Bahaya Jamur Lemari yang Harus Diantisipasi

Mold atau yang biasa disebut jamur permukaan adalah unsur berbahaya yang sangat kecil. Mold termasuk dalam kelompok fungi dan dapat berkembang pada hampir semua permukaan terutama benda berbasis selulosa. Lemari pakaian atau lemari dapur Anda juga mengandung selulosa. Dan itulah sebabnya kenapa lemari sering ditumbuhi jamur.

Lantas apa yang harus kita lakukan bila lemari telah ditumbuhi jamur? Jelas, tindakan yang tepat harus segera dilakukan. Pasalnya, bahaya jamur lemari sangat mengeringkan bagi kesehatan. Bahaya itu juga semakin bertambah karena kita sehari-hari pasti bersentuhan dengan lemari. Bahaya itu akan terakumulasi dalam tubuh kita.

Jamur yang Invasif

Jamur hadir hampir di mana-mana. Dan secara natural, jamur sejatinya merupakan bagian besar dalam keseimbangan ekologis di lingkungan kita. Mereka memainkan peran penting dalam menghancurkan zat organic dalam siklus daur ulang.

Menurut beberapa penelitian terbaru, sekitar 50 persen rumah memiliki masalah kelembaban yang tidak diketahui. Dan seperti yang kita tahu, jamur paling suka tumbuh di tempat yang lembab. Sayangnya, pada sebagian besar kasus, pertumbuhan jamur dalam ruangan berpotensi buruh sehingga harus segera dibasmi. Lingkungan dan kebiasaan kita pun harus diperhatikan untuk mencegah penyebaran jamur di rumah Anda.

Menurut beberapa penelitian terbaru, sekitar 50 persen rumah memiliki masalah kelembaban yang tidak diketahui. Dan seperti yang kita semua tahu, jamur paling suka tumbuh di tempat yang lembab. Untuk sebagian besar, semua pertumbuhan jamur dalam ruangan berpotensi bahaya dan harus segera dibasmi, tidak peduli jenis jamur apa yang ada atau apakah dapat menghasilkan racun. Lingkungan dan kebiasaan kita harus diperhatikan untuk mencegah penyebaran jamur di rumah Anda.

Tidak peduli siapa Anda, atau di mana Anda tinggal, semua orang perlu mengurangi jumlah jamur dan jamur di udara yang mereka hirup. Jika Anda mencium bau apek di rumah atau tempat kerja Anda, ada kemungkinan besar kemungkinan itu jamur pengganggu.

Tentu saja, jika Anda benar-benar melihat jamur pada lemari di rumah atau kantor Anda, berarti Anda tahu ada masalah. Kabar buruknya adalah, sebagian besar jamur beracun yang beredar di udara kita sebenarnya tidak terlihat oleh mata telanjang, namun tetap dapat mempengaruhi kesehatan Anda secara serius.

Bahaya Jamur Lemari Bagi Kesehatan

Pengobatan oriental kuno mengatakan bahwa udara bersih dan segar, adalah salah satu komponen terpenting tidak hanya fisik, tapi juga kesehatan mental. Sederhananya, tanpa udara bersih, tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik. Bila tubuh tidak berfungsi dengan baik, pikiran tidak bisa berfungsi dengan mudah dan jelas.

alterntif text

Kata penyakit secara harfiah berarti, “dis-ease”, atau berada di tempat di mana tubuh tidak nyaman. Tanpa oksigen, kita tidak bisa hidup. Dengan udara yang tidak bersih, kita mungkin bisa menopang diri kita sendiri, tapi kita tidak akan merasa nyaman, atau terbebas dari penyakit.

Inilah salah satu alasan mengapa kehadiran jamur di udara dalam ruangan kita secara klinis dikaitkan dengan lebih dari sekadar reaksi alergi. Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara spora jamur di udara dan depresi, dan bahkan kematian!

Banyak penelitian serupa menunjukkan bahwa rata-rata manusia bernafas dengan jumlah racun yang sangat tinggi dari udara lingkungan. Sebenarnya, dengan setiap napas, kita memasukkan lebih banyak zat beracun dan kurang dari oksigen vital yang kita butuhkan, dari sebelumnya.

Jamur yang menempel dimanapun di dalam rumah Anda, termasuk lemari Anda, bisa menyebabkan berbagai masalah medis, terutama masalah pernafasan. Misalnya, jamur jenis aspergillus sering menyebabkan infeksi pernafasan seperti bronkitis dan pneumonia, serta pembengkakan paru-paru. Jamur jenis Penisilin sering menyebabkan infeksi sinus dan pembengkakan paru-paru.

Beberapa jenis jamur juga bisa menyebabkan gejala lainnya. Misalnya, penisilin menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang yang termasuk gejala seperti ruam kulit gatal-gatal. Pada kasus yang sangat parah, reaksi alergi bahkan meliputi pembengkakan tenggorokan dan sulit bernafas.

Jika Anda mengalami gejala yang Anda kira mungkin disebabkan oleh paparan jamur ini, temui dokter Anda. Biarkan dia tahu bahwa jamur bisa menyebabkan penyakit Anda. Obat-obatan dapat membantu membersihkan infeksi pernafasan dan membuat pernapasan lebih mudah. Namun, Anda juga harus mencegah dan membasmi jamur yang menempel di rumah Anda, baik di dinding, perabotan ataupun atap, jamur harus dibasmi dari rumah Anda untuk mencegah gejala penyakit atau bahkan semakin memperburuk.

Ikuti panduan kami tentang cara membasmi jamur dan menghilangkan bahaya jamur lemari di artikel berikut ini: Cara menghilangkan jamur pada lemari .

Dari Mana Jamur Mengintai Kita?

Kebanyakan jamur adalah jamur mikroskopis yang tumbuh di permukaan inang, seperti roti atau lemari dapur. Jamur hijau yang Anda lihat di sepotong roti atau lemari kayu bukanlah satu jamur, namun sebenarnya adalah kumpulan ratusan jaringan jamur yang terhubung.

Setiap kelompok spora jamur spora bersama-sama menggunakan senjata tubular kecil untuk menciptakan organisme tunggal, yang biasa disebut sebagai cluster. Jenis jamur yang berkerumun ini terlihat.

Tapi, sejumlah besar spora jamur mikroskopis “tidak berkelompok” sering bergerak melalui wilayah udara kita. Spora ini sama sekali tidak terlihat oleh mata manusia. Untuk alasan ini, jamur bisa sulit ditemukan, dan karena itu lebih sulit untuk disingkirkan. Meskipun sejumlah kecil jamur tidak akan merugikan sebagian besar dari kita, ini akan menjadi masalah besar saat spora jamur lepas kendali. Bila kuantitas tidak terkendali, atau bila individu yang sangat sensitif terhadap jamur yang beracun, lalu menghirupnya, bisa menimbulkan bahaya kesehatan yang serius. Jamur permukaan, yang juga bisa menempul pada perabotan atau mebel Anda di rumah diketahui menyebabkan masalah pernafasan, gejala reaksi alergi umum, gangguan sistem saraf dan depresi. Inilah bahaya jamur lemari yang perlu Anda waspadai.

Secara khusus, ada beberapa jenis jamur yang menghasilkan apa yang disebut mikotoksin. Jenis ini sangat berbahaya dan menciptakan lingkungan beracun untuk Anda, anak-anak dan hewan peliharaan Anda. Studi telah menunjukkan bahwa bernapas dalam jumlah besar miotoksin ini dapat mengganggu keseluruhan sistem manusia, dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Statistik Pembuka Mata Terkait Bahaya Jamur:

Banyak penelitian mengenai bahaya jamur, termasuk bahaya jamur lemari yang biasa menempel di lemari rumah Anda, di kamar atau di ruang tamu.

  • Sebuah laporan terobosan dari tahun 2007 menyatakan bahwa para ilmuwan menemukan korelasi langsung antara tingginya jamur di rumah tangga dan depresi.
  • Yang lebih mengejutkan lagi, penelitian menunjukkan bahwa udara di dalam rumah kita bisa lebih buruk daripada udara di luar. Rata-rata orang menghabiskan sekitar 90% waktu kita di bangunan tertutup, dan lebih dari 60% waktu kita berada di rumah kita. [3]
  • Para ilmuwan telah mengidentifikasi lebih dari 1.000 jenis jamur dan jamur di dalam rumah di Amerika Serikat.
  • Lebih dari 100.000 jenis jamur ada di sekitar rumah!
  • “Stachybotrys” adalah jenis jamur yang sangat beracun yang telah dikaitkan dengan kematian manusia.

Dengan ribuan jenis jamur di rumah kita yang menyebabkan gangguan kesehatan keluarga, kita harus segera mengambil tindakan serius. Tindakan yang efektif. Ikuti Tips Menghilangkan Jamur Pada Lemari Kayu dan cari tahu informasi mengenai Obat Anti Jamur Untuk Lemari Kayu.

Cara Bertahan Hidup Jamur Lemari

Jamur hidup dari bahan organik dan menyukai lingkungan yang hangat dan lembab. Ini termasuk jaket kulit Anda, koran tua, dinding kamar mandi, jendela, plafon, dan kertas dinding, dan lemari pakaian atau lemari dapur Anda. Paling sering, lumut, yang merupakan bentuk jamur, menyerang ruang kerja bila ada tingkat kelembaban yang tinggi, seperti ruang bawah tanah yang apak atau dinding shower. Itu masuk melalui dinding, jendela, pintu, karpet, atau di bawah lemari es.

Spora jamur juga bisa dibawa pada pakaian, sepatu, hewan peliharaan dan tubuh kita. Dokter memperingatkan agar tidak bernapas dekat jamur dalam jangka waktu yang lama. Bayangkan bila Anda setiap hari mendekati bahaya jamur lemari dan lemari tersebut tidak pernah Anda obati! Sering kali, rumah dan kantor kita dipenuhi jamur beracun. Dan, karena bisa bersembunyi di celah-celah di dinding kita, lemari kayu atau lemari pakaian dan juga tempat tak terlihat lainnya, kebanyakan dari kita tidak sadar bahwa kita terkena dampak yang sangat berbahaya.

Saat ini, pertumbuhan jamur pada lemari di rumah dan tempat kerja lebih merupakan masalah kesehatan daripada yang kita duga. Di atas sudah dijelaskan bahaya jamur lemari bagi kesehatan. Jadi penting bagi Anda untuk mengenali gejala jamur di rumah Anda, dan lakukan langkah-langkah untuk melindungi diri dan keluarga Anda dengan mengobati lemari atau perabotan lainnya yang terserang jamur kayu. Anda butuh informasi tindakan tepat dengan pengobatan anti jamur, silahkan cek informasi ini Obat Penghilang Jamur Pada Lemari Kayu BioCide.

Solusi Bahaya Jamur Lemari

Bahaya jamur lemari harus segera diantisipasi. Dan ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah jamur muncul di mebel Anda.

  1. Letakkan lemari di area yang kering dan tidak lembab. Bila tembok di mana lemari diletakkan tampak lembab, sebaiknya keringkan dulu dinding dan cari penyebab kelembabannya. Banyak orang yang justru mencoba menutupi dinding lembab dengan meletakkan lemari di depannya. Padahal, hal itu justru tidak baik. Dinding akan semakin lembab, dan lemari pun “tertulari kelembaban” dinding.
  2. Hindari memasukkan benda-benda basah dan kotor ke dalam lemari.
  3. Bersihkan dan keringkan almari secara berkala. Lakukan pembersihan secara mingguan hingga bulanan (untuk pembersihan yang lebih detil).
  4. Gunakan penyerap kelembaban di area lemari yang jarang sekali dibuka. Area yang jarang dibuka rentan terserang hama karena kondisinya pasti lebih lembab.
  5. Lakukan pengecekan terhadap jamur secara berkala. Bila ditemukan adanya serangan jamur, jangan tunggu lama-lama untuk mengatasinya.
  6. Lakukan pengecatan bila lapisan cat lama sudah rusak. Lapisan cat bisa menahan serangan jamur di lemari. Apalagi bila cat yang digunakan adalah cat dengan fitur antifungal.
  7. Gunakan alas di almari. Alas sebaiknya bisa menyerap air sehingga dapat membantu menurunkan kelembaban udara di almari.

BioCide Antifungal untuk Atasi Bahaya Lemari Jamur


Apabila jamur sudah terlanjur tumbuh di almari, kita harus segera mengatasinya, seperti disebutkan pada tips di atas. Tapi bagaimana cara untuk mengatasinya?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menerapkan prinsip safety first. Keselamatan diri harus diutamakan. Pasalnya, bahaya jamur lemari tidak main-main. Apabila jamur hanya menyebabkan bersin dan sedikit pusing, barangkali kita masih bisa menoleransinya. Tapi bagaimana bila jamur menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius? Misalnya menyebabkan gangguan pernafasan akut?

Oleh karena itu, gunakanlah alat pelindung diri yang memadai saat membersihkan jamur. Gunakan masker, kacamata pelindung, hingga sarung tangan. Setelah itu, segera cuci pakaian yang Anda gunakan kala membersihkan jamur agar sporanya hilang.

Untuk produk pembasmi jamurnya sendiri, Anda bisa mengandalkan BioCide SFP. BioCide SFP adalah antijamur dengan bahan aktif Diuron dan Carbendazim Calcium bis (dodecybenxenesulfonate). BioCide SFP kami sarankan karena:

1. Sangat efektif membasmi jamur
2. Mencegah spora jamur tumbuh kembali
3. Lebih aman digunakan dibanding produk lain (tapi tetap wajib menggunakan alat pelindung diri)
4. Konsentrasi tinggi, hemat digunakan
5. Harga yang lebih terjangkau dibanding kualitasnya yang sangat baik.

Yang menarik, BioCide SFP juga bisa dicampur ke dalam bahan finishing. Anda tinggal mencampurkannya saja pada water based paint dengan konsentrasi 0,5 hingga 3%. Dengan cara ini, lapisan cat pada lemari akan lebih tahan jamur. Anda juga tak perlu membeli cat antifungal yang biasanya sangat mahal.

Cegah Jamur dengan Penyerap Kelembaban

Setelah jamur terbasmi, pastikan agar organisme itu tidak merusak furniture Anda lagi. Dan oleh karenanya pencegahan harus dilakukan. Di atas sudah dijelaskan beberapa tips untuk mencegah tumbuhnya jamur di lemari. Di antaranya adalah dengan menggunakan penyerap kelembaban. Pertanyaannya, apa produk penyerap kelembaban yang direkomendasikan? Berikut ini dua jenis produk yang kami sarankan.

Manfaat Silica Natural Untuk tas Kulit
silica gel menjaga agar lemari tetap kering dan tidak mudah terkena jamur
  1. Silica natural. Silica natural adalah penyerap kelembaban berbentuk butiran kecil. Silica dikemas dalam bungkus kotak yang biasanya dilabeli dengan istilah “Do Not Eat.” Anda bisa menggunakan silica untuk rak atau kotak almari yang kecil. Misalnya pada rak atau tempat untuk meletakkan celana dalam.
  2. Container Desiccant. Produk ini adalah penyerap kelembaban untuk ruang yang lebih luas. Bagi Anda yang memiliki lemari besar, maka container desiccant bisa Anda gunakan.

Penyerap kelembaban perlu diganti secara berkala. Sebab penyerap kelembaban bisa mencapai titik jenuh. Pada titik jenuh tersebut, penyerap kelembaban tidak bisa lagi mengikat air dalam udara sehingga kelembaban tidak berubah. Namun Anda tak perlu khawatir mengenai hal ini. Sebab harga penyerap kelembaban tidak mahal. Anda hanya harus rutin menggantinya saja secara berkala.

Kontak dan Pemesanan

Ayo, beli BioCide Surface Film Preservative sekarang juga. Pembelian BioCide SFP bisa dilakukan dengan sangat mudah lho. Anda bisa membeli secara daring atau secara langsung. Untuk Anda yang berdomisili di Yogya, Jepara, Cirebon, dan area di sekitarnya, Anda bisa berkunjung ke Bio Service Point yang terletak di ketiga kota itu. Di sana, Anda akan disambut oleh CS kami yang bisa memberikan tips dan informasi penting mengenai BioCide SFP secara langsung. Selain itu, Anda juga bisa membeli aneka produk pengolahan kami yang lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa membeli produk kami secara daring dengan cara menghubungi CS. Anda boleh menghubungi kami via email, telepon, dan lain sebagainya. Ingin membeli di toko daring? Tentu saja bisa. Saat ini, produk kami telah dijual secara online oleh berbagai pihak.

Kerja Sama Lebih Lanjut

Bagi Anda yang bergerak dalam usaha mebel dan kerajinan, kami juga siap menjalin kerja sama lebih lanjut. Kami bisa mengirimkan sampel untuk Anda coba, atau bahkan mengirimkan tim teknisi kami.

Selama ini, kami telah menjalin banyak kerja sama dengan berbagai pelaku usaha furniture kerajinan lokal dan internasional. Produk kami banyak digunakan karena memiliki fungsi yang sangat baik dan tahan lama. Selain itu, produk kami juga lebih ramah lingkungan dan harganya terjangkau. Dengan kualitas-kualitas inilah, BioCide antifungal menjadi andalan berbagai pihak.

Ingin menggunakan BioCide SFP untuk perawatan gedung hotel dan restaurant? Tentu saja bisa. Sebab sampai hari ini pun, banyak pelanggan kami yang memesan BioCide untuk perawatan gedung public ataupun komersil. Pastikan saja Anda menggunakannya dengan aman sehingga pemanfaatannya benar-benar optimal.

Kiranya, itulah informasi yang dapat kami bagikan mengenai bahaya jamur lemari. Sekilas, kehadiran jamur pada lemari memang bukan sesuatu yang serius. Bukankah jamur memang biasa ditemukan di mana-mana? Padahal, organisme ini bisa menyebabkan berbagai kerusakan dan kerugian.

Pertama, lemari bisa rusak. Kedua, pakaian atau benda yang diletakkan di lemari bisa membusuk. Dan yang ketiga, manusia sebagai pengguna lemari juga bisa terserang berbagai penyakit. Berbagai penelitian telah mngonfirmasi bahwa memang ada beberapa jenis jamur yang berbahaya untuk manusia. Dan di antara jamur-jamur tersebut ada yang sering ditemukan hidup di lemari.

Masalah ini jelas harus diatasi. Penggunaan BioCide SFP sangat kami sarankan. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan penyerap kelembaban. Anda juga perlu menjaga kelembaban benda yang masuk ke dalam lemari. Jangan masukkan benda yang kotor dan lembab. Dengan trik-trik ini, Anda bisa menghindari bahaya jamur lemari.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda ya. Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di antijamur.net.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!