Fakta Tentang Jamur Kayu Di Dalam Rumah Anda

Selama lebih dari satu dekade, jamur kayu telah ada dalam berita. Orang-orang membicarakan dampaknya pada kesehatan penduduk dan kerusakan bangunan. Tapi apa risikonya dan permasalahannya?

Ilmu pengetahuan yang tersedia tentang jamur kayu dan efek kesehatan potensial mereka masih dalam penelitian, namun kemajuan yang cukup besar telah dicapai. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), Institute of Medicine dari Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional AS, Organisasi Kesehatan Dunia dan Kesehatan Kanada semuanya sepakat bahwa tinggal atau bekerja di sebuah bangunan dengan kerusakan jamur kayu mengakibatkan peningkatan risiko penyakit pernafasan.

Meskipun ada beberapa dokumen panduan yang tersedia, tidak ada standar nasional atau internasional yang dapat diterima untuk penyelidikan, evaluasi atau penanganan jamur kayu. AIHA (American Industrial Hygiene Association), bagaimanapun, telah bekerja untuk menerjemahkan nasehat dari instansi pemerintah yang telah disebutkan sebelumnya ke dalam lembaga inspeksi dan pengambilan sampel mutakhir. Jika digunakan dengan benar, metode ini sesuai untuk menilai kontaminasi tersembunyi dan mengarahkan pemeriksaan adanya serangan jamur di bangunan.

Informasi di halaman ini mewakili sebuah pernyataan kesepakatan oleh sekelompok ahli tentang aspek penting dari keadaan yang perlu ditangani. Panduan yang ditawarkan adalah informasi praktis berdasarkan pengalaman bertahun-tahun dalam menangani masalah jamur kayu, dan dokumen ini tidak mengklaim sebagai pernyataan yang lengkap. Karena tidak lengkap, harus selalu digunakan bersamaan dengan dokumen panduan yang ada, serta penilaian profesional yang berkualitas.

Praktik kesehatan masyarakat dan pekerjaan jarang merupakan sains yang tepat. Pencegahan selalu menimbulkan tantangan untuk membuat keputusan yang sulit dan seringkali mahal dengan informasi atau pemahaman yang tidak lengkap.

Fakta tentang Jamur kayu Untuk Diketahui Semua Orang

Istilah “mold” adalah istilah sehari-hari untuk sekelompok jamur filamen yang umum biasa tumuh pada makanan atau bahan basah. Ini termasuk spesies Penicillium hijau yang menghasilkan penisilin, dan jamur yang merusak roti, buah, keju dan tanaman kita. Sebagian besar adalah Ascomycetes yang menghasilkan banyak spora.

Sebagian besar jamur permukaan atau mold yang tumbuh pada bahan bangunan yang lembab ditemukan di tanah dan disesuaikan untuk tumbuh pada berbagai macam bahan. Di luar rumah, jamur hidup di tanah, pada tanaman, dan pada benda mati atau busuk. Ada ribuan spesies jamur dan warnanya bisa bermacam-macam. Spesies jamur yang berbeda disesuaikan dengan kondisi kelembaban yang berbeda mulai dari yang sangat basah hingga hanya lembab. Sering kali, jamur bisa dideteksi oleh bau apak. Spora hidup bertindak seperti biji, membentuk pertumbuhan jamur baru (koloni) di kondisi lingkungan yang tepat. Kita semua terpapar berbagai spora jamur setiap hari di udara yang kita hirup, baik di luar maupun di dalam ruangan.

Bagaimana jamur masuk ke rumah atau bangunan?

Mould dan spora jamur terjadi secara alami di luar ruangan, di mana jamur adalah pendaur ulang paling penting di bumi. Di dalam ruangan, jamur kayu membutuhkan kelembaban untuk tumbuh; Ini menjadi masalah hanya bila ada kerusakan air, kelembaban tinggi berkepanjangan. Sumber umum kelembaban dalam ruangan yang berlebihan yang dapat menyebabkan masalah jamur kayu meliputi:

Iklan Biothane utama
  • banjir dari air permukaan (yaitu, sungai yang meluap) atau dari badai yang parah;
  • kebocoran atap dari material atap yang rusak atau hilang, atau selokan yang tersumbat;
  • hujan deras melalui bingkai jendela, dinding eksterior atau rakitan pintu;
  • pipa bocor, saluran pembuangan cadangan meluap;
  • ruang bawah tanah lembap atau atau drainase air hujan yang kurang dikelola; dan
  • kondensasi pada permukaan yang dingin.

Bagaimana mencegah pertumbuhan jamur?

Kunci untuk mencegah dan menghentikan pertumbuhan jamur kayu dalam ruangan adalah mengendalikan kelembaban dan kondensasi yang berlebihan. Menjaga daerah yang rentan di dalam rumah bersih dan kering sangat penting. Secara umum, jamur tidak akan tumbuh di dalam ruangan tanpa air, kelembaban atau kelembapan yang berlebihan.

Tiga faktor utama penyebab kondensasi air pada permukaan bangunan:

Kelembaban Relatif: Kondensasi terjadi saat udara jenuh dengan air dan tidak bisa menahan kelembapan lagi. Misalnya, uap yang dihasilkan dari pancuran kamar mandi atau dari dapur bisa mengisi udara dengan kelembaban, yang kemudian akan mengembun menjadi tetes air di permukaan yang lebih dingin, seperti cermin dan jendela. Bila memungkinkan, sumber kelembaban lokal, seperti pengering pakaian, harus dilepaskan secara langsung ke tempat terbuka. Untuk menurunkan kelembaban dalam ruangan saat cuaca hangat, lembab, AC dan / atau dehumidifiers harus digunakan. Di daerah yang lembab kronis seperti ruang bawah tanah, sering direkomendasikan agar penurun kelembaban digunakan untuk menjaga tingkat kelembaban di bawah 60 persen.

Suhu: Udara hangat menahan kelembaban lebih dari udara dingin. Kondensasi terjadi saat udara lembab hangat bersentuhan dengan permukaan yang dingin dan kelembaban mengembun ke dalam air. Hal ini sering terlihat pada jendela single-pane, di mana air mengembun dan kemudian menurun, menyebabkan bingkai kayu dan kusen membusuk dan dinding di bawah jendela melepuh. Kondensasi dapat terjadi pada dinding eksterior, terutama dinding yang menghadap ke utara, jika tidak terisolasi dengan benar. Permukaan dingin lainnya yang kronis, seperti pipa air dingin, harus ditutup dengan insulasi untuk membantu mencegah kondensasi.

Kurang Ventilasi: Kelembaban dalam ruangan bisa terbentuk jika tidak ada cukup ventilasi dan pertukaran udara dalam dan luar ruangan. Bila ada sedikit atau tidak ada gerakan udara, seperti di belakang meja rias dan kabinet, permukaan dapat tetap dingin daripada daerah sekitarnya, yang dapat menyebabkan peningkatan kondensasi dan pertumbuhan jamur. Dianjurkan agar area tersebut berventilasi dan penghuninya menggunakan kipas angin (vented ke luar ruangan) untuk menghilangkan kelembaban dari daerah dengan kelembaban tinggi, terutama di kamar mandi, dapur dan area binatu. Perabotan harus dipindahkan sedikit menjauh dari dinding sehingga udara bisa leluasa melewatinya. Udara harus diizinkan beredar di antara ruangan dan berventilasi secara teratur untuk menghilangkan udara lembab. Penggemar harus digunakan sesuai kebutuhan.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah membersihkan dan memperbaiki talang secara teratur, pastikan lereng tanah turun dan jauh dari pondasi rumah dan simpan panci tetes pendingin udara dan saluran pembuangan bersih. Selain itu, pada bangunan ber-AC di iklim yang panas dan lembab, penutup dinding vinil pada sisi interior dinding luar tidak boleh digunakan, karena bahan ini dapat menjebak kelembaban, menghasilkan pertumbuhan jamur kayu di bawahnya.

Dalam kasus banjir atau pipa bocor, air harus segera dikeluarkan dan material yang rusak harus dikeringkan dan dibersihkan, atau dilepas dan diganti. Bahan berpori yang basah selama lebih dari 48 jam cenderung menghasilkan pertumbuhan jamur dan harus dibuang. Dalam kasus di mana kerusakan air sangat luas, disarankan agar menggunakan obat kayu anti jamur yang aman dan ramah lingkungan untuk mengatasi perabotan yang terkena jamur.

Gunakan obat anti jamur pada perabotan seperti lemari, pintu, jendela, kusen, untuk mendukung usaha Anda setelah mengatasi kelembaban. Gunakan juga obat tersebut pada walpaper, lantai kayu, dinding, dll. Lihat informasi lebih detail: Tips Menghilangkan Jamur Pada Lemari Kayu

Bisakah spora jamur mengandung toksin?

Beberapa jamur ini menghasilkan metabolit toksik (mikotoksin), dan hampir semua jamur yang tumbuh di lingkungan bangunan dapat menghasilkan triple helical glucan, keduanya beracun bagi sel paru-paru. Banyak penelitian pada hewan laboratorium yang tepat telah menunjukkan bahwa eksposur senyawa yang sangat rendah dapat menyebabkan peradangan. Efek kesehatan dari pernapasan mikotoksin di dalam ruangan tidak dipahami dengan baik dan mereka terus dipelajari. Penelitian ini dilakukan untuk lebih memahami mengapa studi epidemiologi secara konsisten menunjukkan peningkatan asma di kalangan penghuni bangunan lembab. Lihat Informasi lebih lanjut tentang Bahaya Jamur Di Rumah Anda dan Teknik Pencegahanya

Jamur kayu hitam

Media berita dan beberapa kontraktor sering mengacu pada “jamur kayu hitam” atau “jamur kayu hitam beracun.” Biasanya dikaitkan dengan Stachybotrys chartarum, sejenis jamur kayu hitam kehijauan yang umumnya terkait dengan kerusakan air berat. Tidak semua jamur kayu yang nampak hitam adalah Stachybotrys. Efek kesehatan yang diketahui dari paparan terhadap Stachybotrys serupa dengan yang disebabkan oleh jamur kayu umum lainnya, dan sekali lagi dalam situasi paparan tinggi (seperti di bidang pertanian), diketahui terkait dengan efek kesehatan yang parah pada beberapa orang. Eksposur semacam itu jarang terjadi, jika pernah terjadi di bangunan kecuali selama kegiatan remediasi oleh orang-orang yang tidak melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

Haruskah saya khawatir tentang tumbuhnya jamur di rumah?

Itu semua tergantung dari berapa banyak jamur kayu yang ada. Sejumlah kecil pertumbuhan jamur di tempat kerja atau rumah (seperti jamur pada lemari pakaian), sejumlah besar pertumbuhan jamur, bagaimanapun, adalah masalah kesehatan masyarakat yang penting. Selain itu, jamur kayu dapat merusak bahan bangunan, selesai, dan perabotan dan, dalam beberapa kasus, menyebabkan kerusakan struktural pada kayu.

Bagaimana jamur mempengaruhi kesehatan kita?

Kebanyakan orang tidak memiliki reaksi saat terkena jamur kayu. Reaksi alergi, mirip dengan serbuk sari atau alergi hewan, dan iritasi adalah efek kesehatan yang paling umum bagi individu yang peka terhadap jamur. Gejala mirip flu dan ruam kulit bisa terjadi. Paparan jamur mungkin juga memperparah asma. Dalam kasus yang sangat jarang, infeksi jamur yang berhubungan dengan bangunan dapat terjadi pada orang dengan penyakit kekebalan yang serius. Sebagian besar gejala bersifat sementara dan dapat diatasi dengan membasmi masalah jamur.

Siapa yang terkena paparan jamur kayu?

Ada variasi yang luas dalam bagaimana orang terkena paparan spora jamur di udara. Saat ini, tidak ada konsentrasi udara yang ditetapkan yang diketahui mempengaruhi kesehatan individu manapun. Orang yang mungkin terkena dampak lebih parah dan cepat daripada yang lain termasuk:

  • Bayi dan anak-anak
  • Orang tua
  • Wanita hamil
  • Individu dengan kondisi pernafasan atau alergi dan asma
  • Orang dengan sistem kekebalan yang lemah

Mereka yang memiliki masalah kesehatan khusus harus berkonsultasi dengan dokter mereka jika mereka khawatir tentang serangan jamur kayu di rumah, yang biasanya menyerang kusen, pintu, jendela, lemari dan perabotan lainnya. Gejala yang mungkin tampak terjadi akibat paparan jamur kayu mungkin disebabkan oleh penyebab lain, seperti infeksi bakteri atau virus atau alergi lainnya.

Apa yang harus dilakukan jika melihat atau mencium bau jamur di rumah Anda?

Langkah yang paling penting adalah mengidentifikasi sumber kelembaban, yang menghasilkan pertumbuhan jamur, dan melakukan perbaikan untuk menghentikannya. Jika Anda hanya membersihkan jamur kayu dan tidak memperbaiki masalah kelembaban, kemungkinan besar pertumbuhan jamur akan kambuh kembali. Jika sumber kelembaban berhubungan dengan kegagalan atau kesalahan bangunan, seperti pipa pecah atau atap bocor, kontraktor harus diajak berkonsultasi.

Dalam kasus di mana sumber kelembaban tampaknya tidak terkait dengan kebocoran, banjir, kesalahan struktural atau kenaikan lembab, kemungkinan besar karena kondensasi. Jika Anda tidak melihat pertumbuhan jamur tapi mencium bau apek, jamur mungkin tumbuh di bawah atau di belakang material yang rusak akibat air, seperti dinding, karpet, atau wallpaper.

Setelah sumber kelembaban telah diidentifikasi dan diperbaiki, Anda harus memutuskan apakah membasmi jamur kayu dari daerah yang terkena bencana adalah sesuatu yang dapat dilakukan tanpa bantuan profesional. Jika pertumbuhan jamur disebabkan oleh limbah yang tumpah atau air yang terkontaminasi lainnya, patogen potensial mungkin ada dan pekerjaan harus dilakukan oleh secara profesional dalam membersihkan bangunan yang rusak akibat air yang terkontaminasi.

Jika pertumbuhan jamur disebabkan oleh kondensasi atau kebocoran berskala kecil dan terbatas pada area kecil (kurang dari 5 meter persegi), Anda mungkin bisa melakukan pekerjaan itu sendiri sesuai pedoman seperti yang telah disediakan di website ini. Pada permukaan keras, seperti meja dan perabotan, gunakan obat kayu anti jamur BioCide Serface Film Preservative (SFP) untuk membasmi jamur kayu dan tunggu benar-benar kering. Penggunaan biocides atau desinfektan kimia yang tidak ramah lingkungan tidak dianjurkan karena ini berbahaya bagi penghuninya. Untungnya, produk yang disebut di atas, BioCide SFP aman dan ramah lingkungan, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah secara online.

Orang yang membersihkan jamur kayu harus memakai sarung tangan karet, kacamata dan respirator yang disetujui untuk melindungi dari spora saat menghirup udara. Jika Anda memiliki masalah kesehatan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum melakukan pembersihan jamur kayu.

Selama dekade terakhir ini, industri ini telah memunculkan banyak individu dan perusahaan yang menganggap diri mereka sebagai ahli dan bersertifikat dalam berbagai aspek penyelidikan dan pemulihan jamur, namun mungkin sedikit pengalaman praktisnya. Jika Anda memilih menggunakan obat anti jamur kayu, pastikan mereka memiliki sertifikat spesifik dalam menangani dan membersihkan jamur kayu, seperti sertifikat dari EPA. Di Indinesia, hanya ada satu produk obat kayu anti jamur permukaan yang memiliki sertifikat tersebut, yakni BioCide SFP.

Haruskah saya memeriksa rumah saya secara rutin?

Mencari bukti kerusakan air dan pertumbuhan jamur kayu yang terlihat harus menjadi langkah pertama Anda. Saat pengujian udara dilakukan, biasanya untuk membandingkan tingkat dan jenis spora jamur kayu yang ditemukan di dalam rumah dengan yang ditemukan di luar rumah. Jika Anda tahu Anda memiliki masalah jamur kayu, lebih penting meluangkan waktu dan sumber daya untuk mengatasi masalah kelembaban dan menyingkirkan jamur daripada menghabiskannya untuk pengambilan sampel.

Siapa yang harus dihubungi untuk menghadapi pertumbuhan jamur yang luas di sebuah bangunan?

Seorang profesional berpengalaman dalam evaluasi jamur kayu, mungkin perlu dipekerjakan untuk menangani pertumbuhan jamur kayu yang luas di sebuah bangunan. Penting untuk memperbaiki masalah jamur kayu besar sesegera mungkin dengan cara pertama memperbaiki sumber masalah kelembaban dan menghilangkan bahan yang terkontaminasi, kemudian membersihkan permukaannya, dan akhirnya mengeringkan area sepenuhnya. Jika Anda menggunakan obat kayu anti jamur lihatlah apakah produk tersebut dari perusahaan bersertifikat lingkungan (contoh: Bioindustries yang memproduksi BioCide SFP).

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn