan kerusakan warna pada glugu. Glugu yang terserang akan berubah warnanya menjadi kebiruan. Namun, kadangkala warnanya tidak kebiruan melainkan kehitaman hingga kehijauan. Sebab selain blue stain, sebetulnya ada jenis jamur noda yang lain. Namun yang paling sering menyerang memang jamur blue stain.
  2. Jamur permukaan dan pembusuk. Jamur permukaan sebagaimana namanya mulanya tumbuh di permukaan kayu atau produk kayu. Namun bila dibiarkan saja, lama-lama akar jamur bisa merusak substrat kayu dan menyebabkan kerusakan yang sangat parah.

Blue stain harus segera diwaspadai setelah kayu ditebang. Apalagi bila area ladang sudah pernah terkena blue stain atau jamur sudah pernah menyerang sebelumnya. Pencegahan harus dilakukan sejak dini. Adapun, jamur permukaan bisa menyerang kapanpun, termasuk ketika glugu sudah diolah menjadi mebel dan berbagai produk lainnya.

alterntif text

Obat Anti Jamur Kayu Glugu Yang Tepat

Pohon kelapa merupakan jenis pohon yang sangat mudah dijumpai di daerah tropis terutama di area pinggir pantai. Dahulu pohon ini sangat dimanfaatkan oleh warga pesisir untuk membangun sebuah bangunan, mulai dari batang kayu yang digunakan sebagai rangka pohon hingga daun yang digunakan sebagai atap.

Kayu pohon kelapa atau kayu glugu ini memang salah satu kayu yang sangat digemari di Indonesia. Bahkan kayu ini telah beralih fungsi sebagai furniture yang memiliki serat yang apik dan lurus. Namun, kendala ketika kayu ini akan digunakan adalah sangat rentan terhadap serangga dan jamur. Untuk mengurangi masalah tersebut maka diperlukan obat anti jamur kayu glugu yang tepat.

Obat anti jamur kayu glugu akan jauh lebih efektif diaplikasikan ketika kayu masih dalam bentuk glonggongan. Hal ini bertujuan untuk mencegah munculnya jamur muncul pada kayu terseubut. Cara yang sangat efisien dan murah adalah dengan cara direndam. Kayu yang direndam dalam obat anti jamur tersebut memang memerlukan waktu yang cukup lama sampai kayu tersebut siap digunakan. Hal ini bertujuan agar obat tersebut dapat masuk ke dalam serat kayu sehingga perlindungan terhadap kayu semakin maksimal.

Obat anti jamur kayu glugu yang sangat bagus digunakan untuk merendam kayu tersebut adalah pestisida. Walaupun sering digunakan dengan cara disemprot, namun jenis obat ini juga sangat efektif untuk cara direndam.

Malah sebetulnya, perendaman jauh lebih efektif dibanding sistem spray ataupun penaburan. Dalam metode perendaman, zat antihama bisa meresap lebih dalam ke material kayu. Sebab, terjadi kontak yang lebih lama dan intens antara substrat kayu dengan bahan pengawetnya.

Aplikasi perendaman akan makin baik bila dilakukan dengan bantuan mesin vakum tekan. Mesin vakum tekan memungkinkan treatment dilakukan dengan tekanan dan suhu yang bisa diatur. Dengan demikian, tingkat peresapan obat pengawet pada glugu pun bisa lebih mendalam.

Namun demikian, harga alat vakum tekan terhitung mahal. Sehingga, meskipun metode menggunakan alat ini adalah yang terbaik, namun tidak semua orang bisa melakukan karena faktor biaya.

Obat Anti Jamur Kayu Glugu yang Kami Sarankan

Treatment pengawetan akan memberikan hasil yang berbeda-beda tergantung berbagai faktor. Selain metodenya, hasil treatment juga dipengaruhi obat yang digunakan. Oleh karenanya, khusus untuk pengawetan anti hama jamur, gunakan obat yang terbaik, BioCide.

BioCide Wood Fungicide

anti jamur kayu glugu

  1. Produk ini memiliki zat aktif anti jamur blue stain. Selain itu, BioCide Wood Fungicide juga memiliki efek negative untuk bakteri pembusuk.
  2. Aplikasinya bisa dilakukan dengan berbagai cara dari penguasan hingga vakum tekan.
  3. Obat natijamur kayu glugu terbaik ini bisa diandalkan oleh petani glugu, pengepul, penjual, hingga Anda yang memiliki usaha mengolah kayu ini.
  4. Harga Rp. 98.000,-. Harga bisa berubah di masa depan. Kontak CS kami untuk informasi harga paling akurat.
  5. Sangat efektif dan juga tahan lama.

BioCide Surface Film Preservative

  1. Produk ini memiliki zat aktif anti permukaan dan juga anti lumut.
  2. Aplikasinya bisa dilakukan dengan diusapkan pada bagian glugu yang terserang jamur, atau dengan dicampurkan ke bahan finishing glugu.
  3. Bisa diandalkan masyarakat awam hingga para pelaku usaha
  4. Harga Rp. 98.000,-. Sebagaimana BioCide Wood Fungicide, harga bisa berubah di masa depan. Kontak CS kami untuk informasi harga paling akurat.
  5. Sangat efektif dan juga tahan lama.

Beli Antijamur untuk Hasil Pengawetan Kayu Glugu yang Lebih Baik

Dapatkan BioCide sekarang juga yuk. Pembelian sangat mudah dilakukan lho. Apalagi saat ini merupakan era “serba internet.” BioCide pun sudah bisa dipesan secara daring dengan cara yang amat mudah. Anda tinggal menghubungi saja kami lewat email atau nomor telepon yang disediakan.

Silahkan tanyakan informasi yang sekiranya Anda butuhkan lebih lanjut. Untuk pemesanannya sendiri, nanti Anda akan dipandu oleh Customer Service kami. Tenang, kami sudah berpengalaman menjual produk via daring ke berbagai kota di Indonesia. Jadi, jangan ragu untuk pembelian secara online ini.

biocide sfp anti jamur kayu glugu

Namun, Anda juga bisa lho membeli secara langsung. Bila Anda berlokasi di dekat Yogya, Jepara, dan Cirebon, mampir saja ke Bio Service Point. Bio Service Point adalah tempat Anda bisa membeli produk Bio Industries sekaligus berkonsultasi mengenai produk kami. Di Bio Service Point, selain tersedia BioCide antijamur, juga tersedia produk lainnya yang mungkin menarik buat Anda seperti cat dan juga lem kayu.

Kiranya, itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai obat anti jamur kayu glugu terbaik. Sekali lagi, glugu atau kayu kelapa merupakan kayu yang serba guna. Kayu ini bisa diolah menjadi berbagai produk mulai dari kerajinan sampai dengan furniture. Glugu juga memiliki keindahan memikat yang khas dan berbeda dari kayu pohon lain.

Namun demikian, tingkat keawetan kayu ini cenderung kurang baik. Selain sering kayu menjadi sasaran hama teter, glugu juga sering menjadi target serangan jamur, baik itu blue stain maupun pelapuk. Kedua jamur ini meski memiliki efek kerusakan yang berbeda, namun sama-sama merugikan secara materiil. Dengan demikian, pencegahan wajib dilakukan. Dan untuk kebutuhan ini, Anda bisa mengandalkan produk kami BioCide.

Untuk antijamur blue stain, Anda bisa menggunakan BioCide Wood Fungicide. Sedangkan untuk obat anti jamur kayu glugu pencegah wood decaying fungi sekaligus anti lumut, Anda bisa menggunakan BioCide SFP. Silahkan pesan dan gunakan BioCide antifungal untuk manfaat terbaiknya!

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn