Cara Membasmi Lumut di Daerah Dingin Supaya Tak Kembali Lagi

Bagaimana cara membasmi lumut di daerah dingin seperti Bandung, Malang, dan Bukittinggi? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Lumut adalah tanaman dalam kingdom Bryophyta. Salah satu ciri utama tanaman Bryophyta adalah ketiadaan sistem vascular seperti xylem. Hal ini membuat struktur anatomi lumut sangat sederhana.

Misalnya saja pada daunnya. Pada banyak kasus, daun lumut bukanlah daun sejati sebab tidak membentuk jaringan yang terdiferensiasi. Kadang-kadang malah daunnya hanya setebal 1 sel saja.

Meskipun demikian tanaman lumut adalah tanaman yang sangat luar biasa. Bersama dengan paku dan licens, lumut tergolong sebagai organisme perintis. Dalam kehidupan modern pun, lumut memiliki potensi pemanfaatan yang sangat banyak. Misalnya untuk pembuatan pembalut, obat, makanan, dan masih banyak lagi.

Menyukai Daerah Dingin dan Lembab?

Sebagai tanaman perintis yang strukturnya sangat sederhana, lumut sangat menyukai daerah yang dingin dan lembab. Anda akan dengan mudah menemukan tanaman ini di bebatuan bawah pohon rindang hingga di tembok rumah yang jarang terpapar sinar matahari.

Kecenderungan tumbuh lumut itu membuatnya dijadikan indikasi untuk menentukan arah di hutan. Bila seseorang tersesat, ia bisa menentukan arah barat dan timur dari pola pertumbuhan lumutnya.

cara membasmi lumut di daerah dingin

Namun meskipun punya fungsi ekologis yang baik (sebagai perintis), tanaman non vascular ini juga memiliki dampak-dampak yang tak mengenakkan. Misalnya saja sifatnya yang cenderung destruktif pada produk kayu seperti furniture taman, pagar, hingga tiang-tiang dari kayu dan bambu.

Di daerah yang suhunya dingin seperti Dieng, Manado, dan lainnya, dampak buruk tersebut kadang begitu merugikan. Coba bayangkan bila Anda punya vila di daerah Bandung. Perawatan vila tak bisa dikatakan murah sebab harus ada sistem pengendalian hama khususnya terhadap lumut.

Jika hal itu diabaikan, jangan kaget vila Anda dianggap angker dan diajuhi para calon penyewanya! Oleh sebab itulah, pengendalian memang mesti dilakukan. Namun bila lumut terlanjur menyerang, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Iklan Biothane utama

Alat dan Bahan yang Harus Disiapkan dalam Cara Membasmi Lumut di Daerah Dingin

  1. Amplas dan kain lap
  2. Kuas
  3. BioCide Surface Film Preservative
  4. Sarung tangan dan berbagai alat keamanan lainnya
  5. Air

5 Langkah Cara Membasmi Lumut yang Mudah

membasmi lumut di daerah dingin

  1. Pertama-tama, bayur dulu perabot atau bagian kayu bangunan yang diserang lumut. Pembayuran ini dilakukan agar debu yang menempel bisa hilang. Sebab keberadaan tanah dan debu secara umum akan membuat obat sulit menjangkau lumut.
  2. Diamkan hingga agak kering.
  3. Pakai alat-alat safety seperti sarung tangan hingga kacamata pelindung
  4. Encerkan BioCide SFP sesuai yang direkomendasikan.
  5. Kuaskan di area yang berlumut.
  6. Tunggu hingga lumut mengalami kerusakan. BioCide SFP bekerja dengan merusak proses fotosintetis lumut dan spora-spora yang ada.
  7. Lap, amplas, atau kikis dengan kape lumut yang sudah terbasmi tersebut.
  8. Bersihkan dengan air dan lap kering.
  9. Selesai!

Catatan:

  1. Wajib menggunakan alat keamanan sebab BioCide SFP adalah racun obat jamur. Hindari kontak langsung cairan ini dengan kulit, mata, ataupun sistem pernafasan Anda.
  2. Simpan BioCide SFP dengan tutup rapat di area yang bersih, tak terkena sinar matahari langsung, tak panas, dan jauh dari jangkauan anak-anak.
  3. BioCide SFP memiliki kandungan pencegahan pertumbuhan spora. Jadi, selalu gunakan obat lumut ini, jangan yang lainnya.

Cara Mencegah Lumut agar Tak Datang Lagi (Antisipasi)

Sebenarnya, tak sulit mengikuti cara membasmi lumut di daerah dingin yang disebutkan di atas. Hanya saja, tentu akan merepotkan bila kita harus sering-sering melakukannya. Daripada repot, sebaiknya setelah melakukan pembasmian lumut, kita melakukan langkah-langkah antisipatif di bawah ini.

1. Pembersihan

Secara rutin dan berkala lakukanlah pembersihkan sebagai cara mencegah sekaligus cara membasmi lumut di daerah dingin. Pembersihan meliputi kegiatan yang sederhana seperti menyapu, membersihkan debu, dan menyiangin rumput.

Pembersihan akan merusak spora lumut yang baru bertunas. Pembersihan juga akan mengurangi kelembaban sehingga jumlah lumut yang muncul akan berkurang.

2. Cat dengan Campuran BioCide SFP

biocideTips kedua untuk membasmi lumut di daerah dingin sekaligus mencegahnya adalah dengan menambahkan BioCide SFP ke plitur, cat, dan bahan finishing cair apapun yang Anda gunakan (water based). Dengan cara ini, maka lapisan cat yang menyelubungi kayu mebel atau bangunan akan benar-benar protektif terhadap lumut dan juga jamur.

Selain itu, cara ini juga bisa menghemat ongkos Anda lho. Pasalnya, bila Anda membeli cat premium yan memiliki sifat anti lumut, biasanya harganya lebih mahal. Dengan BioCide, Anda bisa membeli cat yang biasa dan mengubahnya jadi cat anti lumut dan anti jamur dengan harga lebih murah.

3. Pengecatan Ulang

Tips terakhir namun tak kalah penting adalah melakukan pengecatan ulang jika lapisan cat yang lama sudah rusak. Pengecatan ulang sangat penting namun sering diabaikan.

Kami sering lho mendapati mebel yang catnya sudah rusak dan tak dicat ulang. Padahal mebel tersebut diletakkan di luar ruangan sebagai garden furniture.

Ketika lapisan cat lama rusak, maka kayu di dalamnya akan terekspos langsung dengan spora lumut. Alhasil, bila tak juga dilakukan tindakan, lumut akan tumbuh menyebabkan pembusukkan.

Yuk Beli BioCide Surface Film Preservative di Antijamur!

Mari beli dan gunakan sekarang juga BioCide Surface Film Preservative. Bagi Anda yang tertarik, Anda bisa membeli dengan cara yang mudah lho. Tak perlu keluar energi, Anda tinggal menghubungi CS kami untuk memesan produk ini. Di manapun Anda di Indonesia, kami akan memroses pesanan dari Anda.

Selain itu, tentu saja Anda juga bisa membeli secara langsung. Anda bisa membeli ke Bio Service Point atau ke agen-agen kami. Silahkan hubungi CS ya untuk informasi alamat agen yang paling dekat dengan tempat Anda.

Eits, Anda bahkan juga bisa mendaftar sebagai agen. Sekiranya memenuhi syarat, kami bisa melakukan kerja sama yang menguntungkan dengan Anda.

Lantas, bagaimana dengan pembelian via daring? Tentu saja boleh. Tapi waspadalah agar mendapatkan produk yang asli, bukan produk palsu.

Simpulan

Beberapa hal bisa kita simpulkan dari penjelasan di atas:

  1. Lumut adalah sekelompok tanaman non vascular. Disebut demikian sebab tanaman ini tidak memiliki jaringan pengangkut Xylem seperti pada tanaman biasa.
  2. Meski punya banyak manfaat secara ekologis ataupun untuk manusia, namun lumut juga bisa menyebabkan kerusakan.
  3. Kerusakan tersebut umum dijumpai di daerah yang lembab dan dingin. Area pegunungan seperti Dieng, Bandung, hingga Bukittinggi merupakan daerah-daerah yang amat rentan terkena hama ini.
  4. Solusi yang tepat jelas harus dicari. Dan untuk mengatasinya, kami merekomendasikan kepada Anda BioCide Surface Film Preservative.
  5. Selain bisa dipakai untuk menghilangkan lumut di perabot dan kayu konstruksi, BioCide juga bisa dipakai untuk mencegah hama itu datang kembali.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Terus ikuti berbagai informasi menarik lainnya seperti tentang cara membasmi lumut di daerah dingin ini!

Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn