7 Manfaat Kayu Jati dari yang Biasa sampai yang Tak Terduga

Siapa yang bisa menyangkal bahwa kayu jati memiliki manfaat luar biasa dalam kehidupan kita? Manfaat kayu jati pun sangat beragam mulai dari yang sangat biasa sampai yang jarang kita duga.

Karakter Kayu Jati

Jati merupakan salah satu material kayu yang menjadi primadona di masyarakat. Kayu ini begitu populer dan memiliki permintaan tinggi meski harganya semakin hari semakin mahal. Tentu hal itu tak lepas dari kualitas kayu jati sendiri. Beberapa karakter kayu jati di bawah ini adalah faktor yang membuatnya sangat disukai:

    1. Termasuk kayu dengan kelas kuat dan kelas awet yang sangat baik
    1. Memiliki tampilan indah dengan pola serat kayunya
    1. Mudah dikerjakan menjadi berbagai jenis produk
    1. Kayu stabil
  1. Kokoh

7 Manfaat Kayu Jati

Dengan kualitasnya yang memang mumpuni, jati telah mensuplai berbagai kebutuhan manusia dalam berbagai bidang. Berikut ini 7 guna atau fungsi kayu jati di kehidupan kita sehari-hari.

Sebagai Bahan Baku Furniture Indoor

kursi-jati

Guna kayu jati yang ini rasa-rasanya sudah lama dikenal orang. Di tengah maraknya furniture berbahan mdf, mebel dengan bahan jati memang lebih mahal. Namun tentu saja keawetannya melebihi furniture kayu olahan tersebut.

Sebagai Bahan Baku Furniture Outdoor

Selain dapat digunakan untuk furniture indoor, kayu jati adalah salah satu dari sedikit kayu yang bisa sangat diandalkan untuk mebel outdoor atau luar ruangan. Bahkan di negara empat musim, jati tak perlu dimasukkan ke dalam bangunan ketika hujan salju terjadi. Hal ini sangat berbeda dengan kebanyakan kayu yang lain.

Bahan Konstruksi Bangunan

Karena kekuatan dan keawetannya, jati adalah andalan di bidang konstruksi bangunan. Misalnya saja sebagai rangka atap hingga tiang-tiang dalam gazebo.

Kayu Kapal

manfaat-kayu-jati

Manfaat jati dalam industri perkapalan masih terkait dengan sifatnya yang awet, kokoh, dan stabil. Bahkan fungsi ini sudah diterapkan sejak zaman belanda.

alterntif text

Pembuatan Dekorasi

Bila dua poin di atas bicara mengenai manfaat jati dari aspek kekuatannya, poin ini lebih menekankan pada aspek keindahan jati. Tak dapat disangkal bahwa jati memiliki pola serat cantik yang akan membuatnya begitu menawan sebagai dekorasi.

Lantai dan Panelling

lantai-decking-jati

Manfaat kayu jati berikutnya ialah sebagai bahan baku paneling serta lantai bangunan. Kayu ini bisa digunakan baik untuk decking maupun parket dan indoor wooden flooring.

Bantalan Rel Kereta Api

Jati untuk bantalan rel? Ya, nyatanya memang demikian. Meskipun bisa diubah menjadi furniture dengan keindahan luar biasa mewah, namun substrat ini tetap menjadi andalan untuk kebutuhan dengan beban besar. Tentu saja jati dipilih karena kayu ini stabil, kokoh, dan awet.

Meski demikian, supaya jati benar-benar awet dan tidak menyebabkan kecelakaan, treatment pengawetan sebaiknya dilakukan dulu. Resapkan obat pengawet seperti antijamur BioCide Wood Fungicide dan BioCide Insecticide. Keduanya bisa melindungi substrat jati dari berbagai hama seperti rayap dan jamur. Treatment ini pun kami sarankan untuk kebutuhan jati yang lain. Jangan salah. Meskipun jati adalah kayu yang awet, namun pengawetan tetap bisa meningkatkan masa pakainya secara signifikan. Apalagi sekarang banyak jati muda bereda yang kualitasnya di bawah kayu jati tua.

biocide

BioCide untuk mengawetkan kayu jati
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!