Jamur Warna Hitam Penyebab Kematian? Ketahui Cirinya Di Sini!

Bukan hal baru saat kita menganggap jamur warna hitam sebagai jamur yang membahayakan. Informasi dari berbagai media memang sering menggambarkan jamur dengan warna ini sebagai jamur yang harus diwaspadai. Dan ini pun sebenarnya bukan hal yang buruk sebab kewaspadaan memang penting.

Akan tetapi, harus dipahami bahwa tidak semua jamur hitam atau black mold itu toksik. Banyak di antaranya sebenarnya tidak menyebabkan masalah kesehatan berarti. Sehingga, sangat penting bagi kita untuk mengindentifikasi apakah jamur hitam tersebut berbahaya sebelum panik luar biasa. Meski, tentu saja jamur yang tak begitu bahaya pun harus segera dibasmi supaya tak merusak bangunan dan perabot.

Seperti Apa Ciri Jamur Warna Hitam Beracun?

bahaya-jamur-warna-hitam

Black mold yang diangap beracun sebenarnya berasal dari spesies Stachybotrys Atra. Spesies jamur ini dapat mengeluarkan mikotoksin atau racun jamur yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Syarat hidupnya ialah kelembaban yang tinggi. Seringkali Stachybotrys Atra tumbuh pada bagian dinding dengan penampakan hitam kehijauan meski kadang juga tampak keabu-abuan. Hal ini lumayan jarang ditemukan di keluarga fungus yang lain.

Apakah Berbau?

Apakah jamur hitam berbau? Ya. Namun baunya hanya berupa bau khas jamur. Jelas bau ini benda dengan bau benda lain seperti debu dan kotoran.

Tanda Black Mold

Bila mikotoksin sudah mengontaminasi ruangan, akan ada beberapa gejala yang Anda rasakan. Berikut ini beberapa ciri atau tanda serangan jamur warna hitam:

    1. Iritasi pada membrane mucus
    1. Bersin dan batuk-batuk (kadang batuk disertai darah)
    1. Sulit bernafas
    1. Muntah dan diare
    1. Gangguan ginjal
    1. Sulit berkonsentrasi
    1. Iritasi pada mata, mulut, dan hidung
  1. Serangan sistem imun

jamur-hitam-di-kayu

Tahukah Anda, serangan jamur ini bisa berakibat pada kematian bila tidak diatasi dengan benar? Pada beberapa kasus terutama mereka yang alergi, serangan black mold dapat berakibat sangat mengerikan. Oleh karena itulah sesegera mungkin lakukan pembasmian dengan cara yang aman supaya Anda tak harus berhadapan dengan resiko tersebut. Pada artikel selanjutnya kami akan sajikan tips pembasmi black mold.

alterntif text

Di Mana Biasa Ditemukan?

Jamur warna hitam bisa Anda temukan di berbagai tempat yang lembab, baik pada kayu, tembok, dan permukaan benda lainnya. Zat-zat organik seperti kayu biasanya menjadi substrat yang disukai jamur untuk tumbuh. Selain furniture, waspadailah keberadaan jamur ini pada karpet, panel kayu, hingga plafon. Agar tak menyerang, tentu pencegahan sejak dini perlu Anda lakukan. Mulai saja dari cara sederhana yang mudah dilakukan, yakni menjaga kelembaban dalam ruangan.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn