Butuh Obat Anti Jamur Kayu Karet Ampuh? Silahkan Masuk Sini…

Kayu akan lebih bertahan lebih dari 20 tahun jika mengalami proses pengawetan dengan obat anti jamur kayu karet ampuh terlebih dahulu sebelum disimpan atau digunakan.

Pohon karet sangat mudah dijumpai didaerah tropis seperti Indonesia. selain memiliki manfaat hasil dari getah, batang kayu dari pohon ini pun juga sangat bermanfaat bagi industri kayu. Kayu karet dapat dimanfaatkan sebagai furniture karena kaarakternya yang kuat.

Kayu karet tergolong kayu yang kuat namun jenis kayu ini tidak cukup bertahan lama jika di ruang yang lembab atau basah. Jika diletakkan ditempat yang lembab atau basah maka kayu akan mudah terserang jamur. Untuk mencegah timbulnya jamur maka Anda perlu mengaplikasikan obat anti jamur kayu karet.

Jamur Tidak Tumbuh Dengan Obat Anti Jamur Kayu Karet

Pohon karet yang biasanya dikenal karena hasil karetnya, mulai tahun 1980-an pohon ini telah digunakan untuk kebutuhan kontruksi bangunan atau furniture. Batang karet ini memiliki karakternya yang kuat, dan digunakan sebagai alternatif pengganti kayu pinus, kayu merani, dan agathis.

Kayu karet sendiri tidak seutuhnya dapat digunakan sehingga sisanya pun tidak digunakan. Lembah kayu karet ini pun dapat dimanfaatkan dengan berbagai macam kegunaan seperti papan serat, papan partikel ataupun arang.

Kayu karet ketika dipotong memiliki warna menyerupai kayu jati yaitu kekuningan namun lama-kelamaan kayu tersebut akan berubah kecoklatan karena minyak dalam kayu keluar dari seratnya. Maka dari itu, kayu karet perlu melalui pengawetan dengan obat anti jamur kayu karet ampuh. Hal ini bertujuan tidak hanya mencegah timbulnya jamur namun juga memperpanjang keawetan kayu karet. Kayu karet yang tidak diawetkan hanya dapat bertahan sekitar 8-10 bulan sebaliknya jika sudah diberikan  obat anti jamur kayu karet ampuh maka dapat bertahan lebih dari 20 tahun.

Biasanya obat anti jamur kayu karet ampuh yang digunakan untuk pengawetan adalah campuran borax dan asam borat. Hanya cukup direndam ke dalam larutan hingga 40 menit kemudian didiamkan diruangan selama 2 minggu atau lebih agar obat tersebut dapat meresap ke dalam serat kayu. Atau Anda dapat menggunakan bahan dari perstisida. Ya, walaupun pestisida dikenal hanya untuk membasmi jamur namun saat ini telah dikembangkan untuk mencegah pertumbuhan jamur dengan formula yang telah disesuaikan.

Detail obat anti jamur bisa dilihat di sini:

BioCide Wood Fungicide (anti jamur untuk log atau sawn timber, fresh cut atau dalam masa pengeringan)

alterntif text

BioCide Surface Film Preservative (anti jamur permukaan untuk perabot/bangunan)

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn