Bahaya Jamur Di Rumah Anda dan Teknik Pencegahanya

Asma adalah penyakit pernapasan kronik serius yang terkadang mengancam jiwa yang mempengaruhi kualitas hidup. Lebih dari 23 juta orang, termasuk sekitar 6 juta anak-anak. Meski belum ada pengobatan untuk asma, asma dapat dikendalikan melalui perawatan medis dan pengelolaan pemicu lingkungan.

Siapa yang Berisiko Asma? Siapapun bisa menderita asma – orang-orang dari semua kelompok etnis, pria dan wanita, muda dan tua, penghuni kota dan penghuni pedesaan. Di Amerika Serikat, lebih dari 20 juta orang menderita asma. Asma umum terjadi pada anak-anak dan remaja.

Meskipun tidak ada yang tahu pasti mengapa beberapa orang terkena asma dan yang lainnya tidak, kita tahu bahwa itu adalah kombinasi dari sejarah keluarga dan lingkungan Anda.

Tidak ada obat untuk asma. Setelah Anda menderita asma, Anda akan menderita penyakit ini selama sisa hidup Anda. Tapi dengan perawatan yang tepat, Anda bisa menjalani kehidupan yang sehat, produktif, dan sepenuhnya aktif.

Apa salah satu penyebab utama asma? Penyebabnya adalah lingkungan Anda yang tidak sehat, lingkungan tempat tinggal Anda yang mengandung jamur dan sepora jamur yang berterbangan di ruangan Anda. Contoh jamur yang juga berpengaruh bagi kesehatan adalah jamur kayu atau jamur permukaan (mold) yang biasa menyerang lemari, kusen pintu, pintu, jendela, meja atau perabotan lainnya.

Biasanya kebanyakan orang tidak segera mengobati jamur yang tumbuh di rumahnya! Bayangkan jamur sedang tumbuh di lemari pakaian Anda, dan keluarga Anda setiap hari bersentuhan dengan lemari tersebut, apa yang terjadi? Bahaya jamur pada lemari Anda adalah adanya potensi penyakit sangat tinggi menyerang keluarga Anda. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sepuluh Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Jamur

  1. Efek dan gejala kesehatan potensial yang terkait dengan jamur (seperti jamur kayu yang menempel pada lemari) meliputi reaksi alergi, asma dan keluhan pernafasan lainnya.
  2. Tidak ada cara praktis untuk menghilangkan semua jamur dan spora jamur di lingkungan dalam ruangan; Cara mengendalikan pertumbuhan jamur dalam ruangan adalah mengendalikan kelembaban.
  3. Jika jamur adalah masalah di rumah atau sekolah atau kantor Anda, Anda harus membersihkan jamur dan menghilangkan sumber kelembaban. Setelah itu mengaplikasikan obat anti jamur kayu yang ampuh.
  4. Perbaiki sumber masalah air atau kebocoran untuk mencegah pertumbuhan jamur.
  5. Mencegah jamur kayu pada bangunan dapat dengan menghilangkan kelembaban ruangan. Kurangi kelembaban dalam ruangan (sampai 30-60%) untuk mengurangi pertumbuhan jamur dengan:
  • Hilangkan kelembaban kamar mandi dan sumber penghasil kelembaban lainnya ke luar
  • Menggunakan AC dan de-humidifier
  • Meningkatkan ventilasi
  • Menggunakan kipas angin setiap saat memasak, mencuci piring dan membersihkannya
  1. Bersihkan dan keringkan setiap bahan bangunan dan perabotan basah dalam waktu 24-48 jam untuk mencegah pertumbuhan jamur.
  2. Cuci bersih dari permukaan perabotan atau kayu di rumah Anda dengan obat anti jamur, dan keringkan sepenuhnya. Bahan penyerap seperti genteng langit-langit, yang berjamur, mungkin perlu diganti. Gunakan produk anti jamur terbaik di Indonesia, seperti BioCide Surface Film Preservative.
  3. Untuk mencegah jamur kayu pada bangunan Cegah kondensasi: Kurangi potensi kondensasi pada permukaan dingin (yaitu, jendela, perpipaan, dinding luar, atap, atau lantai) dengan menambahkan isolasi.
  4. Di daerah di mana ada masalah kelembaban terus-menerus, jangan memasang karpet (yaitu dengan meminum air mancur, di atas wastafel kelas, atau di lantai beton dengan kebocoran atau seringnya kondensasi).
  5. Jamur dapat ditemukan hampir di mana saja; mereka dapat tumbuh pada hampir semua zat, memberikan kelembaban hadir. Ada jamur yang bisa tumbuh di atas kayu, kertas, karpet, dan makanan.

Bagaimana Jamur di Rumah Mempengaruhi Kesehatan Anda?

Mencegah jamur kayu pada bangunan atau rumah Anda memang tidak mudah jika kita tidak tahu informasi yang lengkap. Kita harus tahu juga apa pengaruh hama rumah ini bagi kesehatan, untuk memicu kita lebih sadar lagi dalam melakukan tindakan pembersihan.

alterntif text

Jamur biasanya tidak menjadi masalah di dalam ruangan, kecuali jamur spora yang berada di tempat yang basah atau lembab dan mulai tumbuh. Jamur berpotensi menimbulkan masalah kesehatan. Jamur menghasilkan alergen (zat yang bisa menyebabkan reaksi alergi) dan iritasi. Menghirup atau menyentuh jamur atau spora jamur dapat menyebabkan reaksi alergi pada individu sensitif. Respon alergi meliputi gejala demam tipe hayati, seperti bersin, pilek, mata merah, dan ruam kulit.

Reaksi alergi terhadap jamur biasa terjadi. Mereka bisa langsung atau tertunda. Jamur juga bisa menyebabkan serangan asma pada penderita asma yang alergi terhadap jamur. Selain itu, paparan jamur bisa mengiritasi mata, kulit, hidung, tenggorokan, dan paru-paru dari kedua orang yang alergi jamur dan non-alergi. Gejala selain jenis alergi dan iritan tidak umum dilaporkan akibat menghirup jamur. Penelitian tentang efek jamur dan kesehatan sedang berlangsung.

Hal di atas tidak menggambarkan semua efek kesehatan potensial yang terkait dengan pemaparan jamur. Untuk informasi lebih rinci, hubungi profesional kesehatan, departemen kesehatan negara Anda, atau informasi di website ini terkait cara menghilangkan jamur di rumah Anda.

Pembersihan Jamur Permukaan (Mould)

Jika Anda sudah memiliki masalah jamur  yang  merusak apa yang yang ada di rumah Anda, segera lakukan pemberishan atau pengobatan langsung. Semakin lama tumbuh, semakin banyak kerusakan yang bisa ditimbulkannya. Jamur bisa merusak lemari, kursi, jendela, meja dinding kayu dan lantai kayu. Jika demikian mencegah jamur kayu pada bangunan mutlak diperlukan.

  • Siapa yang harus melakukan pembersihan tergantung dari sejumlah faktor. Satu pertimbangan adalah ukuran dari masalah jamur . Jika area berjamur begitu luas, dalam kebanyakan kasus, Anda dapat menangani pekerjaan itu sendiri, ikuti Tip dan Teknik Pembersihan jamur kayu ini: obat Penghilang jamur pada lemari kayu BioCide.
  • Jika barang yang terbuat dari kayu seperti perabotan atau mebel, gunakan obat anti jamur kayu yang paling ampuh. Produk anti jamur permukaan BioCIde Surface Film Preservative (SFP) sangat kami rekomendasikan.

  • Jika Anda menduga bahwa sistem pemanas / ventilasi / pendingin udara (HVAC) mungkin terkontaminasi dengan jamur (ini adalah bagian dari masalah kelembaban yang teridentifikasi, misalnya, atau ada jamur  di dekat asupan ke sistem), sebelum mengambil tindakan lebih lanjut. Jangan menjalankan sistem HVAC jika Anda tahu atau menduga bahwa itu terkontaminasi jamur – bisa menyebar jamur di seluruh bangunan.
  • Jika kerusakan air dan / atau jamur disebabkan oleh limbah atau air tercemar lainnya, maka hubungi seorang profesional yang telah mengalami pembersihan dan perbaikan bangunan yang rusak akibat air yang terkontaminasi.
  • Jika Anda memiliki masalah kesehatan, berkonsultasilah dengan petugas kesehatan sebelum memulai pembersihan.

Tips dan Teknik

Tip dan teknik yang disajikan di bagian ini akan membantu Anda membersihkan masalah jamur  Anda. Pembersih profesional atau remediator dapat menggunakan metode yang tidak tercakup dalam publikasi ini. Harap dicatat bahwa jamur  dapat menyebabkan kerusakan pewarnaan.

  • Perbaiki kebocoran pipa ledeng dan masalah air lainnya sesegera mungkin. Keringkan semua barang sepenuhnya.
  • Bahan penyerap atau keropos, seperti ubin langit-langit dan karpet, mungkin harus dibuang jika berjamur. Jamur dapat tumbuh pada atau mengisi ruang kosong dan celah-celah bahan berpori, sehingga jamur  mungkin sulit atau tidak mungkin untuk dibasmi sepenuhnya.
  • Bersihkan jamur dan keringkan permukaannya sebelum mengecat kayu. Cat yang diaplikasikan di atas permukaan jamur cenderung akan mengelupas.
  • Jika Anda tidak yakin tentang cara membersihkan barang, atau jika barang itu mahal atau bernilai sentimental, Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan spesialis ahli atau penyedia obat anti jamur kayu. Spesialis dalam perbaikan, restorasi, pengecatan, restorasi dan pelestarian, pembersihan karpet, kerusakan air, dan restorasi.

Tip Kamar Mandi

Tempat yang sering atau selalu lembab bisa sulit dipastikan terbebas dari jamur. Jika ada beberapa jamur  di kamar mandi atau di tempat lain di kamar mandi yang tampaknya muncul kembali, meningkatkan ventilasi (menjalankan kipas angin atau membuka jendela) dan membersihkan lebih sering biasanya mencegah jamur  tidak kembali lagi, atau paling tidak menjaga jamur  menjadi minimum.

Banjir Mengundang Jamur

Selama pembersihan banjir, kualitas udara dalam ruangan di rumah atau kantor Anda mungkin merupakan masalah Anda yang paling sedikit. Namun, kegagalan untuk menghilangkan bahan yang terkontaminasi dan untuk mengurangi kelembaban dapat menghadirkan risiko kesehatan jangka panjang yang serius. Berdiri air dan bahan basah adalah tempat berkembang biak bagi mikroorganisme, seperti virus, bakteri, dan jamur. Mereka bisa menyebabkan penyakit, memicu reaksi alergi, dan terus merusak material lama setelah banjir.

Pertumbuhan jamur mungkin menjadi masalah setelah banjir. Kelebihan kelembaban di rumah menyebabkan kekhawatiran tentang kualitas udara dalam ruangan terutama karena menyediakan kondisi pemuliaan hama, jamur dan mikroorganisme lainnya.

Mengganti lantai setelah banjir: Jika Anda memperbaiki rumah atau bangunan Anda setelah banjir atau angin ribut, untuk mencegah pertumbuhan jamur Anda harus yakin fondasi Anda kering sebelum Anda mengganti lantai, terutama lantai kayu.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn