Mengenal Apa itu Jamur Permukaan dan Cara Mengatasinya

Apa itu jamur permukaan?

Jamur permukaan adalah jamur yang bisa ditemukan baik di dalam maupun di luar ruangan. Tidak ada yang tahu berapa banyak spesies jamur yang ada namun perkiraannya berkisar dari puluhan ribu sampai tiga ratus ribu atau lebih. Jamur permukaan tumbuh paling baik dalam kondisi hangat dan lembab, menyebar dan bereproduksi dengan membuat spora. Cadangan spora dapat bertahan dalam kondisi lingkungan yang keras, seperti kondisi kering, yang tidak mendukung pertumbuhan jamur normal.

Apa saja jenis jamur permukaan dalam ruangan biasa?

  • Cladosporium
  • Penicillium
  • Alternaria
  • Aspergillus

Bagaimana jamur permukaan menginfeksi kita?

Beberapa orang sensitif terhadap jamur permukaan. Bagi orang-orang ini, paparan jamur permukaan bisa menyebabkan gejala seperti tersumbat hidung, iritasi mata, mengi, atau iritasi kulit. Beberapa orang, seperti mereka yang alergi serius terhadap jamur, mungkin memiliki reaksi yang lebih parah. Reaksi berat bisa meliputi demam dan sesak napas. Beberapa orang dengan penyakit paru-paru kronis, seperti penyakit paru obstruktif, dapat menyebabkan infeksi jamur di paru-paru mereka.

Pada tahun 2004 Institute of Medicine (IOM) menemukan ada cukup bukti untuk menghubungkan paparan dalam ruangan dengan jamur dengan gejala saluran pernapasan bagian atas, batuk, dan mengi pada orang sehat; dengan gejala asma pada penderita asma; dan dengan pneumonitis hipersensitif pada individu yang rentan terhadap kondisi yang dimediasi oleh kekebalan. IOM juga menemukan bukti terbatas atau sugestif yang menghubungkan paparan jamur permukaan dalam ruangan dan penyakit pernafasan pada anak-anak yang sehat. Pada tahun 2009, Organisasi Kesehatan Dunia mengeluarkan panduan tambahan, Pedoman WHO untuk Mutu Udara Indoor. Studi terbaru lainnya menunjukkan adanya kemungkinan hubungan paparan jamur awal dengan perkembangan asma pada beberapa anak, terutama di kalangan anak-anak yang rentan terhadap perkembangan asma secara genetis, dan intervensi terpilih yang memperbaiki kondisi perumahan dapat mengurangi morbiditas asma dan alergi pernafasan, namun Diperlukan penelitian lebih lanjut dalam hal ini.

Dimana jamur permukaan ditemukan?

Jamur permukaan ditemukan di hampir setiap lingkungan dan dapat dideteksi, baik di dalam maupun di luar ruangan, sepanjang tahun. Kondisi lingkungan yang sesuai untuk pertumbuhan jamur adalah hangat dan lembab. Di luar rumah mereka dapat ditemukan di daerah teduh, lembab atau tempat di mana daun atau vegetasi lainnya membusuk. Di dalam ruangan mereka dapat ditemukan di mana tingkat kelembaban tinggi, seperti perabotan kayu  atau kamar mandi.

Bagaimana orang bisa mengurangi eksposur jamur permukaan?

Individu sensitif harus menghindari area yang cenderung memiliki jamur, seperti tumpukan kompos, rumput potong, dan daerah berhutan. Di dalam rumah, pertumbuhan jamur dapat diperlambat dengan mengendalikan tingkat kelembaban dan ventilasi kamar mandi. Jika terjadi pertumbuhan jamur di rumah Anda, sebaiknya bersihkan jamur dan perbaiki masalah air. Pertumbuhan jamur permukaan dapat dibasmi dari permukaan dinding, lantai, perabotan kayu maupun partikel board, dengan produk anti jamur BioCide Surface Film Preservative (SFP).

alterntif text

Jika Anda memilih untuk menggunakan BioCide SFP untuk membersihkan jamur permukaan:

  • Jangan pernah mencampur pembersih rumah tangga lainnya.
  • Buka jendela dan pintu untuk memberi udara segar.
  • Kenakan sepatu karet, sarung tangan karet, dan kacamata selama pembersihan daerah yang terkena.
  • Jika area yang harus dibersihkan lebih dari 10 meter persegi, pastikan membeli produk BioCide SFP yang cukup.
  • Ikuti selalu petunjuk pabrikan saat menggunakan produk tersebut.

Rekomendasi Khusus:

  • Jaga tingkat kelembaban serendah mungkin – tidak lebih tinggi dari 50% – sepanjang hari. AC atau dehumidifier akan membantu Anda menjaga tingkat rendah. Ingatlah bahwa tingkat kelembaban berubah selama sehari dengan perubahan kelembaban di udara dan suhu udara, jadi Anda perlu memeriksa tingkat kelembaban lebih dari sekali sehari.
  • Gunakan penyerab lembab ruangan (silica gel) selama bulan-bulan lembab.
  • Pastikan rumah memiliki ventilasi yang memadai, termasuk kipas angin.
  • Tambahkan anti jamur BioCide SFP ke cat sebelum aplikasi.
  • Bersihkan kamar mandi dengan produk anti jamur BioCide SFP.
  • Angkat atau ganti karpet dan jok yang telah direndam sebelumnya.

Bidang apa yang memiliki eksposur jamur permukaan tinggi?

  • Toko barang antik
  • Rumah kaca
  • Sauna
  • Pertanian
  • Pabrik
  • Area konstruksi
  • Toko bunga
  • Pondok musim panas
  • Rumah lembab
  • Gudang
  • Sekolah
  • Musem
  • Kantor

Saya menemukan jamur tumbuh di rumah saya, bagaimana cara memastikan itu jamur permukaan?

Umumnya, tidak perlu mengidentifikasi jenis jamur yang tumbuh di tempat tinggal, dan kita merekomendasikan pengambilan contoh secara rutin untuk jamur permukaan. Bukti saat ini menunjukkan bahwa alergi adalah jenis penyakit yang paling sering dikaitkan dengan jamur. Karena kerentanan individu dapat sangat bervariasi baik karena jumlah atau jenis jamur permukaan, pengambilan sampel dan pembiakannya tidak dapat diandalkan dalam menentukan risiko kesehatan Anda. Jika Anda rentan terhadap jamur dan jamur terlihat atau berbau, ada potensi risiko kesehatan; Oleh karena itu, tidak peduli jenis jamur permukaan apa yang ada, Anda harus mengatur pembasmiannya.

Saya harus ke dokter apa jika terkena eksposur jamur permukaan?

Anda harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan keluarga atau penyedia layanan kesehatan umum yang akan memutuskan apakah Anda memerlukan rujukan ke spesialis. Spesialis semacam itu mungkin termasuk ahli alergi yang merawat pasien dengan alergi jamur atau dokter penyakit menular yang mengobati infeksi jamur. Jika ada infeksi di paru-paru, dokter paru mungkin direkomendasikan. Pasien yang telah terpapar jamur permukaan di tempat kerja mereka dapat dirujuk ke dokter pekerjaan.

Pemilik atau developer saya tidak bertanggung jawab untuk membersihkan jamur permukaan di rumah saya. Dimana saya bisa mencari bantuan?

Jika Anda merasa pemilik properti, pemilik rumah, atau pembangun Anda tidak responsif terhadap kekhawatiran yang telah Anda nyatakan terkait paparan jamur permukaan, Anda dapat melakukan pembasmian sendiri dengan cara mudah, mengikuti langkah-langkah yang disarankan supplier produk anti jamur BioCide SFP, atau menelusuri artikel pada website ini.

Anda dapat menghubungi departemen kesehatan kabupaten atau negara bagian Anda tentang masalah jamur permukaan di wilayah Anda untuk mengetahui tentang penilaian jamur permukaan dan layanan perbaikan yang mungkin mereka tawarkan.

Bagaimana jika saya yakin jamur permukaan di tempat kerja saya membuat saya sakit?

Jika Anda yakin Anda sakit karena terpapar jamur permukaan di gedung tempat Anda bekerja, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan petugas kesehatan untuk menentukan tindakan yang tepat yang harus dilakukan untuk melindungi kesehatan Anda. Beritahu majikan Anda dan, jika ada, perwakilan serikat pekerja Anda tentang kekhawatiran Anda sehingga atasan Anda dapat mengambil tindakan untuk membersihkan dan mencegah pertumbuhan jamur. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jamur permukaan, pedoman perbaikan, dan pedoman keselamatan dan kesehatan kerja, Anda mungkin juga dapat menghubungi nomor yang tertera pada website ini.

Saya sangat prihatin tentang jamur di sekolah anak-anak saya dan bagaimana hal itu mempengaruhi kesehatan mereka?

Jika Anda yakin anak-anak Anda sakit karena terpapar jamur permukaan di sekolah mereka, berkonsultasilah dulu dengan petugas kesehatan mereka untuk menentukan tindakan medis yang tepat untuk dilakukan. Hubungi administrasi sekolah untuk mengungkapkan kekhawatiran Anda dan meminta agar mereka membasmi jamur dan mencegah pertumbuhan jamur di masa depan. Jika perlu, Anda juga bisa menghubungi dewan sekolah setempat. Rekomendasikan dewan sekolah untuk segera membasmi jamur permukaan tersebut menggunakan produk anti jamur terbaik.

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Beli sekarang juga!