silika gel

Gel Pengawet untuk Makanan Serta Informasi Harganya

Menggunakan gel pengawet makanan adalah salah satu cara yang diandalkan para pelaku usaha bidang kuliner dan food processing. Pertanyaannya, produk seperti apakah gel tersebut? Berapa harganya? Dan apa rekomendasi produknya?

Apa sih Gel Pengawet Makanan itu?

Silica gel untuk pengawet makan ini sebenarnya lebih tepat disebut silikon dioksida untuk pengawetan makanan. Silica sebagaimana yang kita ketahui pada dasarnya adalah mineral alam dengan jumlah kedua terbanyak di lempeng bumi setelah oksigen.

Namun saat ini, produk-produk silika sudah bisa dibuat di pabrik. Silika memiliki sifat yang sangat khas. Material ini berkarakter hidrofilik sehingga sangat suka mengikat molekul air (H2O) di lingkungan di mana ia diletakkan. Oleh karena sifatnya inilah, silika sering digunakan sebagai bahan pengawet.

Lalu, apa korelasinya?

Beberapa dari Anda mungkin bertanya demikian. Secara ringkas, kita tahu bahwa air merupakan sumber penghidupan. Hal ini berlaku untuk semua organisme termasuk jamur dan bakteri pembusuk.

silica gel untuk bahan pengawet makanan

Katakanlah Anda memiliki 2 buah kotak berisi biskuit. Keduanya Anda tutup dengan rapat. Hanya saja, Anda memasukkan silica gel di kotak A dan tak memasukkan apapun di kotak B. Setelah beberapa lama, akan muncul jamur pada kotak B, namun tidak pada kotak A.

Kenapa pada kotak A tidak terdapat atau hanya ada sedikit ditumbuhi jamur? Sebab tidak ada air yang bisa dimanfaatkan jamur untuk tumbuh. Air di kotak A telah terserap oleh bahan silica gel yang hidrofilik.

Tak Cuma untuk Usaha Pengolahan Makanan

Yang lebih menarik, silica gel pengawet makanan ini bukan hanya bisa diandalkan untuk bidang kuliner. Produk ini juga bisa digunakan untuk mengawetkan berbagai barang pada industri yang berbeda-beda. Contohnya,

  1. Dalam industri fashion, gel silika dimanfaatkan untuk mencegah jamuran pada tas, sepatu, dompet, dan aneka produk fashion lainnya.
  2. Dalam industri elektronik dimanfaatkan untuk produk mengatasi kelembaban pada barang elektronik kecil seperti kamera, ponsel, hingga jam. Gel silica mencegah terjadinya konslet berskala kecil hingga pengaburan pada lensa dan monitor.
  3. Pada industri craft, silica gel juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya jamuran dan pelapukan pada barang kerajinan dengan ukuran yang kecil.

Varian yang Beragam

Hingga hari ini, terdapat setidaknya 4 varian silica gel. Varian-varian tersebut adalah:

  1. Sintetis dan transparan: merupakan varian yang paling umum ditemukan. Warnanya putih transparan, bentuknya hampir sempurna bulat, dan cukup aman untuk digunakan.
  2. Biru: merupakan varian yang tidak boleh sembarangan digunakan. Sebab terdapat kandungan toksik yang berbahaya bagi kesehatan. Bentuknya sendiri mirip silika putih, dengan wujud bundar yang hampir sempurna.
  3. Oranye: memiliki bentuk serupa silika gel putih, namun dengan warna jingga yang bisa berubah menjadi hijau. Tingkat keamanannya sama baiknya dengan varian yang pertama.
  4. Organic: memiliki bentuk seperti batu-batuan kecil. Warnanya keabu-abuan hingga coklat. Bentuknya tidak seragam karena bukan barang pabrik, melainkan diambil langsung dari alam.

Keamanan Gel Pengawet Makanan

Pemakaian silica untuk mengawetkan makanan memberikan keuntungan yang cukup berarti bagi para pelaku usaha kuliner. Namun masalah keamanannya memang perlu diperhatikan.

Seperti dijelaskan di atas, terdapat lebih dari 1 jenis gel pengawet. Yang aman digunakan adalah yang transparan, jingga, dan organic. Di antara ketiga varian tersebut, tipe organik ialah yang paling baik untuk kesehatan.

gel pengawet makanan aman

Untuk Makanan Apa Saja?

Secara umum, produk silica kami bisa digunakan untuk beberapa jenis makanan, yaitu:

  1. Aneka kacang-kacangan seperti kacang mete dan kacang almond
  2. Kudapan manis seperti cokelat dan kue-kue kering
  3. Makanan semi basah seperti roti, namun harus disesuaikan dengan ukurannya
  4. Berbagai jenis bumbu kering yang dimasukkan ke dalam botol
  5. Buah-buahan yang dikeringkan
  6. Berbagai jenis makanan siap saji terutama yang telah melewati masa pengeringan terlebih dahulu

Berapa Harga Silica Gel? Lalu, Bagaimana Ketahanannya?

Harga gel pengawet makanan sangatlah murah. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp27.000 hingga Rp50.000 tergantung kualitas yang ditawarkannya.
Ketahananya pun juga cukup lama. Produk aktif dalam situasi ideal mulai dari 4 bulan hingga 1 tahun. Semakin baik Anda tahu cara menggunakannya, masa pakai produk akan semakin lama.

Cara pemakaiannya silica gel:

  1. Pastikan produk memang sudah kering atau dalam tingkat kekeringan idealnya
  2. Pastikan wadah bersih dan kering
  3. Masukkan makanan ke dalam wadah
  4. Dengan cepat, ambil silica dari kemasan besarnya dan tutup wadah dengan rapat.
  5. Jangan lupa untuk menatap kemasan besar silica juga.
  6. Selesai.

Penutupan harus dilakukan dengan cepat agar udara dalam wadah tidak semakin lembab. Dus, silika tidak cepat jenuh karena terus mengikat molekul air yang masuk.
Mudah bukan? Makanya, yuk segera pesan gel pengawet makanan yang organik di antijamur.net.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya